10 Spot Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta - Gunung Kidul Yogyakarta memang surganya wisata pantai. Di Gunung Kidul Yogyakarta ada banyak sekali wisata pantai yang memiliki keindahan pemadangan yang luar biasa dengan pasirnya pantai yang putih dan bersih serta lautnya yang jernih. Lokasi pantai-pantai Gunung Kidul yang berada diantara Bukit karag juga gunung kapur semakin membuat panorama di pantai-pantai Gunung Kidul semakin mempesona.

Jika sebagian besar wisatawan hanya mengenal pantai-pantai Gunung Kidul yang terkenal seperti pantai Baron, Pantai Indrayanti, dan pantai Kukup , sebenarnya masih ada banyak lagi wisata pantai dengan pemandangan indah lainnya salah satunya yaitu pantai Kayu Arum. Pantai Kayu Arum sendiri merupakan pantai yang masih baru dan baru di buka belakangan ini. Pantainya yang masih sedikit dikenal oleh para wisatawan membuat pantai Kayu Arum ini masih sangat sepi dan alami. Tentu sangat cocok untuk anda yang tak suka dengan keramaian.
Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kayu Arum ini cukup unik. Lokasi pantai Kayu Arum yang diapit oleh bukit karang kapur dikanan kirinya membuat kita teringat akan pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Mbirit, dan pantai Butuh. Selain letaknya pantai Kayu Arum juga cukup unik karena berbatasan langsung dengan ladang pertanian. Jadi ketika kita berkunjung ke pantai Kayu Arum kita akan disambul oleh perkebunan yang hijau dan subur.

Selepas dari perkebunan yang hijau dan subur, kita akan disambut dengan hamparan pasir putih, lembut dan bersih. Di pantai Kayu Arum belum ada sampah sama sekali, karena memang pantai Arum belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini yang juga membuat pantai Kayu Arum masih terlihat sangat alami dan asri.
Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kayu Arum meskipun masih sangat sepi pengunjung, namun pantai ini sangat menyenangkan untuk di kunjungi. Keadaannya yang sepi, justru akan membuat kita lebih leluasa seakan pantai Pribadi. Namun, untuk menjaga keamaan dan juga untuk menghilangkan keheningan di pantai Kayu Arum, baiknya anda jangan pergi sendiri, ajaklah teman-teman anda dengan berombongan setidaknya minimal 5 orang.
Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kayu Arum yang dikenal dengan pemandangan alamnya yang eksotis ini memang membutuhkan perjuangan untuk bisa sampai dan menikmati keindahan pantai Kayu Arum. Hal ini dikarenakan rute menuju pantai Kayu Arum sangat sulit dan harus dilalui dengan cara berjalan kaki melewati perkebunan milik warga sekitar. Namun semua perjuangan anda akan terbayar lunas ketika anda sampai di bibir pantai Kayu Arum. Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa yang tentunya tidak akan membuat anda dan teman-teman anda kecewa.

Hal menyenangkan yang bisa di lakukan di pantai Kayu Arum

Berwisata sambil tracking

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta

Bagi anda yang suka dengan tracking sekaligus berwisata di pantai, Pantai Kayu Arum merupakan tempat wisata yang cocok sekali. Hal ini dikarenakan pantai Kayu Arum selain sebagai tempat wisata pantai juga merupakan area tepat untuk Tracking. Hal tersebut karena perjalanan menuju ke pantai Kayu Arum cukup sulit dengan melewati jalan setapak yang cukup licin. Tak hanya itu saja, selama berjalan kaki menelusuri hutan, anda juga akan bertemu dengan semak belukar, rumput liar, bebatuan besar dan lain sebagainya yang membuat perjalan menuju ke pantai Kayu Arum seperti Tracking. Untuk itu pengunjung harus menggunakan sepatu yang anti licin.

Jarak antara pantai Kayu Arum dengan pantai Baron atau Baron Techno Park adalah sekitar 300. Meskipun medannya cukup sulit, namun sangat menyenangkan karena disepanjang perjalanan, selain kita akan disuguhkan pemandangan indah, kita juga akan disambut dengan kicauan-kicaun burung dan membuat suasana di sepanjang perjalanan sangat alami.

Bermain pasir pantai yang putih dan bersih

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kayu Arum memiliki pasir pantai yang bersih dan lembut. Hal tersebut tentu akan sangat menyenangkan sekali pengunjung yang suka bermain pasir pantai. Keadaanya yang masih alami serta sepi akan membaut anda lebih leluasa mengekpresikan kerativitas anda di pasir tanpa takut terganggu oleh orang lain.

Melihat pemandangan indah laut pantai Kayu Arum yang jernih kebiruan

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta

Selain bermain pasir pantai, pengunjung juga bisa menyaksikan lautan dipantai Kayu Arum yang jernih dan kebiruan sehingga menambah eksotif pemandangan di pantai Kayu Arum. Pemandangan tersebut yang juga menjadi daya tarik tersendiri dari pantai Kayu Arum, Hanya saja di pantai Kayu Arum pengunjung tidak boleh berenang karena ombaknya yang besar.

Pemandangan bukit karang di pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kayu Arum hampir sama dengan pantai Mbirit atau pantai Butuh yang lokasinya di apit oleh 2 bukit karang.  Hal ini yang menambah indah pemandangan yang ada di pantai Kayu Arum. Bebatuan karang yang tajam serta bukit yang ditumbuhi pepohonan hijau tentu akan menjadi spot foto yang menarik sekali.

Berselfie di pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kayu Arum memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Jadi tak heran jika di pantai Kayu Arum anda akan menemukan banyak sekali spot foto yang keren. Hal ini tentu akan sangat cocok bagi anda yang suka berselfie.

Memancing di pantai Kayu Arum

Puas bermain pasir dan melihat indahnya pemandangan di pantai Kayu Arum, anda bisa lanjut memancing. Meskipun pantai Kayu Arum tak begitu luas, namun pantai tersebut juga cocok untuk memancing. Namun baiknya anda bawa pancing sendiri karena di pantai Kayu Arum belum ada fasilitas perlengkapan memancing.

Menjadi tempat latihan tertentu


Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta
Lokasi pantai Kayu Arum yang tersembunyi sekaligus medannya yang cukup menantang membuat pantai Kayu Arum kerap dijadikan sebagai tempat latihan seperti latihan malapa dan semacamnya.

Menikmati sunset di pantai Kayu Arum

Meskipun lokasinya tak jauh dari Baron Techno Park, anda juga bisa melihat indahnya matahari tebit dan terbenam di pantai Kayu Arum. Pemandangan dari pantai Kayu Arum terlihat sangat jelas dengan warna langit yang kekuningan atau jingga.

Tempat yang cocok untuk bercamping

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta

Jika anda suka bercamping anda bisa mencoba untuk bercamping di pantai Kayu Arum. Pantai Kayu Arum cocok untuk bercamping dan tak jarang ada keluarga kecil yang bercamping di pantai Kayu Arum. Hanya saja untuk bercamping di pantai Kayu Arum, anda harus benar-benar membawa perbekalan yang cukup karena di pantai Kayu Arum sama sekali belum ada fasilitas, warung makan dan lain sebagainya.

Fasilitas Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum selain aksesnya yang masih sulit, di pantai Kayu Arum juga belum ada fasilitas sama sekali. Jadi jika anda ingin berlibur ke pantai Kayu Arum anda harus membawa bekal sendiri dari rumah seperti makanan dan minuman. Meskipun belum ada fasilitas sama sekali, anda tidak akan dibuat kecewa bila berkunjung ke pantai Kayu Arum.

Lokasi pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Kayu Arum berlokasi di desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Kayu Arum berjarak sekitar 65 Km dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 2 jam perjalanan. Pantai Kayu Arum masih satu lokasi dengan pantai Baron atau lebih tepatnya disebelah barat Baron Techno Park, disana anda juga bisa memarkirkan kendaraan yang kemudian anda berjalan kaki untuk menuju ke pantai Kayu Arum yang memang harus ditempuh dengan berjalan kaki. 

Harga tiket masuk ke pantai Kayu Arum

Harga tiket masuk pantai Arum sangat murah yaitu 10 ribu rupiah saja. Tiket masuk tersebut sudah termasuk tiket masuk dibeberapa pantai disekitarnya seperti pantai Baron, pantai Ngobaran, pantai Nguyahan, dan pantai Ngrenehan. Pembayaran tiket akan dipungut ketika sampai di pantai Baron yang selanjutnya pantai yang lain masih satu jalur dengan lokasi yang berdekatan.

Rute jalan menuju ke lokasi pantai Kayu Arum

Untuk menuju ke pantai Kayu Arum anda bisa menggunakan rute menuju ke pantai Baron yaitu dari Yogyakarta menuju ke Wonosari - Bukit patuk gunung kidul - pertigaan sebelum pantai Baron ambil belok kanan - Parkir kendaraa di Baron Techno Park kemudian berjalan kaki menelusuri hutan dan perkebunan. Jika masih bingung anda bisa menggunakan Google map untuk menuju ke kawasan pantai Baron.
Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta
Rute menuju pantai Kayu Arum sangat mudah dengan jalan yang sudah halus, karena lokasinya yang masih satu kawasan dengan pantai Baron atau di sebelah barat Baron Techno Park. Namun setelah memarkirkan kendaraan anda harus berjalan kaki dengan melewati ladang milik penduduk, semak belukar, rumput liar, yang selain sulit namun juga akan membuat kita bersemangat karena kita akan merasa seperti menyatu dengan alam. Udaranya yang sejuk serta tak ada kebisingan kendaraan membuat suasana menuju ke pantai Kayu Arum sangat menyenangkan. Banyaknya suara burung dan juga serangga membuat suasana di disepanjang jalan menuju pantai Kayu Arum semakin sempurna. Untuk menuju ke pantai Kayu Arum ini baiknya anda bertanya kepada setiap petani yang anda temui, hal ini dikarenakan jalannya yang sulit serta banyaknya rumput liar akan membuat anda mudah tersesat jika tak mau bertanya. Ketika anda sudah mendengar deburan ombak itu berarti anda sudah dekat dengan lokasi pantai Kayu Arum.

Tips dan saran berkunjung ke pantai Kayu Arum

  • Sebelum memutuskan untuk berlibur ke pantai Kayu Arum, anda dan juga teman-teman anda harus pastikan kesehatan tubuh dalam keadaan fit. Hal ini dikarenakan untuk menuju ke pantai Kayu Arum diharuskan berjalan kaki dengan medan yang menantang dan melelahkan, pokoknya penuh dengan petualangan dan perjuangan.
  • Untuk pergi ke pantai Kayu Arum, anda harus persiapkan berbekalan yang lengkap seperti makanan, minuman, tisu, obat seperti antiseptik dan lain sebagainya. Hal ini dikarekan Pantai Kayu Arum yang belum memiliki fasilitas apapun serta lokasinya yang cukup jauh dari permukiman penduduk.
  • Berkunjung ke pantai Kayu Arum sama saja anda melakukan petualangan. Untuk itu anda harus gunakan pakean yang sesuai untuk berpetualangan agar tidak kesusahan saat berjalan kaki menuju ke pantai Kayu Arum.
  • Kondisi pantai yang masih asir dan alami serta bersih, untuk itu anda dan juga teman-teman anda dilarang mengotori pantai dengan tidak membuang sampah disembarang tempat.
  • Jangan pergi ke pantai Kayu Arum sendirian, baiknya secara rombongan untuk antisipasi keamanan dan agar tidak bosan di pantai. Hal ini dikarenaka lokasi pantai yang cukup jauh dari perkampungan serta medan yang cukup sulit. Karena hal tersebut juga, anda wajib segera bergegas pulang ketika hari menjelang sore.
  • Pantai Kayu Arum yang masih sangat sepi dan jauh dari perkampungan, tentunya harus membuat anda lebih berhati-hati, jangan berenang terlalu jauh karena ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan tak akan ada orang yang menolong meskipun anda berteriak sekuat tenaga.
Demikianlah informasi tentang pantai Kayu Arum. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi untuk hari libur anda bersama dengan sahabat atau keluarga tercinta. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Spot Pantai Kayu Arum Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas"

Post a Comment