15 Spot Foto Keren Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta - Yogyakarta memang daerah istimewa yang memiliki segudang wisata pantai dengan indahan alamnya yang eksotis. Yogyakarta atau lebih tepatnya di kabupaten Gunung Kidul merupakan daerah selatan yang langsung berhadapan dengan samudra Hindia. Karena lokasinya yang berbatasan dengan lautan samudra Hindia, daerah Gunung Kidul Yogyakarta memiliki puluhan wisata pantai yang memiliki pemandangan alam yang indah dan menyejukan mata. Karena hal tersebutlah tak heran jika Gunung Kidul disebut sebagai surganya wisata pantai.

Beberapa wisata pantai yang populer di Gunung Kidul adalah pantai Indrayanti, pantai Baron, pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Wediombo dan lain sebagainya. Namun, dari sebagian pantai yang sudah dikenal oleh para wisatawan, ada beberapa pantai yang belum dikenal dan kondisinya masih sangat alami, salah satunya yaitu pantai Jungwok.
Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Bagi wisatawan, pantai Jungwok terdengar sangat asing, namun tidak bagi masyarakat di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Jongwok merupakan wisata pantai yang menjadi favorit selain pantai Wediombo bagi masyarakat Gunung Kidul bagian timur. Lokasi pantai Jungwok juga masih bersebelahan dengan pantai Wediombo, hanya saja pantai Jungwok yang memang belum seramai pantai Wediombo, akses menuju ke pantai Jungwok juga masih sulit karena kendaraan belum bisa masuk, wisatawan yang ingin berlibur di pantai Jungwok harus berjalan kaki. Maka dari itu, banyak wisatawan yang enggan datang ke pantai Jungwok.

Pantai Jungwok meskipun belu ramai pengunjung, namun datang ke pantai Jungwok tidak akan membuat anda kecewa. Pantai Jungwok memiliki pemandangan yang eksotis dengan hamparan pasir yang putih dan berih. Keadaannya yang masih sangat alami dan asri tentu akan membuat siapapun yang berlibur di pantai Jungwok akan betah. Terebih bagi anda yang tak suka dengan wisata pantai yang ramai. Kondisi pantai yang sepi akan memberikan sensasi seolah pantai Pribadi.
Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jungwok memiliki bentuk agak cekung dengan ombaknya yang khas pantai Selatan yaitu besar dan ganas. Lokasi pantai Jungwok yang agak menjorok ke tengah laut dan juga terdapat batu besar yang mirip topi sehingga disebut watu topi. Di watu topi tersebut biasanya dimanfaatkan masyarakat sebagai spot untuk memancing.

Daya tarik pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Meskipun pantai Jungwok adalah pantai yang sepi dari pengunjung, buka berarti pantai Jungwok tak memiliki daya tarik. Daya tarik utama dari pantai Jungwok adalah pasir pantai yang putih dan bersih serta masih sangat alami. Tidak hanya itu saja, adanya pulau karang kecil atau yang disebut sebagai watu topi juga semakin mempercantik pemandangan yang ada di pantai Jungwok. Meskipun lokasinya dan akses menuju ke pantai Jungwok sangat sulit. Namun, berkunjung ke pantai Jungwok akan memberikan kesan berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Dengan keindahan alamnya yang luar biasa serta instagrameble, tentu akan menjadi surga bagi anda yang suka berselfie atau berfoto.
Daya tarik lainnya yang bisa didapat di pantai Jungwok adalah kondisi pantainya yang masih alami, asri dan sepi. Hal ini sangat cocok bagi traveler yang tak suka dengan keramaian. Kondisi pantai yang masih sepi akan membuat pengunung lebih leluasa melakukan banyak hal tanpa terganggu dengan adanya orang lain. 

Keindahan pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jungwok memang memiliki akses yang cukup sulit dan hanya bisa dilalui dengan cara berjalan kaki. Hal tersebut tentunya akan sangat menguras tenaga. Meskipun demikian, semua hal tersebut akan terbayarkan lunas ketika anda sampai di pantai Jungwok. Di pantai Jungwok anda akan di sambut pemandangan yang sangat indah, asir dan alami. Bentuk garis pantai yang melengkung inilah yang konon dulunya menjadikan pantai ini dinamakan pantai Jungwok. 
Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jungwok meskipun tidak terlalu luas dan sepi, namun kondisi pantai Jongwok sangat bersih. Mungkin karena belum banyak wisatawan yang berkunjung di pantai Jungwok. Pasir pantai yang putih kekuningan dengan beberapa bukit hijau disekelilingnya akan semakin menyejukan mata anda. Perairan di pantai Jungwok juga cukup dangkal dan ketika air sedang surut, pengujung bisa secara langsung melihat biota laut yang ada di pantai Jungwok. Ada banyak ikan hias beraneka macam, serta terumbu karang yang membuat pemandangan dibawah laut pantai Jungwok tak kalah dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya.
Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Keindahan utama di pantai Jungwok tak lain adalah adanya pulau karang atau batu karang yang oleh masyakarat sekitar disebut watu topi karena bentuknya seperti topi. Watu topi tersebut bisa menjadi biground foto yang sangat keren. Meskipun watu topi biasa di manfaatkan masyarakat untuk memancing dan menangkap lopster, baiknya pengunjung jangan mendekati watu topi tersebut karena ombak di sekitar watu topi sangat ganas dan berbahaya. 

Cerita mistis di pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jungwok selain dikenal akan keindahan alamnya yang luar biasa dan masih sangat alami, pantai Jungwok juga dikenal sebagai pantai yang angker. Ada banyak cerita mistis yang ada di pantai Jungwok. Pantai Jungwok yang lokasinya terpencil, dan jarang dikunjungi serta jalannya yang terjal dan sulit, saat malam hari, suasana pantai Jugwok sangat gelap dan mencengkam. Ketika anda berjalan seolah ada yang selalu mengikuti. Beberapa orang yang melakukan kemah di pantai Jungwok kerap mendengar suara-suara aneh di pantai Jungwok. 
Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Beberapa waktu yang lalu, di bagian dari watu topi atau pulau karang di pantai jungwok ada wisawatan yang sedang berfoto terseret ombak. Warga setempatpun sering menceritakan kejadian-kejadian aneh yang sering terjadi di pantai Jungwok. Namun selama kita tidak berbuat macam-macam, tidak merusak pantai, tidak melanggar aturan disana, dan menjaga sopan santun terutama dalam tutur kata, tentu kita akan aman berlibur di pantai Jungwok.

Wisata di pantai Pantai Jungwok

Memiliki 3 aliran sungai air tawar

Salah satu keunikan yang ada di pantai Jungwok adalah adanya 3 aliran sungai air tawar yang mengalir ke pantai Jungwok. Aliran sungai tersebut seolah membelah bibir pantai menjadi 3 bagian. Pamandangan akan menakjubkan ketika kita melihat bertemunya air tawar dari aliran sungai tersebut dengan air asin yang ada di lautan. Pemandangan ini yang kerap menarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai Jungwok.

Bentuk pantai Jungwok yang melengkung

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, pantai Jungwok memiliki garis pantai yang melengkung sehingga menambah eksotis pemandangan ketika dilihat dari kejauhan. Bentuk pantai yang melengkung inilah yang juga merupakan asal muasal dari nama pantai Jungwok.
Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Selain bentuk bibir pantainya yang unik karena melengkung, kondisi pasir pantai di pantai Jungwok juga snagat halus sehingga sangat mendukung untuk bermain di pantai seperti main bola, main voly pantai dan berbagai permainan lainnya. Air laut yang jernis juga menambah nilai lebih di pantai Jungwok.

Pemandangan batu karang disekitar pantai Jungwok

Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Sama halnya dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, pantai Jungwok juga memiliki pemandangan eksotis karena di pantai Jungwok terdapat banyak batu karang yang tersebar. Bebatuan yang besar dan kecil tersebar di pantai dan di laut menambah cantik pemandanga, hal inilah yang kerap menjadi buruan wisatawan untuk berselfie. Anda bisa berselfie diantara batu-batu karang di pantai Jungwok.

Pemandangan pulau kecil

Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Salah satu daya tarik dari pantai Jungwok adalah adanya pulau kecil atau batu karang yang oleh warga disekitar di namakan watu topi karena bentuknya seperti topi. Meskipun terlihat indah, namun pengunjung disarankan jangan mendekat pulau karang tersebut karena ombak disekitat pulau karang tersebut sangat besar dan berbahaya. Hanya warga sekitar yang biasa mendekat pulau karang tersebut untuk memancing atau menangkap lopster. Pulau karang tersebut oleh pengunjung kerap dijadikan sebagai boground untuk berfoto.

Pemandangan pantai yang masih sangat alami

Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jungwok adalah pantai yang belum banyak dikenal oleh wisatawan sehingga pantai Jungwok tergolong pantai yang masih sangat sepi. Dengan demikian, pantai Jungwok juga merupakan pantai yang masih sangat alami dan asri. Pemadangan yang alami dengan air lautnya yang jernih dan kebiruan serta tidak ada sampah yang berserakan menjadi pantai Jungwok adalah pantai yang cocok sekali untuk melepaskan stres akibat aktivitas sehari-hari.

Pemandangan sunsire dan sunset di pantai Jungwok

Pantai Jungwok selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, di pantai Jungwok juga memiliki pemandangan sunsire dan sunset yang sangat indah. Namun, tentunya untuk bisa menikmati keindahan matahari terbit dan matahari terbenam, anda harus menginap di pantai Jungwok. Hal ini dikarenakan akses menuju ke pantai Jungwok cukup sulit dan tak memungkinkan anda pulang malam atau datang sebelum matahari terbit.

Camping di pantai Jungwok

Suasana pantai Jungwok yang sepi dan nyaman, membuat pantai Jungwok kerap dijadikan sebagai tempat untuk camping. Namun untuk camping di pantai Jungwok, anda harus benar-benar menyiapkan semua perlengkapan, karena di pantai Jungwok belum ada fasilitas dan juga lokasinya yang terpencil jauh dari permukiman warga.
Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Meskipun suasana di pantai Jungwok sangat cocok sebagai tempat untuk camping, namun di pantai Jungwok anda juga harus berhati-hati selalu jaga sikap, tutur kata dan jangan buang hajat sembarangan. Hal ini dikarenakan pantai Jungwok juga terkenal akan keangkerannya. Selain itu anda juga selalu menjadi kebersihan pantai.

Wisata pantai lain yang dekat dengan pantai Jungwok

Selain berlibur di pantai Jungwok anda juga bisa sekalian mampir di pantai-pantai sekitarnya. Ada beberapa pantai yang lokasinya berdekatan dengan pantai Jungwok seperti pantai Wediombo, pantai Nglambor, pantai Jogan, dan pantai Greweng. Pantai-pantai tersebut juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan juga sangat cocok untuk melakukan snorkelling.

Fasilitas di pantai Jungwok

Pantai Jongwok memang memiliki pemandangan alam yang eksotis, namun karena lokasinya yang terpencil dan akses jalannya yang sulit membuat pantai Jungwok sepi dari pengunjung. Tidak hanya itu saja, pantai Jungwok juga sama sekali belum memiliki fasilitas. Semoga kedepannya pemerintah bisa membangun fasilitas di pantai Jungwok agar pantai Jungwok menjadi wisata pantai yang ramai di kunjungi wisatawan.

Lokasi pantai Jungwok

Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jungwok berlokasi di desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Jungwok masih satu lokasi dengan pantai Wediombo yaitu berjarak sekitar 500 hingga 1000 meter. Pantai Jungwok juga masih berdekatan dengan pantai lainnya seperti pantai Jogan, pantai Nglambor, dan pantai Greweng. Jarak dari pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 80 Km atau sekitar 2,5 jam perjalanan.

Rute menuju ke pantai Jungwok Gunung Kidul

Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Rute menuju ke pantai Jungwok sama dengan rute menuju ke pantai Wediombo. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Untuk rutenya sendiri anda bisa mulai dari pusat kota Yogyakarta. Yogyakarta - jalan Bausasran lurus hingga ke SMA N 8 Yogyakarta - PLN Yogyakarta - Jalan nasional III - Jalan Yogyakarta - Wonosari - Jalan Kyai Legi - Jln pantai Selatan - Pantai Wediombo -  Pantai Jungwok.
Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Rute dari Bantul : Jalan Imogiri timur atau playen dlingo - Jalan kyai legi - jalan pantai selatan - jalan Pantai Wediombo - Pantai Jungwok. Di bandingkan rute diatas, rute ini lebih cepat.
Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta

Namun jika anda menggunakan angkutan umum, anda bisa mulai dari terminal Giwangan kemudian menuju ke arah Jepitu, dari sana anda bisa naik ojek untuk bisa menuju ke pantai Jungwok. Namun, biaya ojek disana cukup mahal yaitu sekitar 40 ribu hingga 50 ribu.

Tiket masuk ke pantai Jungwok

Pantai Jungwok sebenarnya belum masuk ke daftar wisata pantai Yogyakarta sehingga pantai Jungwok masih sangat sepi dan masih sangat alami. Untuk tiket masuk ke pantai Jungwok sebenarnya juga masih geratis, hanya saja kita akan dikenakan tiket saat kita memasuk kawasan pantai Wediombo, jadi tiket masuk Wediombo sudah termasuk tiket masuk pantai Jungwok, yaitu hanya 5 ribu rupiah dan biaya parkir 2 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil. Setelah memakir kendaraan anda harus berjalan kaki untuk bisa sampai di pantai Jungwok.

Tips berlibur di pantai Jungwok Gunung Kidul

  • Sebelum berangkat berlibur ke pantai Jungwok, pastikan terlebih dulu perbekalan dan perlengkapan yang harus anda bawa, terlebih jika anda ingin melakukan camping. Hal ini dikarenakan di pantai Jungwok tidak ada fasilitas dan tidak ada warung makan. 
  • Hati-hati dalam perjalanan dan jangan mengebut, istirahatlah jika lelah atau mengantuk. 
  • Selama di pantai Jungwok, anda harus mengikuti aturan yang berlaku seperti menjaga sopan santun serta tutur kata dan janga membuang sampah sembarangan. Hal ini dikarenakan pantai Jungwok juga terkenal pantai yang angker.
Demikianlah informasi tentang pantai Jungwok. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi untuk liburan anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Spot Foto Keren Pantai Jungwok Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas"

Post a Comment