10 Spot Foto Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Sejarah, Fasilitas

Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta - Yogyakarta merupakan daerah dimana terdapat banyak sekali tempat wisata yang indah dan menarik, terutama di daerah Gunung Kidul yang terkenal akan wisata alamnya yang sangat indah. Tak heran jika Yogyakarta kerap dijadikan sebagai tempat rekreasi baik anak sekolah maupun orang kantoran. Gunung Kidul yang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di timur tenggara dari Yogyakarta ini memiliki banyak tempat wisata yang indah, terlebih tempat wisata pantainya yang terkenal akan pasirnya yang putih dan pemandangannya yang eksotis. Ada banyak tempat wisata yang lokasinya berdekatan yang tentunya bisa memuaskan hari libur anda bersama dengan keluarga atau sahabat tercinta.
Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta

Di Gunung Kidul Yogyakarat terdapat banyak sekali wisata pantai indah yang lokasinya berdekatan salah satunya yaitu pantai Slili. Tak banyak orang tahu akan pantai Slili, karena memang pantai Slili tak sepopuler pantai Gunung Kidul lainya seperti pantai Indrayanti, pantai Krakal pantai Baron ataupun pantai Gunung Kidul lainnya. Lokasinya yang juga tersembunyi membuat pantai Slili kerap terlewatkan. Namun pantai Slili kerap di buru oleh wisatawan yang menginginkan liburan dengn ketenangan. 

Pantai Slili yang berlokasi diantara pantai Sadranan dan juga pantai Krakal ini memang dikenal sebagai pantai yang tenang, nyaman dan cukup sepi. Pantai Slili hanya berbatasan bukit dengan pantai Sadranan, sayangnya banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai Sadranan kerap melewatkan surga tersembunyi di pantai Slili.
Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Slili sendiri tak memiliki lokasi yang luas, kurang lebih luas bibir pantai Slili hanay 100 meter persegi saja, sangat kecil untuk sebuah ukuran pantai, tak heran jika pantai Slili juga sering disebuta pantai mungli. Namun meskipun tak memiliki wilayah yang luas, pantai Slili memiliki pemandangan alam yang luar biasa yang akan membuat siapun yang berkunjung ke pantai Slili berdekap kagum dengan pesona keindahan alam di pantai Slili.

Pertama kali menginjakan kaki di pantai Slili anda akan di buat takjub dengan keindahan alamnya. Batu karang yang nampak indah di pantai Slili juga menambah nilai lebik akan keindahan pemandangan di pantai Slili. Keadaan tersebut tentu sangat cocok bagi anda yang hoby berfoto atau berselfie. Ada banyak sekali spot foto keren di pantai Slili yang sayang jika di lewatkan.

Sejarah pantai Slili

 Pantai Slili memiliki sebutan nama lain yaitu pantai Watu Lawang dan Slili love. Sebutan Pantai Watu Lawang disematkan karena pantai Slili yang memiliki jarak hanya sekitar 500 meter dari pantai Sundak ini terdapat pulau kecil atau yang lebih tepatnya disebut bukit karang dimana di bagian bawahnya terdapat lubang yang menyerupai pintu.
Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta

Sedangkan untuk nama Slili Love disematkan pada pantai Slili dikarenakan di pantai tersebut terdapat hiasan bunga plastik yang berbentuk hati yang melambangkan cinta dengan bagian tengahnya bertuliskan Slili Beach. Hiasan inilah yang kerap menjadi buruan wisatawan yang suka berselfie. Tak jarang hiasan bunga tersebut juga kerap dijadikan sebagai foto pre wedding.
Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta

Sedangkan nama Slili sendiri berasal dari sejarah dari pantai Slili. Nama Slili berasal dari bahasa jawa yaitu Mlili yang artinya mengalir. Menurut cerita dari warga setempat, dulunya di pantai Slili ada seorang pencari rumput yang tak sengaja menemukan gua di pantai. Orang tersebut kemudian memberitahukan kepada warga lain akan keberadaan gua tersebut. Warga kemudian datang beramai-ramai untuk menggali gua tersebut. Setelah digali, munculah air dari gua tersebut dan mengalir sehingga pantai tersebut dimanakan pantai Mlili atau Slili.

Baca juga : Spot foto terbaik di pantai Indrayanti

Daya tarik pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta

Daya tarik dari pantai Slili sebenarnya tak jauh beda dengan pantai Gunung Kidul lainnya yaitu pasir pantai yang putih dan bersih serta air lautnya yang jernih. Namun ada hal yang tak bisa di dapat di pantai Gunung Kidul lainya. Pantai Slili memiliki ketenangan dan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai Slili. Hal ini dikarenakan di pantai Slili tak banyak pengunjung. Hal ini sangat cocok bagi anda yang ingin merasakan sensasi liburan di pantai pribadi.
Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta

Day tarik lainnya yang ada di pantai Slili tak lain adalah pemandangan alamnya. Lokasi pantai Slili yang berada di sebelah bukit karang yang menjadi pembatan antara pantai Slili dan pantai Sadranan ini memberikan pemandangan yang luar biasa yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Adaya bebatuan karang juga semakin menambah indah pemandangan. Ketika air di pantai Slili surut, pengunjung bisa menangkap ikan-ikan kecil di pantai Slili. Namun harus tetap menggunakan alas kaki agar tidak terluka karena tergores batu karang.

Baca juga : 10 spot keren pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Dipantai Slili juga terdapat bunga Sakura yang merupakan bunga khas negeri Jepang. Ketika bunga sakura mekar akan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Tempat inilah yang juga menjadi spot foto yang paling sering di incar oleh wisawatan. 

Hal Menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Slili

Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta

Meskipun pantai Slili tidak memiliki wilayah yang luas, namun bukan berarti ada hal menyenangkan di pantai Slili. Selama berada di pantai Slili ada banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan oleh wistawan. Nah berikut beberapa hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Slili.

Bermain pasir di pantai Slili

Keadaan pantai Slili yang tak begitu ramai membuat anda bisa leluasa bermain pasir tanoa rasa canggung atau terganggu dengan kebedaran orang lain. Anda bisa membuat istana pasir, mengubur diri di pasir dan berbagai permainan menyenangkan di pasir. Pasir pantai Slili selain bersih juga sangat lembut seperti tepung.

Baca juga : 15 Spot foto keren di pantai Baron  

Menikmati suasana pantai di pantai Slili

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung ke pantai Slili tak lain karena mereka ingin menikmati suasan pantai. Pantai Slili memiliki suasan pantai yang berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul. Keadaan pantai Slili yang masih sepi dan alami akan memberikan ketenangan bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai Slili. Pantai Slili sangat cocok untuk melepas penak karena stress pekerjaan kantor atau tugas sekolah. Selain suasananya yang sepi dan tenang, pantai Slili juga memiliki pemandangan indah, disana terdapat gazebo yang bisa anda manfaatkan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan di pantai Slili.

Menangkan ikan kecil dan udang di pantai Slili

Di pantai Slili, pengunjung tidak hanya bisa menikmati suana pantainya yang alami dan asri, namun pengunjung juga bisa menangka ikan kecil dan udang di pantai Slili. Namun, jika anda ingin merasakan sensasi menangkap ikan kecil dan juga udang, baiknya datang di musim kemarau. Di musim kemarau pengunjung dapat ikut mencari udang dan ikan kecil di sela-sela batu karang. Ikan-ikan kecil dan udang biasanya bersembunyi di sela-sel batu karang dan juga rumput laut. Hal ini juga menjadi tambahan penghasilan bagi warga sekitar yang mencari udan dan juga rumput laut. Namun ketika musim hujan datang, warga akan focus di pertanian yang menjadi profesi utama warga disekitar pantai Slili.

Menaiki bukit di pantai Slili

Puas dengan bermain air dan pasir di pantai Slili, kini saatnya anda jalan-jalan menaiki bukit yang menjadi pembatas antara pantai Slili dengan pantai Sadranan. Diatas bukit, anda akan melihat pemandangan alam yang menakjubkan, dari sana akan terlihat deretan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, tidak hanya itu saja, di atas bukit anda juga akan merasakan angin khas pantai yang sepoe-sepoe. Diatas bukit anda juga akan menemukan banyak sekali spot foto yang keren yang sayang jika anda lewatkan.

Berfoto di pantai Slili

Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Slili adalah pantai mungli dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Hal ini ditambah dengan banyaknya bebatuan karang yang semakin mempercantik pemandangan di pantai Slili. Di pantai Slili wisatawan akan menemukan banyak sekali spot foto menarik. Beberapa spot foto yang menjadi favorit para pengunjung adalah di bebatuan karang, di atas bukit, di hiasan bunga plastik dan juga di pohon bunga sakura ketika sedang mekar.

Bersantai di Gazebo pantai Slili


Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta
Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya, di pantai Slili juga terdapat banyak gazebo yang bisa di gunakan pengunjung untuk bersantai atau menaruh barang bawaan. Sambil bersantai di gazebo anda akan merasakan suasana pantai Slili yang tenang dan nyaman dengan anginnya yang sepoe-sepoe.

Berwisata kuliner di pantai Slili


Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta
Di pantai Slili wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan alamnya saja yang indah, di pantai Slili juga terdapat banyak warung makan yang bisa menjadi wisata kuliner yang menyenangkan bagi anda dan keluarga. Terdapat banyak menu masakan, terutama masakan laut dan tentunya harganya sangat terjangkau.

Menikmati ke indahan sunset di pantai Slili


Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta
Di pantai Slili wisatawan juga dapat menikmati keindahan sunset atau matahari terbenam saat sore hari. Tak perlu khawatir, di sekitar pantai Slili terdapat beberapa penginapan sehingga wisawatan bisa sekalian bermalam di kawasan pantai Slili atau pantai Sadranan.

Tradisi pesta laut di pantai Slili

Pantai Slili memang pantai yang sepi dan tenang meskipun di hari libur. Namun ada satu hari dimana dipantai Slili akan dipadati oleh banyak sekali pengjung yaitu di hari hari minggu pahing menurut perhitungan Jawa. Pada hari tersebut akan diadakan pesta laut atau yang disebut juga nyadran. Tradisi ini dilakukan dengan harapan agar warga sekitar mendapatkan keselamatan serta mendapatkan rejeki yang melimpah. Tradisi pesta laut ini adalah tradisi dimana warga akan menyiapkan sajian-sajian seperti nasi tumpeng lengkap dengan lauk pauknya, ayam jago, lendang hijauh, dan juga aneka buah-buahan. Sajian-sajian tersebut kemudian diarak ke tengah laut dengan kapal, kemudian dihanyutkan ditengah laut.

Fasilitas di pantai Slili

Meskipun pantai Slili merupakan pantai yang sepi, namun bukan berarti pantai Slili tak memiliki fasilitas. Pantai Slili memiliki fasilitas yang lengkap seperti area parkir yang tidak begitu jauh dari pantai, toilet, kamar mandi, musola, gazebo, warung makan dan masih banyak lagi fasilitas pendukung lainnya yang ada di pantai Slili.

Lokasi pantai Slili

Pantai Slili terletak di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta atau masih bersebelahan dengan pantai Sadranan yang hanya dipisahkan oleh tebing. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 80 Km atau sekitar 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute menuju pantai Slili

Rute menuju pantai Slili sangat mudah sekali, terlebih lokasi pantai Slili yang masih bersebelahan dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Sadranan, pantai krakal dan beberapa pantai Gunung Kidul lainya. Namun, bagi orang yang masih asing dengan Gunung Kidul akan sedikit kebingungan. Nah berikut rute menuju ke pantai Slili.

Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta
Berangkat dari kota Yogyakarta menuju ke daerah wonosari, kemudian lanjut menuju pantai Baron, setelah sampai di loket pembayaran pantai Baron, belok kiri menuju ke pantai Kukup, Perjalanan berlanjut searah hingga melewati pantai sepanjang, pantai Drini, pantai Ngandong, Pantai Krakal, sampai di pantai Krakal ada pertigaan belok kanan ikuti petunjuk arah menuju pantai Slili. Lokasi pantai Slili bersebelahan dengan pantai Sadranan, jadi bisa sekalian berwisata di pantai Sadranan.

Harga tiket masuk pantai Slili

Untuk bisa menikmati keindahan pantai Slili, anda cuma di mintai membayar tiket sebesara 10 ribu rupiah saja. Harga tiket tersebut sudah termasuk biaya masuk ke pantai-pantai lainnya yang masih satu lokasi dengan pantai Slili. Untuk biaya parkir adalah 2 ribu untuk motor, 5 ribu untuk mobil dan 15 ribu untuk bus. Biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, terlebih ketika musim liburan tiba.

Tips berkunjung dipantai Slili

Untuk berkunjung ke pantai Slili pastika kendaraan dalam kondisi fit dan bahan bakar penuh. Persiapkan semua kebutuhan yang diperlukan. Selama perjalan istirahatkan jika lelah atau mengantuk, sesampai di pantai Slili jangan lupa untuk menjaga kebersihan pantai dan jangan merusak fasilitas yang ada di pantai.

Demikianlah informasi tentang pantai Slili. Semoga informasi tentang pantai Slili menjadi inspirasi hari libur anda bersama dengan keluarga atau sahabat anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Spot Foto Pantai Slili Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Sejarah, Fasilitas"

Post a Comment