15 Spot Foto Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta : Info Lengkap, Rute Lokasi, Harga Tiket, Misteri, Fasilitas

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta memang daerah yang istimewa, Yogyakarta selain kaya akan seni dan budaya, Yogyakarta juga kaya akan tempat wisata, baik wisata seni budaya, wisata edukasi, wisata kuliner dan wisata alam. Wisata yang populer di Yogyakarta adalah wisata pantai. Yogyakarta memiliki wisata pantai yang berbeda dengan wisata pantai yang ada di pantai utara Jawa, Pantai yang ada di Yogyakarta memiliki pasir putih dengan dikelilingi tebing-tebing karang yang tinggi sehingga semakin mempercantik pemandangan yang ada di pantai Yogyakarta.

Bukan hanya satu atau dua saja, namun di Yogyakarta  atau lebih tepatnya di kabupaten Gunung Kidul memililiki banyak sekali wisata pantai. Lokasi wisata pantai yang ada di Gunung Kidul juga berdekatan atau berjejeran sehingga dalam sehari kita bisa mengunjungi beberapa wisata pantai sekaligus. Bahkan beberapa wisata pantai yang lokasinya berdekatan, hanya menerapkan satu pembayaran tiket masuk.
Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Diantara banyakanya destinasi wisata pantai yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta, ada salah satu wisata pantai yang di rekomendasikan untuk anda kunjungi saat berada di Gunung Kidul Yogyakarta. Wisata pantai tersebut adalah pantai Greweng. Pantai Greweng memang masih terdengar asing, karena memang pantai Greweng belum begitu populer seperti pantai Indrayanti, pantai Kukup, Pantai Baron, pantai Krakal atau pantai Gunung Kidul lainnya. Namun, meskipun demikian, pantai Greweng memiliki pesona alam yang tak kalah dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya.

Di pantai Greweng terdapat dua karang besar yang bersanding yang menjaga pantai ini dengan di percantik oleh rerumputan yang hijau. Hamparan pasir putih juga semakin membuat pantai Greweng semakin mempesona. Tak heran jika pantai ini sangat di rekomendasikan untuk anda kunjungi karena memang paantai Greweng sangat cocok untuk melupakan sejenak kesibukan dan rutinitas harian anda.
Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Lokasi Pantai Greweng masih tersembunyi dan belum banyak diketahui orang. Namunmasih satu lokasi dengan pantai Gunung Kidul lainnya yaitu pantai Wediombo, pantai Jungwok, pantai Jogan dan pantai Nglambor. Jadi kita bisa sekalian berkunjung di pantai-pantai sekitar saat berlibur di pantai Greweng.

Untuk menuju ke pantai Greweng juga butuh perjuangan. Hal ini dikarenakan akses menuju ke pantai Greweng belu sebaik jalan menuju ke pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Dalam perjalanan menuju ke pantai Greweng kita akan melewati area bebatuan, semak belukar, ladang penduduk dan yang pasti perbukitan. Namun, selama perjalanan kita juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah, kita juga bisa menemukan gua dan mata air yang terbentuk secara alami di dekat pantai Greweng.

Misteri di pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Di pantai  juga memiliki misteri atau cerita mistik. Goa yang ada terletak di pantai Greweng terdapat tali pembatas agar tidak sembarangan orang masuk ke dalam goa tesebut. Ketika anda melihat ke dalam goa, anda seperti akan merasakan suasan lain yang berbeda dengan tempat lainnya. Dulunya konon goa tersebut kerap dijadikan tempat untuk bertapa, bahkan hingga sekarang. Goa tersebut dulunya juga pernah dijadikan sebagai tempat bertapa oleh Sukarno selama 7 hari 7 malam hanya dengan berteman meja dan kursi.

Ada banyak cerita mistik dari goa tersebut. Konon orang yang masuk ke dalam goa tersebut segala  permintaannya akan terkabulkan. Namun, goa tersebut terkenal angker sehingga tak sembarangan orang berani memasukinya. Goa dengan pintu yang hanya muat untuk orang dewasa ini juga di dalamnya dipenuhi karang-karang tajam serta menjadi tempat tinggal landak dan juga kelalawar.

Selain cerita mistik di goa tersebut, dikawasan pantai Greseng juga masih menyimpan misteri lainnya yaitu adanya timbunan pohon yang berada di jalan menuju ke pantai Greweng. Timbunan pohon tersebut merupakan tempat pasar ghaib dimana di tempat tersebut banyak jin. Bagi anda memiliki kelebihan perasaan akan merasakan hawa aneh ketika berada di sekitar timbunan pohon tersebut.
Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Di tempat pasar Ghai tersebut juga merupakan tempat para penunggu pantai Greweng Gunung Kidul. Disana terdapat tali pembatas yang mendadakan haram bagi siapapun untuk melewati batas tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk saling menghormati antara alam manusia dengan alam jin. Hal tersebut juga di maksudkan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Misteri lainnya yang ada di pantai Greweng adalah adanya sungai yang membelah rerimbunan pepohonan. Di sungai tersebut juga ada beberapa larangan yang menandakan tidak boleh mengambil atau merusak apapun yang ada di kawasan tersebut, kalau tidak bisa jadi para jin yang ada dikawasan tersebut akan marah.

Mengetahui akan keangkeran pantai Greweng, tentunya anda tak boleh pergi ke pantai Greweng sendiri. Selain itu selama di pantai Greweng anda dan juga rombongan anda harus mematuhi aturan-aturan yang ada di pantai Greweng agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Meskipun dikenal angker dan banyak cerita mistik, pantai Greweng tetap menjadi spot untuk mengabadikan moment dan melakukan camping bagi banyak pengunjung. Yang terpenting jaga alam dan jaga sopan santun selama di pantai Greweng.

Daya tarik pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Greweng memang memiliki wilayah yang tak begitu luas yaitu hanya sekitar 1 Km saja dengan bentuk hampir sama dengan pantai Baron, hanya saja pantai Baron memiliki pasir coklat sedangkan di pantai Greweng memililiki pasir putih.. Namun pemandangan yang ada di pantai Greweng memang tak perlu diragukan lagi. Pantai Greweng diapit oleh 2 bukit karts berar disebelahnya. 
Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Daya tarik utama di pantai Greweng tak lain adalah pemandangan alamnya. Meskipun tak sepopuler pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, namun keindahan alam di pantai Greweng tak bisa diremehkan. Ombak di pantai Grewengan juga cukup tenang sehingga aman bagi anda yang ingin bermain air atau berenang di pantai Greweng, hanya saja untuk berenang anda tidak boleh terlalu jauh dari bibir pantai. 

Suasana pantai yang masih sepi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang tak suka dengan witasa ramai. Kondisi pantai yang tak banyak di kunjungi oleh wisatawan memberikan kesan seolah pantai Pribadi. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan sekali jika anda datang secara berombongan bersama dengan teman-teman anda.

Baca juga : 10 spot foto keren pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Di pantai Greweng juga terdapat hutan batu. Dinamakan hutan batu karena di daerah tersebut ditemukan banyak sekali bebatuan dengan beraneka bentuk yang membuat pemandangan terlihat sangat artistik dan tentunya juga merupakan spot foto yang sangat keren. Tidak hanya itu saja, di kawasan pantai Greweng kita juga akan menemukan gua kecil dan mata air alami yang langsung menuju ke pantai. Air mata alami tersebut berlokasi di sebelah bukit di utara.

Bagi anda yang suka tracking, tentu berlibur ke pantai Greweng adalah hal yang sangat menyenangkan. Hal ini dikarenakan untuk menuju ke pantai Greweng kita harus berjalan kaki setelah memakirkan kendaraan di kawasan pantai Wediombo atau pantai Jungwok. Meskipun medan cukup sulit, namun sangat menyenangkan karena disetiap sudut kita akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Sesekali kita bisa berhenti untuk beristirahat atau sekedar untuk berfoto.

Serunya tracking menuju ke pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Greweng berlokasi di sebelah bukit pantai Jungwok. Jadi setelah anda memarkirkan kendaraan di parkiran pantai Jungwok, anda harus masih berjalan kali yang lumayan jauh dengan medan yang menantang namun sangat menyenangkan. Ketika kita melangkahkan kaki menuju ke pantai Greweng suasana alami akan langsung terasa. Namun, sebelum anda melakukan perjalanan, baiknya anda bertanya dulu kepada petugas parkir agar nantinya tidak tersesat. Lama perjalanan kurang lebih sekitar 30-50 menit.
Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Setelah mendapatkan arahan dari petugas parkir, anda langsung bisa melanjutkan perjalanan dengan melewati semak belukar dan juga ladang penduduk. Anda bisa sesekali bertanya pada patani yang anda temui agar tidak tersesat selama perjalanan menuju ke pantai Greweng. Selama perjalanan ini anda akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa yang tidak akan anda temukan di tempat lainnya. Meskipun melelahkan, namun perjalanan akan terasa sangat menyenangkan.
Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Setelah melewati ladang atau pertanian miliki warga setempat, anda akan memasuki kawasan hutan, namun bukan hutan tanaman, melainkan hutan batu. Di hutan batu ini kerap dijadikan spot foto karena memang pemandangannya sangat keren. Ada banyak bebatuan dengan berbagai bentuk sehingga mempercantik pemandangan tersebut.
Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Setelah anda melewati ladang penduduk dan juga hutan batu, anda akan disambut oleh perbukitan dimana ditengahnya terdapat celah yang bisa dilihat birunya laut. Tentu pemandangan indah tersebut akan membuat anda berdecak kagum. Anda harus menuruni bukit terlebih dulu, yang pastinya harus berhati-hati, setelah sampai bawah, anda akan bertemu dengan sumber mata air dimana airnya bisa langsung anda minum. Setelah melalui sumber mata air tersebut, kita akan melewati hutan yang sejuk dan membuat kita merasa sangat nyaman. Selanjutkan mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan pantai Greweng. Perjalanan yang cukup jauh dan melelahkan ini tentunya langsung terbayar lunas dengan pemandangan indah di pantai Greweng yaitu pantai yang menjorok ke dalam dengan diapit dua bukit tinggi.

Wisata di pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Greweng berlokasi di tempat yang cukup terpencil dengan akses yang juga lumayan sulit, terlebih bagi anda yang belum pernah datang ke pantai Greweng. Meskipun terpencil, pantai ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah yang sayang jika  anda lewatkan. Ada banyak yang bisa anda lakukan di pantai Greweng. Berikut hal menyenangkan di pantai Greweng.

Baca juga : 10 Spot foto keren di pantai Ngeden Gunung Kidul Yogyakarta

Bermain pasir di pantai Greweng

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Greweng meskipun tak memiliki wilayah yang luas, namun kita bisa leluasa bermain pasir di pantai Greweng karena suasana di pantai Greweng yang sepi. Kita bisa mengekspresikan kreatifitas kita melalui pasir pantai seperti membuat istana pasir dan lain sebagainya. Anda juga bisa bermain bola bersama teman-teman di pantai Greweng.

Bermain air dan berenang di pantai Greweng

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Meskipun pantai Greweng berhadapan langsung dengan samudra Hindian, namun ombak di pantai Greweng cukup tenang dan aman untuk berenang. Hal ini tak lain karena adanya dua bukit karang yang melindungi pantai dari terjangan ombak laut selatan. Meskipun aman, anda harus tetap waspada dan tidak boleh terlalu mentengah.

Terdapat goa di pantai Greweng

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Seperti yang telah dijelaskan diatas, dimana di pantai Greweng terdapat goa yang biasa di gunakan untuk bertapa, goa tersebut juga oleh pengunjung kerap dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Namun, baiknya anda jangan masuk ke dalam goa tersebut ya, karena banyak cerita mistik di dari dalam goa tersebut.

Adanya mata air dan sungai kecil


Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta
Selain hamparan pasir putih yang bersih dan juga bukit karang yang hijau, kita juga akan disuguhkan oleh mata air dan sungai kecil dimana airnya sangat jernih dan bisa anda minum langsung.

Hutan batu


Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta
Salah satu spot foto terbaik di pantai Greweng adalah di hutan batu yang lokasinya ada di jalan menuju ke pantai Greweng. Setelah anda lelah berjalan kaki menuju ke pantai Greweng, anda bisa beristirahat sambil berfoto-foto di hutam batu tersebut.

Lokasi yang cocok untuk memancing

Pantai Greweng selain menyajikan pemandangan alam yang luar biasa juga merupakan tempat yang asyik untuk anda yang suka memancing. Anda bisa memancing diantara bukit karang, disana biasanya menjadi tempat memancing warga sekitar. Namun anda harus membawa perlengkapan memancing sendiri karena disana belum ada persewaan alat memancing.

Kuliner di pantai Greweng Gunung Kidul

Di pantai Greweng Gunung Kidul belum memiliki banyak warung makan seperti pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, hanya saja ada beberapa warung yang menyediakan kopi, es teh, pop mie dan beberapa jajanan yang bisa untuk mengganjal perut.

Camping di pantai Greweng

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Greweng yang suasanya masih sepi dari pengunjung juga menjadi tempat yang menyenangkan untuk camping atau berkemah. Memang pantai Greweng kerap dijadikan sebagai tempat berkemah para pemuda, terlebih saat malam minggu. Namun untuk berkemah pastikan anda membawa perlengkapan dan berbekalan yang cukup, karena di pantai Greweng tidak ada fasilitas, terlebih saat malam hari. Anda juga wajib menjaga kebersihan sopan santun selama di pantai Greweng.

Suasana sunset yang romantis

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Dengan adanya 2 bukit karang yang tinggi membuat sinar matahari terhalang saat akan tenggelam. Hal ini tentu akan memberikan suasan yang romantis jika anda pergi ke pantai Greweng bersama dengan pasangan.

Fasilitas di pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Keadaan pantai Greweng masih sangat alami dan apa adanya, jadi di pantai Greweng belum ada fasilitas sama sekali, hanya ada beberapa warung makan. Untuk itu, jika anda berlibur ke pantai Greweng anda harus membawa perbekalan sendiri.

Lokasi pantai Greweng

Lokasi pantai Greweng ada di dusun Pendowo desa Jepitu, kecamatan Girisubo Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta berjarak sekitar 74 Km atau sekitar 2 jam perjalanan. Pantai Greweng masih satu lokasi dengan pantai Wediombo dan berada di sebelah bukit pantai Jungwok.

Harga tiket masuk ke pantai Greweng

Harga tiket masuk ke pantai Greweng sangat murah sekali yaitu hanya 5 ribu rupiah saja dengan biaya parkir 2 ribu untuk motor. Tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk pantai Wediombo dan pantau Jungwok.

Rute Lokasi menuju ke pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta

Untuk menuju ke pantai Greweng anda lalui  rute jalan yaitu rute Piyungan, Rute Piyungan : Piyungan - Patuk - Gading - Ambil kiri kearah Wonosari - Siono -  Wonosari kota - Jalan Baron -  pertigaan mulo ambil arah Tepus - Ambil kiri ke arah Ndakbong - Purwodadi - Balong - Jepitu - Arah Pantai Wediombo - Ambil arah kiri menuju pantai Jungwok - Arah pantai Greweng.

Tips berlibur di pantai Greweng

Pantai Greweng lokasinya yang terpencil dan juga minim fasilitas, tentunya anda harus membawa perbekalan yang lengkap seperti makanan dan minum dan juga obat-obatan serta antiseptik. Selain itu anda dilarang pergi ke pantai Greweng sendirian karena lokasinya yang angker. Siapkan fisik yang sehat karena rute menuju ke pantai Greweng membutuhkan banyak tenaga. Sesampai di pantai Greweng anda harus menjaga kebersihan pantai serta menaati peraturan yang ada di pantai Greweng. Pantai Greweng dikenal anger terlebih ada pasar Ghaib, jadi selama di pantai Greweng anda jangan berbuat macam-macam terlebih berbuat asusila.

Demikianlah informasi tentang pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi hari libur anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Spot Foto Pantai Greweng Gunung Kidul Yogyakarta : Info Lengkap, Rute Lokasi, Harga Tiket, Misteri, Fasilitas"

Post a Comment