10 Spot Foto Keren Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga tiket, Fasilitas, Sejarah

Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta - Yogyakarta bukan hanya dikenal sebagai kota pelajar dan kota budaya saja, namun juga dikenal sebagai surganya tempat wisata. Berbagai macam wisata ada di Yogyakarta seperti wisata edukasi, wisata budaya, wisata kuliner, dan wisata alam. Khusus untuk wisata alam, di Yogyakarta khususnya di kabupaten Gunung Kidul terdapat banyak sekali tempat wisata alam dengan panorama pemandangan yang indah, terutama wisata pantainta.  Sangking banyaknya sehingga membuat kita bingung mau mengunjungi yang mana. 

Wisata pantai di Gunung Kidul selalu diburu para wisatawan terlebih saat hari libur, hal ini tak lain karena wisata pantai di Gunung Kidul berbeda dengan wisata pantai di tempat lainnya. Pantai-pantai di Gunung Kidul selain identik dengan pasir pantainya yang putih dan bersih, lokasinya yang juga diantara bukit-bukit karang memberikan pemandangan alam yang sangat eksotis yang tak bisa ditemukan di tempat wisata pantai lainnya. Hal tersebut yang menjadi nilai lebih dari wisata pantai yang ada di Gunung Kidul.
Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Gunung Kidul memiliki banyak sekali wisata pantai dengan keindahan alam dan keunikan masing-masing. Salah satu pantai Gunung Kidul yang memiliki keunikan tersendiri adalah pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran yang lokasinya tak jauh dari lokasi pantai Ngrenehan ini memiliki keunikan yang tak ada di wisata pantai Gunung Kidul lainnya yaitu adanya pura yang merupakan tempat ibadah orang hindu. Meskipun terdapat pura yang menjadi tempat ibadah orang hindu, di pantai Ngobaran juga terdapat musola yang menjadi tempat ibadah orang islam. Dan yang uniknya lagi musola yang terletak disamping pure tersebut menghadap ke arah selatan. Namun, saat melakukan sholat, warga tetap menghadapt ke arah kiblat.

Dengan keberadaan pura yang ada di pantai Ngobaran ini juga membuat suasana dipantai Ngobaran seakan seperti di pantai Bali. Jadi bagi anda yang ingin merasakan nuansa pantai Bali namun tak memiliki banyak waktu dan tak cukup biaya, pantai Ngobaran bisa menjadi alternatifnya.
Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Selain adanya Pura yang menjadi tempat ibadah orang hindu dan juga musola yang menjadi tempat ibadah orang islam, disebelah juga biasa digunakan untuk upara ritual bagi warga yang menganut aliran kejawen. Meskipun memiliki kenyakinan berbeda-beda, namun warga disekitar pantai Ngobaran tetap damai dan tenang dalam melaksanakan ibadah. Bila diambil kesimpulan, pantai Ngobaran merupakan salah satu simbol kerukunan umat beragama.
Keunikan lainnya yang terdapat di pantai Ngobaran adalah lokasi pantai Ngobaran yang diaput oleh dua pantai yaitu pantai Nguhayan dan pantai Ngrenehan. Berbeda dengan wisata pantai lainnya yang terdapata hamparan pasir yang luas, di pantai Ngobaran wisatawan tak akan menemukan pasir pantai karena memang dipantai Ngobaran tidak memiliki pasir dan hanya terdiri dari tebing-tebing yang curam dengan pemandangan alamnya yang sangat eksotis.

Sejarah pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Sama halnya dengan tempat wisata pantai lainnya. Pantai Ngobaran juga memiliki cerita sejarah yang juga menjadi cikal bakal nama pantai Ngobaran itu sendiri. Diceritakan oleh penduduk masyakarat setempat disekitar pantai Ngobaran, jika pantai Ngobarat sangat erat kaitannya dengan kerajaan Majapahit serta kerajaan Demak. Zaman dulu diceritakan ketika berdirinya kerajaan Demak atau mulai runtuhnya kerajaan Majapahit, kerajaan Majapahit yang dipimpin oleh raja Brawijaya V mulai terpojokan oleh kerajaan Demak yang di pimpin oleh anaknya sendiri yaitu Raden Patah.

Untuk menghindari peperangan dengan anaknya sendiri, akhirnya raja Brawijaya V pergi meninggalkan kerajaan Majapahit dengan ditemani anaknya yang bernama Bondan Kejawen menuju ke barat. Sang Raja Braijawapun akhirnya sampai di pantai Selatan yang kondisinya tenang dan damai. Hingga akhirnya penguasa Majapahit ini memutuskan untuk melakukan Uacaa Muksa atau pembakaran diri. Dalam melakukan pembakaran diri tersebut menyebabkan kobaran api yang sangat besar yang kemudian menjadi cerita rakyat yang akhirnya pantai tersebut dinamankan pantai Ngobaran atau Kobaran yang berarti kobaran api dari pembakaran Raja Brawijaya.
Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Namun cerita lainnya adalah Raja Brawijaya tidak melakukan pembakaran diri. Hal ini karena hanya ditemukan tulang-tulang anjing disisa bekas pembakaran. Ritual tersebut dilakukan hanya untuk mengelabuhi Raden Patah, karena Raja Brawijaya tidak mau masuk islam.

Keindahan pantai Ngobaran

Setelah puas setelah mencar tahu akan sejarah pantai Ngobaran, kita bisa langsung OTW ke pantai Ngobaran bersama dengan teman-teman atau keluarga tercinta. Pantai Ngobaran memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung kidul. Dengan adanya bangunan pura di kawasan pantai Ngobaran semakin mempercantik pemandangan yang ada di pantai Ngobaran. 
Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Ketika kita menginjakan kaki di pantai Ngobaran, kita akan disambut dengan suasana mistis di pantai Ngobaran. Hal ini dikarenakan di pantai Ngobaran terdapat banyak abu menyan serta wewangian yang kadang melintas dihidung. Hal tersebut wajar karena di kawasan pantai Ngobaran sering dijadikan sebagai tempat bersemedi, bertirakat dan bersembahyang. Ketika berjalan ditepi pantai kita akan melihat gapura yang terdiri dari tembok melingkar seperti pura. Di bagian dalam gapura tersebut terdapat beberapa patung arca yang tersusun rapi yang bentuknya mungkin tidak asing karena mirip dengan patung Syiwa, Ghanesa dan lain sebagainya. Sedangkan diujung banguna kita akan melihat patung dewa Wisnu yang menaiki garuda dengan menghadap ke laut. Untuk melalui jalan ini anda harus berhati-hati karena banyak sesajen persembahan bekas ritual-ritual yang ada di tempat tersebut.

Bangunan Pura yang ada di pantai Ngobaran memang mengingatkan kita akan pura uluwatu yang ada di Bali. Jadi tak heran jika pantai Ngobaran sering kali mendapatkan julukan Balinya Jogja. Di pantai Ngobaran terdapat banyak bangunan pura yang menjadi pantai Ngobaran semakin Indah, ada banyak spot foto menarik di bangunan-banguan pura tersebut. Namun beberapa bangunan belum selesai pengerjaannya.
Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Bukan hanya pura kejawen saja, diatas bukit karang yang lokasinya lebih tinggi, kita bisa melihat pemandangan indah, bahkan pemandangan pantai-pantai yang ada disekitar pantai Ngobaran. Namun sebenarnya tempat ini merupakan tempat bersemedi yang tidak sembarangan orang bisa memasukinya. Di atas bukit juga terdapat kotak batu yang ada didepan rumah joglo yang dikelilingi pagar kayu berwarna abu-abu. Konon menurut cerita kotak batu tersebut adalah tempat Raja Brawijaya membakar diri. Banyaknya sesaji di tempat tersebut mengharuskan kita untuk berhati-hati.

Baca juga : 15 spot foto keren pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Kembali ketopik keindahan pantai Ngobaran, Di pantai Ngobaran wisatawan bisa berfoto dengan backround tebing curam atau dengan backround bangunan pura yang menjadi ciri khas pantai Ngobaran. Keberadaan pura inilah menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung di pantai Ngobaran. Keindahan pemandangan alam dengan berpadu bangunan pura memang menjadi spot foto yang keren sekali.
Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Keindahan pantai Ngobaran tidak sampai itu saja, ketika air laut sedang surut kita akan melihat hamparan rumput-rumput laut yang berwarna hijau dan kecoklatan. Jika dilihat dari atas tebing, hamparan alga yang tumbuh di sela-sela batu karang ini terlihat sangat menyejukan. 

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai Gunung Kidul yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah, tidak hanya itu saja, Pantai Ngobaran juga merupakan simbol kebudayaan dan kerukunan beragama. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan di pantai Ngobaran. Berikut hal menyenangkan yang bisa kita lakukan di pantai Ngobaran.

Wisata budaya di pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh tempat wisata pantai lainnya. Keunikan pantai Ngobaran sekaligus daya tarik pantai Ngobaran adalah budaya dan agama. Di pantai Ngobaran sangat kental dengan nuanasa Hindu, Budha, Kejawen dan Islam. Pada tahun 2003 dibangun prastasti berupa gapura dan patung-patung khas hindu budha untuk memperingati kelahiran keturunan raja Brawijaya V di pantai Ngobaran dan diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2004.
Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Sedangkan disebelah kiri prasasti tersebut terdapat joglo yang merupakan tempat ibadah orang Kejawen. Aliran Kejawen sendiri merupakan aliran yang merujuk pada salah satu raja Brawijaya V yaitu Bondan Kejawen. Didepan joglo terdapat kotak batu yang disebut Pura segera wukir yang dipercaya menjadi tempat raja Brawijaya membakar diri. 
Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Selain itu di kawasan tersebut kita juga akan menemukan masjid atau musola yang unik karena menghadap ke arah selatan. Namun, masyarakat setempat sudah memberi petunjuk arah kiblat biar pengunjung tidak adalah arah ketika melakukan sholat di musola tersebut. 

Meskipun di pantai Ngobaran terdapat banyak kepercayaan, namun suasana di pantai Ngobaran tetap damai dan harmonis, sehingga pantai Ngobaran dijadikan sebagai simbol kerukunan antar agama. 

Spot foto di pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngobaran memiliki pemandangan indah dengan berpadu bangunan pura dan juga bebatuan karang yang menakjubkan. Tentu di pantai Ngobaran kita akan menemukan banyak sekali spot foto yang kerena yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Untuk itu, pantai Ngobaran merupakan pantai Gunung kidul yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi.

Baca juga : 10 spot keren pantai Butuh Gunung Kidul Yogyakarta

Melihat pemandangan kegiatan masyarakat sekitar

Di pantai Ngobaran kita tak hanya di suguhkan oleh pemandangan alamnya yang indah, namun kita juga bisa melihat berbagai aktivitas masyarakat disekitar pantai Ngobaran seperti aktivitas petani dan nelayan yang melakukan aktivitas sehari-hari. Ada juga aktivitas masyarakat yang mencari rumput laut untuk diolah mnjadi makanan atau mencari landak laut yang juga untuk dijadikan sebagai santapan.

Melihat pemandangan sunset disore hari

Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Jangan mengaku pecinta sunset jika belum pernah melihat keindahan sunset dari pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran memiliki pemandangan sunset yang eksotis dan instagramable sekali. Disaat senja tiba, langit akan berubah warna menjadi jingga khas sore hari. Hal tersebut semakin terlihat menakjubkan dengan dihiaskan pebatuan karang yang tersebar di sekitar pantai. Hal ini yang kerap membuat pantai Ngobaran selalu ramai di sore hari. Untuk mendapatkan pemandangan sunset yang sempurna, anda bisa naik ke atas bukit. Dari atas bukit pemandangan sunset terlihat sempurn karena tak terhalang oleh apapun.

Wisata kuliner di pantai Ngobaran

Selain menikmati pemandangan yang ada di pantai Ngobaran, kita juga bisa berwisata di pantai Ngobaran. Di pantai Ngobaran kita bisa menikmati makanan khas pantai Ngobaran seperti peyek yang renyah dan lezat yang biasa di jual 2000 perbungkusnya. Atau anda juga bisa membeli rumput laut yang baru dipanen oleh warga dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar 1000 ampai 1500 per kilonya.
Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Selain kuliner diatas, ada yang berbeda dengan kuliner yang ada di pantai Ngobaran. Jika biasanya di kuliner di kawasan pantai menyediakan makanan sea food seperti ikan, cumi, kepiting dan lain sebagainya, di pantai Ngobaran anda akan menemukan menu yang tak biasa dan sulit dicari di tempat lainnya yaitu menu landak laut. Di pantai Ngobaran memang belum banyak yang menjual menu ini, namun anda bisa memesan pemilik warung untuk membuatkan menu olahan landak laut. Di pantai Ngobaran terdapat banyak landak laut yang biasa di konsumsi oleh masyarakat sekitar pantai.

Fasilitas di pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai yang cukup ramai serta lokasinya yang merupakan tempat ibadah dari beberapa agama, tentu fasilitas yang ada di pantai Ngobaran sudah sangat lengkap. Ketika kita masuk ke pantai Ngobaran saja kita sudah disambut dengan berbagai jajanan, oleh-oleh, cindera mata, kuliner dan lain sebagainya. Di pantai Ngobaran juga terdapat area parkir yang luas sehingga anda tak perlu khawatir memarkir mobil. Di pantai ngobaran sudah terdapat kamar mandi, toilet, warung makan, musola dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Namun sayang di pantai Ngobaran belum ada listrik, jadi pastikan baterai hp dan power bank anda penuh.

Lokasi pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran berlokasi di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak pantai Ngobaran dengan pusat kota Yogyakarta adalah sekitar 65 Km atau sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi pantai Ngobaran masih satu lokasi dengan pantai Nguyahan dan pantai Ngrenehan.

Rute menuju ke pantai Ngobaran

Rute menuju ke pantai Ngobaran ada 2 jalur yaitu jalur pertama Yogyakarta menuju ke Lanud gading, sampai dipertigaan gading beluk kanan menuju playen kemudian ke paliyan - trowono - saptosari , sampai Saptosari anda bisa mengikuti petunjut arah yang ada. Untuk jalur yang kedua yaitu dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke Wonosari kemudian paliyan kemudian Trowono dan kemudian pantai Ngobaran. Jika masih kebingunan anda bisa menggunakan petunjuk arah dari aplikasi google maps.

Harga tiket pantai Ngobaran

Harga tiket masuk ke pantai Ngobaran sangat murah sekali yaitu hanya 5 ribu rupiah saja. Itu sudah termasuk tiket masuk pantai disekitar pantai Ngobaran seperti pantai Ngrenehan dan pantai Nguyahan. Untuk biaya parkir yaitu 3 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil. Namun harga tiket tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, terlebih ketika musim liburan datang.

Tips berkunjung ke pantai Ngobaran

Tips berlibur di pantai Ngobaran yaitu anda persiapkan semua kebutuhan yang diperlukan terlebih jika anda ingin menginap. Jangan lupa bawa obat pribadi jika anda memiliki masalah kesehatan. Persiapkan kondisi kendaraan dalam kondisi fit, dan isi bahan bakar penuh. Dalam perjalanan istirahatlah jika merasa lelah atau mengantuk. Selama di pantai Ngobaran anda harus berhati-hati karena disana banyak sesajen dan juga beberapa tempat keramat yang tak boleh dimasuki oleh sembarang orang. Selalu jaga sopan santun dan yang terpenting jangan membuang sampah disembarang tempat. Mengingat pantai Ngobaran belum memiliki listrik, pastikan batrai hp anda dalam keadaan penuh.

Demikianlah informasi tentang pantai Ngobaran. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi untuk hari libur anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Spot Foto Keren Pantai Ngobaran Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga tiket, Fasilitas, Sejarah"

Post a Comment