10 Foto Keren Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta - Membahas wisata di Gunung Kidul memang tak pernah ada habisnya. Gunung Kidul Yogyakarta memang surga pagi para wisatawan, ada banyak sekali tempat wisata di Gunung Kidul, terutama wisata pantai dengan ciri khasnya pantai Gunung Kidul yaitu pasir putih dengan air lautnya yang jernih serta lokasinya yang berada diantara tebing-tebing karang yang tinggi.

Gunung Kidul Yogyakarta memiliki banyak wisata pantai yang indah, salah satunya yang belum lama di buka yaitu pantai Sanglen. Pantai Sanglen belakangan ini menjadi perbincangan para wisatawan karena pantai Sanglen memiliki ciri khas yang unik. Pantai Sanglen yang terletak disebelah barat pantai Sepanjang dan sebelah timur pantai Watu kodok ini memiliki panorama alam yang sangat mengagumkan, namun masih tergolong pantai yang sepi. Keadaannya yang sepi sangat cocok bagi anda yang ingin merasakan suasana liburan di pantai pribadi.
Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sanglen menyuguhkan pemandangan alam yang sungguh luar biasa dan masih sangat alami dan asri. Hal ini dikarenakan pantai Sanglen belum banyak di jamah oleh orang yang belum tersentuh oleh tangan-tangan jahil yang tak bertanggung jawab. Di bibir pantai Sanglen tumbuh banyak pohon cemara yang selain bisa untuk berteduh juga bisa untuk anda bersantai sambil menikmati pemandangan alam di pantai Sanglen.
Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Kesan pertama ketika kita menginjakan kaki di pantai Slangen adalah pemandangan yang luar biasa, alami dan asri. Ada banyak tumbuhan yang tumbuh disekitar pantai seperti pohon cemara, pandan dan lain sebagainya. Pemerintah setempat memang membiarkan banyak pohon tumbuh disekitar pantai untuk memberikan keteduhan bagi wisatawan yang berkunjung di pantai Sanglen. Tidak hanya itu saja, untuk menjaga keindahan alam serta ke alamian di pantai Sanglen pemerintah memberikan larangan masyarakat sekitar untuk tidak membuat bangunan diare pantai Sanglen. Karena hal ini pula di pantai Sanglen sangat jarang dijumpai warung makan dan fasilitas dipantai Sanglen juga kurang.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Sanglen

Pantai Sanglen memiliki suasana pantai yang sangat asri dan alami yang tidak akan membuat siapun yang berkunjung ke pantai Slangen merasa bosan atau jenuh. Kondisi pantainya yang masih cukup sepi akan membuat pengunjung merasa sangat nyaman seolah pantai terasa milik sendiri. Dengan berwisata di pantai Slangen bersama keluarga atau sahabat, anda bisa melakukan banyak hal di pantai Sanglen. Nah berikut beberapa hal menyenangkan yang bisa anda lakukan di pantai Sanglen.

Baca juga : 15 spot keren pantai siung Gunung Kidul Yogyakarta

Bermain pasir di pantai Sanglen

Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sanglen seperti pantai Gunung Kidul lainnya yaitu memiliki pasir putih yang bersih dengan air lautnya yang jernih. Keadaan pantai yang cukup sepi tentunya sangat cocok sekali bagi anda yang suka bermain pasir namun tak suka dengan keramaian. Di pantai Sanglen anda bisa bermain pasir bersama dengan keluarga atau sahabat seperti membuat istana pasir, menulis di pasir, mengubur diri dipasir dan lain sebagainya.

Bermain air dan berenang di pantai Sanglen

Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Hal menyenangkan yang paling diinginkan wisatawan saat berkunjung ke pantai tak lain adalah bermain air atau berenang di pantai. Pantai Sanglen memiliki air laut yang sangat jernih dengan ombak yang cukup tenang, sehingga wisatawan aman bermain dan berenang di pantai Sanglen, namun harus tetap berhati karena di pantai Sanglen juga terdapat karang-karang tajam serta bulu babi yang bisa melukai kaki anda. Selain itu dalam berenang juga tidak boleh terlalu jauh dari bibir pantai agar tidak terjadi hal yang tak di inginkan.

Baca juga : 10 spot keren pantai Krakal Gunung Kidul Yogyakarta

Hammock di pohon cemara pantai Sanglen


Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Sanglen tidak hanya memiliki pasir putih dan pemandangan alamnya saja yang indah, namun di pantai San glenjuga terdapat banyak pohon cemara yang cukup rindang dan sangat cocok sekali untuk digunakan sebagai Hammock. Dengan mendirikan hammock anda bisa bersantai menikmati deburan ombak dengan angin khas pantai yang sepoe-sepoe. Sungguh nikmat mana lagi yang engkau dustakan. 

Menikmati pemadangan alam yang indah di pantai Sanglen sambil berselfie

Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Sanglen memiliki pemandangan alam yang sangat indah sekali. Hal ini tentunya sangat cocok sekali bagi wisatawan yang hoby berselfie atau berfoto. Ada banyak sekali spot foto yang keren di pantai Sanglen. Keadaan pantai yang tak begitu ramua akan membuat Anda bisa bebas berselfie sepuasnya sendiri atau bersama dengan sahabat tanpa ada gangguan dari orang lain yang bisa merusak pemandangan indah cepretan kamera anda.

Baca juga : Spot foto terbaik di pantai Indrayanti

Gubuk tua yang menambah keunikan pantai Sanglen

Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Di pantai Sanglen juga terdapat gubug tua yang justrus menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto disana. Adanya gubug tua dengan ditambah pemadangan indah bukit-bukit tinggi akan membuat mata anda semakin termanjakan. Gubug tersebut juga digunakan sebagai tempat beristirahat atau tempat untuk menaruh barang bawaan.

Baca juga : 20 spot keren pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Memancing di pantai Slangen

Bagi anda yang hoby memancing, anda juga bisa memancing di kawasan pantai Sanglen. Di pantai Sanglen ada beberapa spot bagu untuk memancing. Namun, anda juga harus berhati-hati karena ada beberapa batu karang yang cukup tajam yang bisa melukai anda kapanpun.

Pemandangan sunset di pantai Sanglen


Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta
Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya, di pantai Sanglen wisawatan juga bisa menikmati pemandangan indah saat matahari terbenam atau yang biasa disebut sunset. Dengan suasana pantai yang sepi dan tenang akan membuat suasana matahari terbenam di pantai Slangen terasa sangat romantis.

Baca juga : 15 Spot foto keren di pantai Baron  

Camping di pantai Sanglen

Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Kondisi pantai Sanglen yang masih sepi dan asri dan alami dengan ditambah pemandangan alamnya yang sangat indah membuat pantai ini sangat cocok untuk melakukan refresing seperti camping bersama dengan teman-teman. Pantainya yang sepi dan tenang seolah pantai milik kalian sendiri.

Untuk bisa bercamping di pantai Sanglen baiknya anda memboking terlebih dulu kepada petugas dengan harga 10 ribu per orang. Dipantai Sanglen juga terdapat persewaan perlengkapan camping bagi anda yang tak membawa peralatan. Namun saran bagi yang mau bermalam di pantai Sanglen, baiknya bawa perlengkapan atau kebutuhan yang lengkap seperti makanan, minuman, obat dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan saat malam hari, anda tidak akan warung yang buka. 

Fasilitas di pantai Sanglen

Pantai Sanglen adalah pantai Gunung Kidul yang suasananya cukup sepi dan kebanyakan pengunjung yang datang ke pantai Sanglen adalah mereka yang ingin mencari ketenangan dengan cara bercamping. Tentu fasilitas yang ada di pantai Slangen tak lain adalah peralatan camping. Selain itu juga ada toilet, kamar mandi dan listrik. Untuk masalah konsumsi, baiknya anda bawa sendiri, karena di pantai Slangen jarang di jumpai warung makan.

Lokasi pantai Sanglen

Pantai Sanglen berlokasi di desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta sekitar 70 Km atau 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribada. Pantai Sanglen masih terbilang wisata pantai baru dengan lokasi yang berselebahana dengan pantai Watu Kodok. Jadi anda bisa sekalian mampir ke pantai Watu Kodok.

Rute menuju pantai Sanglen

Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Jalan atau akses menuju pantai Sanglen sangat mudah sekali karena kondisi jalan yang sudah bagus. Namun, ketika memasuki wilayah pantai jalanan cukup sulit dan harus berhati-hati. Jika tak mau resiko anda bisa menitipkan kendaraan dan berjalanan kaki menuju pantai Sanglen kurang lebih sekitar 15-20 menit.  Meskipun lelah karena berjalan kaki, namun semua kelelahan anda akan terbayar lunas dengan keindahan alam di pantai Sanglen.

Rute atau jalan menuju pantai Sanglen yang bisa anda dilalui adalah Yogyakarta - Jl wonosari - Piyungan - Patuk - GCD - pasar sambi pitu - Hutan bunder - gading - Siono -lapangan pemda - wonosari kota - pasar hargosari -  beluk kanan sebelum polres - Jalan baron - karangrejek ambil arah pantai indrayanti atau pulang sawal - Pembayaran tiket masuk pantai indrayanti, pantai sundak, pantai krakal, pantai watu kodok dan pantai Sanglen.

Tiket masuk Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Tiket masuk ke pantai Sanglen sangat murah sekali yaitu hanya 10 ribu rupiah saja, itupun sudah termasuk tiket masuk ke pantai disekitar pantai Sanglen seperti pantai Indrayanti, pantai watu kodok, pantai sundak dan pantai lainnya dikawasan tersebut.

Tips berwisata di pantai Sanglen

Pantai Sanglen merupakan pantai yang masih sepi, tentunya anda baiknya bawa perbekalan sendiri dari rumah seperti makanan dan minuman atau kebutuhan lainnya terlebih jika anda ingin menginap atau camping. Selama di pantai Sanglen hati-hati dengan batu karang yang tajam dan juga bulu babi, disana anda juga harus menjaga kebersihan pantai. Sebelum berangkat pastikan kendaraan anda dalam kondisi fit dan jangan lupa isi bahan bakar penuh. Jika lelah atau mengantuk baiknya istirahat dan selalu utamakan keselamatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Foto Keren Pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas"

Post a Comment