10 Spot Keren Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Sejarah, Fasilitas

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta - Banyak orang yang hanya mengenal pantai Yogyakarta hanyalah pantai Baron, pantai Parangtritis ataupun pantai Indranti. Memang ketiga pantai tersebut adalah pantai yang paling populer dan paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Namun bukan hanya ketiga pantai tersebut yang ada di kawasan Yogyakarta, terutama di Kabupaten Gunung Kidu, namun masih ada puluhan wisata pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul, dan semuanya memiliki keindahan alam yang sangat eksotis.

Dengan banyaknya wisata pantai indah yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta, tak heran jika Gunung Kidul dijuluki sebagai surganya wisata pantai. Gunung Kidul yang daerahnya di dominasi oleh bukit karang dan gunung kapur membuat pemandangan di kasawan pantai Gunung Kidul sangat indah, terlebih dengan pasir pantainya yang putih dan bersih dengan air lautya yang sangat jernih.
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta

Ada banyak wisata pantai Gunung Kidul yang memiliki pemandangan Indah, namun belum begitu dikenal oleh wisatawan, salah satunya yaitu pantai Ngrenehan. Meskipun belum populer, namun keindahan pemandangan di pantai Ngrenehan sungguh menakjubkan dan akan membuat siapapun yang datang ke pantai Ngrenehan akan terpukau dengan panorama alam yang dimiliknya.

Pantai Ngrenehan merupakan salah satu pantai yang ada di Saptosari yang masih satu lokasi dengan pantai Ngobaran. Pantai Ngrenehan memiliki keunikan sendiri yaitu dengan bentuknya menimalis dan menyerupai teluk, pantai Ngrenehan juga dikelilingi oleh bukit kapur yang membuat pemandangan di pantai Ngrenehan semakin menakjubkan. Adanya bebatuan karang disekitar pantai juga menambah sempuran pemandangan di pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan merupakan pantai yang sangat cocok sekali untuk berwisata bersama dengan keluarga atau teman-teman dekat. Di pantai Ngrenehan yang tak begitu ramai ini, kita akan disuguhkan hamparan pasir putih yang bersih membentang sepanjang pantai dan juga deburan ombak yang menghamtam batu karang. Posisi pantai yang terletak di mulut teluk membuat ombak samudra tidak langsung menghamtam pantai, karena pantai terlindung oleh bukit karang yang mengapit pantai Ngrenehan. Dengan demikian, ombak di pantai Ngrenehan cukup tenang dan aman untuk berenang.
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngrenehan memang menawarkan pemandangan yang sangat indah, namun untuk bisa sampai di pantai Ngrenehan memang dibutuhkan perjuangan. Hal ini dikarenakan perjalanan menuju ke pantai Ngrenehan cukup menantang dengan jalan yang berkelok-kelok dan beberapa melalui tanjakan dna turunan. Meskipun demikian, dengan kondisi alamnya yang masih sangat alami, kita akan disuguhkan pemandangan-pemandangan indah selama perjalanan.

Sejarah pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan yang lokasinya masih berdekatan dengan pantai Ngobaran ini memiliki keterikatan sejarah yaitu tentang pelarian raja Majapahit yaitu raja Brawijaya V. Di ceritakan bahwa Raja Brawijaya V menolak untuk masuk muslim oleh putranya yaitu Raden Pateh yang juga merupakan raja Demak. Karena hal tersebut Raja Brawijaya akhirnya meninggalkan Majapahit untuk menghindari peperangan dengan putranya yaitu Raden Patah. Dalam pelarian Brawijaya dengan ditemani istri dan juga anaknya sampai di sebuah pantai yang tenang dan damai. Dan di pantai tersebut raja Brawijaya melakukan Moksa dengan membakar diri hingga api yang berkobar sehingga pantai tersebut dinamanakan pantai Kobaran atau Ngobaran.
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta

Dalam pelarian Raja Brawijaya yang tak mau memeluk islam, tentunya Raden Patah terus mencari sang Ayah hingga akhirnya sampailah Raden Patah ke tempat pantai ini. Perjuangan Raden Patah dalam mencari ayahnya bisa dikatakan nihil karena sang ayah tak juga ditemukan. Karena hal tersebut, Raden Patah Akhirnya mengajak para petinggi kerajaan Demak untuk bermusyawarah mengenai hal tersebut. Dari peristiwa inilah muncul istilah ajakan yang berasal dari bahasa Jawa yaitu "Rene" yang artinya "kemari". Untuk mengabadikan kedatangan Raja Demak tersebut akhirnya masyarakat menamakan pantai tersebut dengan nama "Rene" dengan imbuhan menjadi Ngrenehan.

Keindahan pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan merupakan pantai Klasik dengan keindahan alam yang sangat luar biasa dengan dimulai dari pasir putih yang bersih dengan dihiasi tebing tinggi kedua sisinya. Adanya perahu-perahu nelayan yang berjejeran di tepi pantai juga semakin membuat pantai Ngrenehan semakin indah dan mempesona. Dengan keindahan alam yang di miliki pantai Ngrenehan, kita akan menemukan banyak sekali spot foto yang keren di pantai Ngrenehan.
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta

Selain pasirnya yang putih dan juga air lautnya yang jernih, hal lain yang menarik di pantai Ngrenehan adalah adanya adanya gugusan batu karang yang menyerupai teluk dengan pemandangan yang sangat indah. Di pantai Ngrenehan, kita juga bisa menemukan cangkang kecil yang berserakan yang jika di lihat dari jauh bentuknya menyerupaki koral laut.

Pantai Ngrenehan yang lokasinya masih berdekatan dengan pantai Ngobaran dan pantai Nguyahan ini menyodorkan keunikan pasir putih. Di pantai Ngrenehan kita bisa melihat aktivitas para nelayan misalnya nelayan yang sedang memperbaiki jaring atau perahu mereka. Ada kalanya kita akan melihat mereka mempersiapkan perahu untuk berlayar dan adakalanya pula kita akan melihat para nelayan yang baru pulang dari melaut, di saat ini pula kita bisa membeli banyak ikan segar langsung dari para nelayan yang tentunya dengan harga yang sangat murah.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan memang tak sepopler pantai Parangtritis, pantai Baron ataupun pantai Indrayanti. Namun, keindahan pemandangan di pantai Ngrenehan tak kalah dengan pantai-pantai tersebut. Dan tentunya da banyak hal menyenangkan yang bisa kita lakukan di pantai Ngrenehan.

Bermain pasir pantai

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngrenehan memiliki ciri yang sama dengan pantai Gunung Kidul lainnya yaitu pasir yang putih dan bersih. Meskipun pantai Ngrenehan tak seluas pantai Gunung Kidul lainnya, di pantai Ngrenehan anda tetap bisa bermain pasir pantai. Hal ini akan lebih menyenangkan jika anda datang ke pantai Ngrenehan dengan teman-teman dekat.

Baca juga : Pesona pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta

Bermain air dan berenag di pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Gunung Kidul atau Pantai Selatan yang berhadapan langsung dengan samudra Hindia sangat terkenal akan keganasan ombak. Namun tidak demkian dengan pantai Ngrenehan. Bentuk pantai Ngrenehan yang seperti teluk dengan bukit karang disampingnya membuat pantai Ngrenehan aman, dengan ombak yang tenang. Di pantai Ngrenehan terdapat banyak batu karang alami yang menjadi pemecah ombak sehingga ombak di pantai Ngrenehan tidak besar dan aman untuk anda yang ingin bermain air atau berenang di pantai Ngrenehan.

Baca juga : 15 Spot foto keren di pantai Baron Gunung kidul Yogyakarta

Melihat bukit karang yang indah

Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta

Di pantai Ngrenehan kita akan menemukan bukit karang yang unik dan menarik yang mungkin tidak akan anda temukan di pantai-pantai lainnya. Bukit Karang tersebut unik karena di sana dipenuhi cangkang kerang khas laut sehingga membuat bukit karang tersebut terlihat sangat indah dan berbeda dengan bukit-bukit lainnya. Bukit ini pula yang juga menjadi menjadi salah satu daya tari dari pantai Ngrenehan.

Panorama teluk yang cekung di pantai Ngrenehan


Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Ngrenehan merupakan pantai yang unik karena lokasinya yang berada di cekungan atau lekukan teluk. Kondisi geografisnya yang indah dengan dikelilingi bukit-bukit karang membuat siapa saja akan terpesona melihat pemadangan di pantai Ngrenehan. Panorama yang disuguhkan akan membuat semua mata takjub.

Baca juga : 10 Spot foto keren di pantai Wediombo gunung kidul yogyakarta

Spot foto yang keren dan menarik di pantai Ngrenehan


Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta
Pantai Ngrenehan memiliki pemandangan alam yang sangat indah, tentunya di pantai Ngrenehan kita akan menemukan banyak sekali spot foto yang keren dan menarik. Saking banyaknya akan membuat kita menjadi bingung, karena semua sudut di pantai Ngrenehan merupakan spot foto yang keren. Anda hanya mengatur cahaya agar bisa mendapatkan gambar terbaik di pantai Ngrenehan. Pemandangan pantai Ngrenehan sangat instagrameble yang tentunya tidak akan membuat anda kecewa.

Wisata budaya di pantai Ngrenehan

Di pantai Ngrenehan sering kali diadakan upacara adat saat bulan purnama atau saat hari raya Nyepi. Disaat tersebut pengunjung selain bisa menikmati pemdangan alam di pantai Ngrenehan juga dapat melihat langsung acara budaya yang ada di pantai Ngrenehan ataupun di pantai Ngobaran yang lokasinya tak jauh dari pantai Ngrenehan.

Baca juga : 10 spot foto keren di pantai Sepanjang Gunung kidul Yogyakarta

Wisata kuliner di pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan juga sangat terkenal akan wisata kulinernya. Di kawasan pantai Ngrenehan kita akan menemukan beberapa warung makan yang menyediakan aneka menu masakan ikan laut. Di kawasan pantai Ngrenehan juga terdapat TPI atau tempat pelelangan ikan dimana anda bisa membeli ikan segar untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Fasilitas pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan memiliki fasilitas yang cukup lengkap yaitu diantaranya adanya tempat parkir yang cukup luas, kamar mandi, toilet, musola dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Di pantai Ngrenekan juga terdapat beberapa warung makan yang menyediakan aneka menu masakan laut. Jika anda ingin ikan laut segar, disana juga terdapat TPI atau tempat pelelangan ikan, tentunya harga yang ditawarkan sangat murah dan tidak akan menguras kantong anda.

Lokasi pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan berlokasi di desa Kanogoro, kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak pantai Ngrenehan dengan pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 65 Km atau sekitar 2 jam perjalanan. Pantai Ngrenehan masih satu lokasi dengan pantai Ngobaran dan pantai Nguyahan yang berjarak kurang lebih sekitar 1 Km.

Rute menuju pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan memang memiliki keindahan alam yang luar biasa, namun untuk bisa sampai di pantai Ngrenehan kita harua menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dikarenakan belum ada angkuran umum yang menuju ke pantai Ngrenehan. Namun, anda tak perlu khawatir, anda bisa menyewa mobil atau motor yang terdapat ditempat persewaan dikawasan Pusat kota Yogyakarta.
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta

Untuk menuju ke pantai Ngrenehan, anda bisa melalui jalur ke arah Wonosari dengan mengikuti jalur tersebut hingga sampai ke pasar Trowono. Sesampai di pasar Trowono, ambil arah selatan hingga sampai ke kelurahan kanigoro saptosari. Ketika anda menemukan pertigaan jalur wonosari imogiri ambil kiri hingga sampai di lokasi pantai Ngrenehan.
Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta

Rute lain yang juga bisa anda gunakan adalah dari pusat kota Yogyakarta anda menuju ke Gading, kemudian ambil jalan menuju ke playen dan ikuti jalan hingga menuju ke pasar Trowono. Setelah sampai pasar Trowono ikuti rute pertama yang telah dijelaskan diatas. Jika anda masih bingung anda bisa menggunakan google map atau bertanya pada warga yang anda temui.

Harga tiket masuk pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan yang merupakan pantai pemberian seorang raja Demak bernama Raden Patah ini mematok harga tiket yang sangat murah sekali yaitu hanya 5 ribu rupiah per orang dan untuk biaya pakir 3 ribu untuk motor, 5 ribu untuk mobil, 15 ribu untuk bus sedang dan 20 ribu untuk bus besar. Harga tiket tersebut sudah termasuk tiket pantai sekitarnya yaitu pantai Ngobaran.

Waktu yang tepat berkunjung ke pantai Ngrenehan

Agar bisa menikmasi sensasi liburan yang sempurna di pantai Ngrenehan, tentunya kita harus datang ke pantai Ngrenehan di waktu yang tepat.  Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai Ngrenehan tentunya di pagi hari, ketika udaran masih segar. Namun, jika anda ingin melihat tradisi di pantai Ngrenehan, baiknya anda datang ke pantai Ngrenehan pada bulan purnam dimana saat bulan purnama akan dilakukan upara melasti khususnya yaitu di hari raya nyepi. Upacara budaya tersebut dilakukan di kawasan pantai Ngobaran, namun karena pantai Ngobaran dan pantai Ngrenehan masih berdekatan, anda bisa sekalian melihat acara budaya tersebut.

Tips Berkunjung ke pantai Ngrenehan

Sebelum anda berangkat ke pantai Ngrenehan, baiknya anda persiakan semua barang yang ingin anda bawa terlebih jika anda ingin menginap, jangan lupa bawa obat prabadi jika anda memiliki masalah kesehatan. Siapkan juga kendaraan dalam kondisi fit. Selama perjalanan istirahatkan jika merasa lelah atau mengantuk. Sesampainya di pantai Ngrenehan anda harus menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah disembarang tempat, selalu jaga sopan santun dan jangan merusak fasilitas di pantai Ngrenehan.

Demikianlah informasi tentang pantai Ngrenehan. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi untuk hari libur anda bersama dengan keluarga atau sahabat tercinta. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Spot Keren Pantai Ngrenehan Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Sejarah, Fasilitas"

Post a Comment