15 Spot Pantai Timang Gunung Kidul Jogja, Haga Naik Gondola, Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket

Pantai Timang Gunung Kidul Jogja - Gunung Kidul Yogyakarta merupakan surganya wisata pantai bagi traveler yang suka dengan wisata pantai. Di Gunung Kidul terdapat banyak sekali wisata pantai Khas pantai Selatan yang lokasinya berjejaran. Bahkan sepanjang pesisir Gunung Kidul merupakan Wisata pantai. Bukan hanya sekedar wisata pantai biasa, namun pantaiy yang ada di Gunung Kidul berbeda dengan wisata pantai yang ada di pantai utara Jawa. Hal ini dikarenakan selain memiliki pasir putih dan bersih, pantai yang ada di Gunung Kidul berlokasi diantara bukit-bukit karang sehingga menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis.

Dengan banyaknya wisata pantai di Gunun Kidul, menghabiskan waktu liburan di Gunung Kidul Yogyakarta merupakan hak yang tepat. Disana anda bisa mengunjungi satu-persatu pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul. Untuk masalah penginapan tak usah khawatir, di Kasawan pantai Gunung Kidul memiliki banyak sekali penginapan atau hotel dengan harga yang bervariasi, anda bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan anda.
Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

Pantai di Gunung Kidul memiliki karakteristik atau keunikan yang berbeda-beda seperti pantai Timang dimana di pantai Timang terdapat ke unikan yang tak di miliki pantai Gunung Kidul lainnya. Keunikan pantai Timang yaitu terdapat kereta gantung yang menghubungkan pantai Timang dengan pulau kecil atau batu karang besar yang terdapat di dekat pantai Timang. Disana pengunjung akan merasakan sensasi naik kereta gantung diatas ombak besar yang pastinya akan menguji adrenalin anda.

Pantai Timang merupakan salah satu pantai yang berlokasi di Gunung Kidul Yogyakarta dengan pemandangan yang luar biasa. Pantai Timang cukup ramai di kunjungi oleh wisatawan, teruma mereka yang suka dengan uji adrenalin. Namun untuk menuju pantai Timang tidaklah mudah. Perjalanan menuju pantai Timang cukup menantang dengan jalan yang terjal dan berbatu. Namun hal tersebut tak menyurutkan niat para wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Timang. Hal ini tak lain karena indahan pantai Timang yang tidak ada duanya.

Pesona pantai Timang Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

Pantai Timang memiliki pesona yang luar biasa yang akan membuat siapapun yang berkunjung kepantai Timang akan takjub. Pantai Timang sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu panta Timang bagian barat dan pantai Timang bagian timur. Pantai Timang bagian barat merupakan bukit-bukit bebatuan yang sangat terjal dan berbatasan dengan lautan atau yang lebih dikenal dengan watu panjang atau pulau Timang. Dipantai bagian inilah terdapat kereta gantung atau gondala yang merupakan daya tarik utama dari pantai Timang itu Sendiri.

Sedangkan pantai Timang bagian timur merupakan hamparan pasir yang luas dan cantik yang sangat cocok bagi anda yang suka bermain pasir pantai. Dari sini pengunjung akan menemukan banyak spot foto menarik yang tidak akan ditemukan di pantai lainnya. Banyaknya tebing-tebing tinggi atau batu karang raksasa menjadikan pemandangan di pantai Timang ini sungguh eksotis dan tidak ada duanya. 
Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

Pantai Timang memang memiliki pemandangan luar biasa dan tidak ada duanya. Namun untuk menuju pantai Timang tidaklah mudah. Jalan menuju pantai Timang terkenal sangat sulit dengan jalanan yang berkelok, terjang dan berbatuan. Kondisi jalan yang sangat ekstrim mengharuskan pengendara harus berhati-hati dan selalu focus dalam berkendara. Namun semua ketegangan selama perjalanan akan terbayar lunas dengan pemandangan indah di pantai Timang.

Pesona pantai Timang tidak hanya hamparan pasir putih dengan air lautnya yang jernih saja, namun juga berbagai batu karang raksasa yang menjadikan pemandangan di pantai Timang berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Terlebih dengan adanya kereta gantung atau gondala yang tidak akan ditemukan di pantai lainnya. Dengan menaiki kereta gantung atau gondala, pengunung akan merasakan sensasi uji nyali menyebrang pantai menuju pulau Timang. Namun hal ini cuma berlaku bagi anda yang pemberani saja, bagi yang takut ketinggian sangat tidak disarankan naik gondala.

Untuk pergi ke pantai Timang baiknya pengunjung menggunakan jaket. Hal ini dikarenakan kondisi dipantai Timang anginnya sangat kencang, dan bagi anda yang memiliki kondisi daya tahan tubuh lemah bisa mudah terkenal masuk angin.

Daya tarik pantai Timang

Setipa pantai yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri, begitu juga dengan pantai Timang. Pantai Timang memiliki daya tarik yang tidak akan ditemukan di pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Nah berikut daya tarik pantai Timang bagi wisatawan.

Baca juga : 15 Spot foto keren di pantai Baron 

Gondala atau kereta gantung

Hal yang paling menarik di pantai Timang tak lain karena adanya kereta gantung atau masyarakat sedikitar menyebutnya gondala. Gondala atau kereta gantung di pantai Timang ini terbuat dari kayu akasia. Sebelum dijadikan sebagai salah satu daya darik wisatan, gondala atau kereta gantung tersebut dulunya merupakan alat yang digunakan para nelayan atau petani untuk menyebrang ke pulau Timang untuk mencari lopster. 

Pantai Timang Gunung Kidul Jogja
Kereta  gantung atau gondala dulunya dibangun pada tahun 1997 oleh 6 warga sekitar yaitu Siswanti, Warno, Sartono, Warsito, Supriyanto Dan Tukijan. Gondala atau jembatan gatung tersebut dibuat selama kurang lebih 3 minggu dengan melalui beberapa proses pengujian.

Baca juga : 10 spot foto keren pantai Kukup Gunung Kidul Yogyakarta

Awal mula pembuatan gondala atau jembatan gantung adalah Warno yang merupakan mantan pelaut dengan beberapa teman-temannya pergi ke pantai Siung. Warno turun kelaut dan berenang sambil membawa tambang untuk merancang penopang gondala. Berkat kegigihan Warnoa dan kelima temannya tersebut, akhirnya gondala bisa digunakan dan dijadikan sebagai tempat wisata pada tahun 2012 hingga sekarang. 
Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

Gondala atau kereta gantung tersebut sangat menunjang kegiatan warga sekitar yang mayoritas adalah petani lobster. Dipulau Timang banyak warga yang memancing lopster. Pulau Timang ini merupakan surganya Lobster, dalam sehari, warha dapat menangkap lobster sekitar 35 hingga 70 kg lobster. Namun ketika tahun 2000an, hasil pemancingan menyusut tajam sehingga membuat harga lobster naik derastis yang dari awalnya berharga 15 rb per kilo menjadi diatas 250 ribu per kilo. Bahkan ada yang diatas 500 ribu per kilonya.

Gondala atau Kereta gantung di pantai Timang awalnya geratis. Namun, dengan seiring berjalanannya waktu, warga mematok harga 200 ribu untuk pengunjung yang ingin merasaka sensasi menyebrang lautan menggunakan gondala atau keretagantung. Hal tersebut memang cukup mahal, namun setimpa dengan tenaga warga yang digunakan untuk menarik gondala atau kereta gantung tersebut.

Baca juga : Spot foto terbaik di pantai Indrayanti 

Naik gondala atau kereta gantung ini akan memberikan sensasi pengalaman yang tak akan terlupakan. Namun,bagi anda yang takut ketinggian sangat tidak disarankan untuk naik gondala. Terlebih untuk bisa naik gondala harus satu orang setiap penyebrangan. Namun tak perlu khawatir, anda bisa berfoto dengan gondala dengan tarif 50 ribu rupiah saja.

Gondala atau kereta gantung tersebut berjarak sekitar 98 meter dengan ketinggian sekitar 9-11 meter dari permukaan laut. Anda akan merasa seperti terbang saat berada diatas gondala. Hal ini sangat menguji adrenalin dimana di bawah gondala merupakan air laut dengan ombak yang sangat besar. Hal ini akan membuat jantung anda terpacu cepat ketika ada hembusan angin yang kencang, keadaan gondala yang hanay di topang dengan 9 tali akan bergoyang-goyang saat ada angin besar. 

Namun semua ketegangan dan ketakutan akan terbayar lunas ketika anda telah sampai di pulau Timang. Dipulau Timang anda akan dibuat takjub dengan keindahannya. Berdiri di karang raksasa dan curam dengan lautan biru dan ombak besarnya seperti tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Di pantai Timang ini anda bisa berselfie atau berfoto sepuasnya yang kemudian anda bagikan ke media sosial, pasti akan membuat semua teman anda iri dengan anda.

Jembatan gantung di pantai Timang

Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

Setelah sukses menarik banyak wisatawan dengan adanya gondala atau kereta gantung yang menguji adrenalin, pihak pengelola pantai akhirnya membuat jembatan gantung yang fungsinya sama dengan gondala yang telah dibuka ditahun 2018. Jembatan gantung tersebut terbuat dari kayu sepanjang 200 meter dengan menggunakan tambang sebagai penopangnya.
Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

Meskipun tak sengeri naik gondala, tetap saja menyebrang menggunakan jembatan gantung di pantai Timang akan menguji adrenalin anda. Dengan keadaan angin yang cukup kencang akan membuat jembatan selalu bergoyang-goyang. Hal ini yang kerap membuat wisatawan yang ingin menyebrag ke pulau timang kembali lagi meski baru beberapa melangkah di jembatan gantung tersebut.

Baca juga : 20 spot foto keren pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Untuk merasakan sensari menyebrang pulau Timang dengan jembatan gantung anda perlu merogoh kocek sebesar 100 ribu saja, lebih murah dari gondala atau kereta gantung, namun tetap saja sama dalam soal menguji adrenalin.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan dipantai Timang

Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Timang tak lain adalah merasakan sensasi menyebang ke pulau Timang dengan menggunakan gondala atau jembatan gantung. Namun selain kedua hal tersebut, ada hal menyenangkan lain yang bisa dilakukan di pantai Timang seperti bermain pasir dan berfoto. Dipantai Timang ada banyak sekali spot foto menarik karena pantai Timang memiliki pemandangan yang sangat indah. Sayangnya di pantai Timang pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang karena ombaknya yang sangat besar dan berbahaya.

Wisata kuliner dipantai Timang

Wisata kuliner di pantai Timang juga berbeda dengan kuliner yang ada dipantai-pantai lainnya. Di pantai Timang anda bisa langsung membeli lobster dari petani langsung dan langsung bisa mencicip lobster tersebut. Dengan 350 ribu, anda bisa menikmati paket murah lobster untuk 4 orang. Cukup murah sekali bukan.
Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

Namun, baiknya jika anda ingin berkunjung ke pantai Timang, lebih baik membawa bekal sendiri dari rumah. Hal ini dikarenakan di pantai Timang belum banyak penjual makanan seperti pantai-pantai gunung kidul lainnya. 

Lokasi pantai Timang

Pantai Timang terletak di dusun Dangolo Desa Purwodadi kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Timang berjarak sekitar 50 Km dari pusat Yogyakarta atau bisa ditempuh dengan kendaraan sekitar 3 jam perjalanan. Pantai Timang diantara pantai Sundak dan pantai Siung. Jalan menuju pantai Timang cukup sulit, terlebih bagi anda yang belum pernah ke pantai Timang.

Rute menuju pantai Timang

Pantai Timang Gunung Kidul Jogja

Rute menuju pantai Timang cukup sulit dan menantang, untuk itu dipastikan kendaraan anda dalam kondisi fit sebelum melakukan perjalanan menuju pantai Timang. Ada beberapa rute perjalanan yang bisa anda gunakan untuk menuju pantai Timang. Berikut rute menuju pantai Timang.
  • Rute dari Yogyakarta - jl wonosari - jl nasional lll - jalan baron - jalan tepus - jalan pantai selatan jawa menuju pantai siung - Pantai Timang
  • Rute alternatif - Yogyakarta - Jalan wonosari -  Jalan simpang lima baleharjo ambil kanan - Jalan KRT Djoyodiningrat - jalan Girisubo - Hargosari - Ngestirejo - Sidoharjo - Tepus - Porwodadi - Dukuh Danggolo - Danau Jurug - Pantai Timang.
  • Rute Wonosari - Jalan Baron - jalan tepus - jalan pantai selatan jawa menuju pantai siung - Pantai Timang
  • Rute alternatif - Wonosari - Arah pantai Baron - Pertigaan mulo ambil kiri - Arah pantai Siung - Pasar Dakbong - Pantai Timang
Untuk jalan alternatif Wonosari jalannya cukup jelek dan tidak beraspal, jadi harus berhati-hati. Jika anda masih bingung anda bisa menggunakana google map atau bertanya pada warga setempat yang anda temui. 

Tips dan saran berwisata ke pantai Timang

Pantai Timang memang dikenal akan keindahan alamnya yang luar biasa. Namun, perjalan menuju pantai Timang tidaklah mudah, banyak jalan terjang dan berbatu yang menyulitkan, sehingga pastikan kendaraan anda dalam kondisi fit sebelum digunakan untuk perjalanan. Selalu utamakan keselamatan dan istirahatlah jika merasa ngantuk atau lelah. Jangan lupa bawa perbekalan karena di pantai Timang belum banyak orang berjualan. Sesampai dipantai Timang selalu jaga kebersihan da jangan buang sampai disembarang tempat.

Demikianlah informasi tentang Spot Pantai Timang Gunung Kidul Jogja. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi hari libur anda bersama sahabat atau keluarga tercinta. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Spot Pantai Timang Gunung Kidul Jogja, Haga Naik Gondola, Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket"

Post a Comment