15 Spot Foto Menarik Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Sejarah, Fasilitas

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta - Yogyakarta merupakan salah satu Kota yang terkenal akan seni dan budayanya. Tidak hanya itu saja, Yogyakarta juga sangat terkenal dengan tempat wisatanya. Ada banyak sekali tempat wisata indah yang ada di Yogyakarta, karena saking banyaknya, ketika mendengarkan kata Yogyakarta, yang terniang dipikiran kita adalah tempat wisata. Selain Malioboro, Candi Borobodur, Candi Prambanan, tempat wisata yang paling diincar di Yogyakarta tak lain adalah wisata pantai Selatan.
Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Yogyakarta atau tepatnya di kabupaten Gunung Kidul merupakan pusat dari wisata pantai yang menjadi surga bagi para traveler yang suka dengan wisata pantai. Di sepanjang selatan Yogyakarta merupakan wisata pantai yang lokasinya berdekatan dengan berbagai keunikan tersendiri. Pantai di Gunung Kidul berbeda dengan pantai yang ada di Utara pulau Jawa. Pantai Gunung Kidul memiliki hamparan pasir putih yang bersih dengan airnya yang sangat jernih. Tidak hanya itu saja, pantai Gunung kidul juga sangat identik dengan bukit batu karang, karena hampir semua pantai di Gunung Kidul diapit oleh bukit-bukit batu karang yang menambah pesona dari pantai Gunung Kidul itu sendiri.

Ada banyak sekali pantai yang ada di Gunung Kidul Yogyakarya, salah satu pantai indah yang ada di Gunung Kidul adalah pantai Siung. Pantai Siung memang tak sepopuler pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Indrayanti, Pantai Baron dan pantai lainnya. Namun, pesona pantai Siung tak kalah dengan pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul.

Lokasi pantai Siung cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 75 Km, namun hal ini tak mengurungkan niat para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Siung. Pantai Siung memiliki keunikan tersendiri yang tak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Hal unik yang ada di pantai Siung tak lain karena di pantai Siung terdapat panjat tebingnya.
Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung terletak di antara bebatuan besar, jadi selain menyajikan panorama pemandangan yang luar biasa, juga terdapat panjat tebing. Panjat tebing yang ada di pantai Siung bukanlah sembarang panjat tebing, karena panjat tebing di pantai Siung ini sudah sangat mendunia, bahkan sangking populernya, panjat tebing tersebut mengalah kepopuleran dari pantai Siung itu sendiri. Banyak wisawatan mancara negara yang datang ke pantai Siung hanya untuk merasakan sensasi panjat tebing di pantai Siung.

Baca juga : 10 spot keren pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Sejarah pantai Siung

Pantai Siung meskipun memiliki panorama alam yang luar biasa serta garis pantai yang cukup luas, namun wisatawan yang berkunjung ke pantai Siung tidak seramai pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul seperti pantai Indrayanti atau pantai Baron. Hal ini memang pantai Siung tak sepopuler kedua pantai tersebut. Namun, keadaan yang tak begitu ramai justru akan membuat wisatawan yang berkunjung ke pantai Siung lebih leluasa dan lebih nyaman karena keadaan pantai yang tak begitu ramai.
Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Sama halnya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia, pantai Siung juga memiliki sejerah terutama sejarah penamaan pantai Siung itu sendiri. Kondisi pantai Siung yang berada di bongkahan-bongkahan batu karang besar inilah yang menginspirasi masyarakat untuk memberikan nama Siung pada pantai ini. Di pantai Siung terdapat batu karang yang sangat besar yang letaknya menjorok ke laut yang jika di lihat dari jauh, batu raksasa tersebut berbentuk seperti gigi siung, singkat cerita, hal inilah yang kemudian pantai tersebut dinamankan dengan nama pantai Siung.

Baca juga : 15 Spot foto keren di pantai Baron 

Batu Siung tersebut juga bukanlah sekedar batu. Batu Karang raksasa tersebut memiliki peran penting dalam kemajuan pantai Siung. Hal ini dikarenakan keberadaan batu tersebutlah yang menjadi magnet utama dari wisatawan untuk berkunjung ke pantai Siung, terutama mereka yang pecinta alam seperti pendaki. Dulu pada tahun 1998 sebelum pantai Siung dikenal oleh wisatawan, ada pendaki asal Jepang yang memanfaatkan batu karang raksasa tersebut sebagai bukit untuk panjat tebing. Dari mulai itulah kemudian banyak pendakti yang berdatangan ke pantai Siung, tidak hanya pendaki lokal saja, namun banyak juga pendaki yang berasal dari luar negeri. Melihat potensi yang begitu besar di pantai Siung, maka pemerinta Yogyakarta mengembangkan potensi tersebut sebagai tempat wisata dengan membangun berbagai fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung.
Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Banyaknya pemanjat tebing yang berdatangan ke pantai Siung membuat pantai Siung mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bahkan pantai Siung pernah dijadikan sebagai lomba panjat tebing Asean Climbing Ghatering yang di ikut peserta dari 2 benua yaitu Asia dan Eropa dengan jumlah 250 peserta. Bahkan hingga saat ini panjat tebing yang ada di pantai Siung ada 250 jalur dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. 

Pesona keindahan pantai Siung yang tiada duanya

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung memiliki keindahan alam yang sangat eksotis, bahkan ketika sampai di pintu masuk, wisatawan sudah disuguhi dengan pemandangan luar biasa pantai Siung dari kejauhan. Disini kita bisa berhenti sejak untuk menikmati pemandangan sambil berfoto-foto bareng sahabat. Dalam perjalan menuju pantai siung, kita akan melewati turunan, dan menariknya, kita akan disuguhi pemandangan batu besar menyerupai gunung berapi. Setelah bertanya kepada warga setempat, ternyata memang benar batu besar tersebut merupakan gunung berapi purba batur yang berada didesa Balong Girisubo.

Setelah perjalanan sampai di parkiran pantai Siung, deburan ombak serta bau khas pantai seakan melambai-lampai kita untuk segera menikmati keindahan pantai dari dekat. Ombak besar khas pantai Selatan yang menghantam tebing tinggi disebelah barat merupakan salah satu daya tarik tersendiri dari pantai Siung. Hamparan pasir putih yang luas dan bersih juga menambah nilai lebih dari pantai Siung.

Baca juga : Spot foto terbaik di pantai Indrayanti

Tak puas dengan berjalan-jalan disepanjang pantai, pengunjung  bisa naik ke atas bukit yang berada disebelah timur pantai Siung, jalan setapak menuju bukit sudah diperbaiki oleh pengelola pantai sehingga mempermudah pengunjung untuk naik keatas bukit. Sesampai di tengah perjalanan, kita bisa berhenti sejenak, dari sini pemandangan indah pantai Siung sudah terlihat. Namun, dalam perjalan naik bukit harus berhati-hati terlebih saat musim hujan. Jalanan akan menjadi sangat licin. 
Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Meneruskan perjalanan ke atas bukit, jalan semakin sempit dan terjal, selain itu sisi jalan merupakan jurang sehingga harus ektra hati-hati. Namun setelah sampai atas bukit semua rasa lelah dan rasa takut akan terbayar lunas dengan keindahan alam pantai Siung yang luar biasa. Dari atas bukit, pantai Siung terlihat sangat kecil. Selain menikmati keindahan pemandangan pantai Siung, dari atas bukit kita juga bisa melihat keindahan alam Purwodadi dengan tanaman padinya yang hijau. Diatas bukit ini kita juga bisa menikmati angin khas pantai yang sepoe-sepoe jauh dari kebisingan kendaraan yang ada di kota. Tempat ini sangat cocok sekali sebagai tempat untuk menenangkan diri dari berbagai macam kesibukan pekerjaan.

Baca juga : 20 spot foto keren pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Dari atas bukit ini pula pengunjung akan menemukan banyak sekali spot foto yang menarik. Anda bisa berfoto sepuasnya dengan pemandangan indah dari berbagai sudut. Hal inilah yang membuat wisatawan betah berlama-lama di pantai Siung.

Hal menarik yang ada di pantai Siung


Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta
Hal utama yang menjadi daya tari utama dari pantai Siung tak lain adalah karena adanya batu raksasa berbentuk siung yang kemudian di gunakan sebagai panjat tebing. Panjat tebing tersebut memiliki 250 jalur dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Karena adanya panjta tebing ini, banyak wisatawan yang berdatangan untuk merasakan panjat tebing yang ada di pantai Siung. 
Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Selain panjat tebingnya yang mendunia, pantai Siung juga memiliki daya tarik lainnya yaitu keindahan alamnya yang luar biasa dengan pasir pantai khas Gunug Kidul yang putih dan bersih semakin merarik wisatawan untuk berlibur ke pantai Siung. Banyaknya batu karang besar yang menjulang tinggi juga menambah keindahan pemandangan. Hal ini yang juga menjadikan pantai Siung menjadi salah satu surga selfie bagi wisawatan yang suka berselfie dan berfoto. 

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan dipantai Siung


Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta
Hal menyenangkan yang bisa dilakukan dipantai Siung tak lain adalah panjat tebing. Namun panjat tebing hanya bisa dilakukan mereka yang suka panjat tebing dan mereka yang menyukai tantangan. Bagi anda yang tak suka dengan panjat tebing, tak perlu khawatir, pantai Siung memiliki garis pantai yang cukup luas sehingga ada banyak sekali hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Siung, nah berikut beberapa hal menyenangkan yang bisa dilakukan dipantai Siung. 

Bermain pasir putih dipantai Siung

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Seperti aktivitas menyenangkan ditempat wisata pantai pada umumnya, dipantai Siung pengunjung juga bisa bermain pasir pantai seperti membuat istana pasir, menulis dipasir, mengubur diri dipasir dan berbagai permainan pasir menyenangkan lainnya. Keadaan pasir pantai Siung yang putih dan bersih akan membuat siapapun betah untuk bemain pasir dipantai Siung.

Berenang di pantai siung

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung yang berlokasi di pantai Selatan yang dikenal akan ganasnya ombak tak mengurangi wisatawan yang ingin mandi atau berenang di pantai Siung. Memang ombak di pantai Siung cukup besar, namun pengunjung tetap diperbolehkan mandi atau berenang, asalkan tidak terlalu mentengah. Air laut dipantai Siung yang sangat bening dan jernih memang akan menggoda siapapun untuk mandi di pantai.

Melihat kera

Hal unik yang ada dipantai Siung, selain keindahan alamnya yang luar biasa, di pantai Siung pengunjung juga bisa melihat kera. Kera-kera yang ada di pantai Siung tinggal diatas tebing, namun ketika pantai dalam keadaan sepi, kera biasanya akan turun ke pantai. Tenang saja, kera di kawasan  pantai Siung tidak berbahaya, mereka tidak mengganggu selama anda tidak mengganggu. Meskipun demikian, pengunjung juga harus tetap waspada terutama dengan barang bawaan, terlebih jika ada kera yang mendekat. Pengunjung juga bisa berselfie dengan kawanan kera, namun tetap harus dari kejauhan ya....

Naik diatas bukit pantai Siung

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung terletak diantara beberapa bukit karang yang besar. Setelah kita berjalan-jalan mengelilingi pantai Siung, kurang sempurna jika kita tidak naik ke atas bukit. Sudah ada jalur yang mempermudah pengunjung untuk naik keatas bukit. Meskipun demikian, pengunjung juga harus tetap berhati-hati. Meskipun menguras tenaga dan melelahkan, semua hal tersebut akan terbayar dengan pemandangan luar biasa dari atas bukit. Diatas bukit ini juga merupakan tempat terbaik untuk berfoto. Ada banyak spot foto menarik yang pastinya sayang untuk anda lewatkan.

Befoto dipantai Siung

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung yang berjuluk The Best Rock Climbing Site Yogyakarya ini tentunya memiliki spot foto menarik yang sangat banyak sekali. Keadaan alam pantai Siung yang berada diantara batu karang raksasa dan juga beberap tebing membuat pesona pantai Siung tak ada duanya. Sayang sekali jika berkunjung ke pantai Siung tanpa berfoto-foto. Sangking indahnya pemandangan di pantai Siung, banyak pasangan yang menggunakan pantai Siung sebagai tempat untuk Prewedding. Spot foto terbaik di pantai Siung adalah diatas bukit. Namun harus berhati-hati jika ingin naik tebing, terlebih saat musim hujan.

Menikmati keindahan sunset dipantai Siung

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Selain pemadangan bukit karangnya yang indah, ada pemandangan luar biasa yang juga sayang dilewatkan saat berada dipantai Siung, pemandangan tersebut adalah pemadangan sunset di pantai Siung. Banyaknya batu karang raksasa di pantai Siung membuat sunset dipantai Siung tak hanya indah, namun juga romantis, sangat cocok bagi anda yang datang ke pantai Siung bersama dengan pasangan.

Camping dipantai Siung

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Camping juga merupakan hal menyenangkan yang bisa dilakukan wisatawan di pantai Siung. Dipantai Siung terdapat tempat yang cocok untuk ber camping yaitu di bagian timur pantai. Degan ber camping selain anda bisa melihat keindahan sunset anda juga bisa merasakan angin malam di pantai Siung. 

Dipantai Siung juga terdapat rumah panggung yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan pantai yang lebih luas. Rumah panggung tersebut hanya mampu menampung 15 orang saja, jadi harus bergantiannya. 

Owya  jika anda ingin melakukan camping dipantai Siung, pastikan bawa perbekalan yang dibutuhkan dan yang paling penting adalah untuk menjaga kebersihan pantai. Buanglah sampah ditempat sampah.

Fasilitas pantai Siung

Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Siung memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Sudah ada banyak investor yang menanamkan bisnisnya di pantai Siung. Belum lagi peran pemerintah Yogyakarta yang terus membangun fasilitas di pantai Siung untuk menarik dan memberikan kenyamanan bagi para wisatawan. Beberapa fasilitas pantai Siung adalah area parkir luas, musola, kamar mandi atau kamar bisa, toilet, gazebo, warung makan dengan berbagai menu makanan, pendopo, penginapan dan lain sebagainya.

Lokasi dan rute menuju pantai Siung

Pantai Siung berlokasi di dusun Duwet Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak pantai Siung dengan pusat Kota Yogyakarta yaitu sekitar 75 Km atau kurang lebih 3-4 jam perjalanan. Untuk berkunjung ke pantai Siung ada beberapa rute yang bisa anda lewati. Nah berikut rute menuju pantai Siung.

Dari pusat kota Yogyakarta

Rute pertama yaitu dari pusat kota Yogyakarta, dari pusat kota, anda menuju Piyungan, kemudian Wonosari - dan keselatan menuju ke pantai Baron - masuk jalan mantel - bintaos - tepus - pertigaan wigangun belok kanan menuju pantai Siung. Jarak dari Wonosari sampai Pantai Siung kurang lebih 40 Km, beberapa jalan cukup sempit, berkelok juga naik turun yang membuat perjanan menjadi lebih lama.

Jalur alternatif dari kota Yogyakarta

Jalur kedua ini sebenarnya lebih lama dibandingkan dengan jalus pertama, hanya saja jalur kedua ini melewati pantai-pantai lainnya yang ada diGunung Kidul sehingga akan membuat anda memiliki banyak refrensi untuk berwisata lainnya selain pantai Siung. Rute ini adalah dari Wonosari menuju ke desa Mulo, lurus terus hingga ke pantai Baron. 1 Km sebelum pantai Baron terdapat pertigaan, ambil arah kiri atau ke pantai Kukup, kemudian pantai sepanjang, pantai drini, pantai krakal, pantai sundak, pntai indrayanti, lanjut terus hingga ke tepus, sampai pertigaan winangun ambil arah kanan dan menuju ke pantai Siung.

Jalur dari kelaten

Jika anda dari kelaten anda bisa masuk ke semanu - giripanggung -sumberwungu - klayu - gude - blekonan - winangun hingga akhirnya sampai dipantai Siung.

Jalur dari Solo

Dari Solo anda bergerak ke arah praci, ambil jalan arah kecamatan rangkop atau kecamatan baran. kemudian lanjut ke arah Nglindur, setelah sampai dipertigaan sebelum pasar ngracah, belok kanan, masuk ke pasar jepitu. Kemudian lurus terus hingga ke arah pertigaan wingangun, belok kiri dan menuju ke pantai Siung.

Jika anda masih bingung dengan rute menuju pantai Siung, anda bisa menggunakan pentujuk jalan di google map, atau anda bisa bertanya pada warga disekitar yang anda temui.

Tips berwisata di pantai Siung

Tips berwisata di pantai Siung adalah siapkan kendaraan dalam kondisi fit, dan jaga kesehatan. Siapkan semua perbekalan yang dibutuhkan teruma jika anda ingin menginap. Dalam perjalaan jangan ngebut, selalu utamakan keselamatan, istirahatkan jika lelah atau mengantuk. Selama di pantai Siung jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan.

Demikianlah informasi tentang pantai Siung. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi hari libur anda dan keluarga. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Spot Foto Menarik Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Sejarah, Fasilitas"

Post a Comment