Indahnya Pantai Moro Dari Atas Mercusuar Rowosari Kendal

Indahnya Pantai Moro - Pantai Moro merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang ada dikabupaten Kendal Jawa Tengah atau lebih tepatnya di desa Gubugsari Gempolsari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Pantai Moro berada di kecamatan Rowosari, namun banyak orang beranggapan kalau pantai Moro masih dalam lingkungan kecamatan Weleri. Lokasi Pantai Moro sendiri masih satu lokasi dengan pantai Cahaya Sikucing dan Pantai Sendang Sikucing.

Pantai Moro bagi sebagian wisatawan memang masih terdengar asing, karena pantai Moro memang tergolong pantai yang masih baru dan belum dipromosikan oleh pemerintah setempat. Namun, bagi warga Kendal dan Batang, terutama warga Rowosari, pantai Moro sangatlah populer, apalagi bagi kaum mudanya. Hal ini dikarenakan banyaknya anak muda yang berkunjung ke pantai Moro.
pantai Moro

Pantai Moro berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Ada ciri khusus di pantai Moro yang menjadi caya magner wisatawan untuk mengunjungi pantai Moro. Ya, adanya mercusuar dipantai Moro yang menjadikan pantai Moro terkenal dan banyak dikunjungi. Banyak anak muda yang naik ke atas mercusuar untuk menikmati keindahan alam sekaligus untuk berselfie dari atas mercusuar.

Awal mula pantai Moro


Pantai Moro sendiri sebenarnya bukanlah tempat wisata. Namun karena banyak warga sekitar terutama anak muda yang berselfie diatas mercuseuar dan di uploud dimedia sosial membuat pantai Moro menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan. Banyak wisatawan yang berdatangan untuk bisa merasakan sensasi berada diatas mercusuar yang menjulang tinggi ke langit sekaligus berselfie sebagai kenang-kenangan atau untuk berlomba-lomba uploud dimedia sosial.

Daya tarik pantai Moro


Daya tarik pantai Moro yang utama tak lain adalah adanya mercusuar yang menjulang tinggi ke langit. Mercusuar ini menjadi ikon pantai Moro. Pengunjung yang datang kepantai Moro pasti bertujuan untuk bisa berselfie diatas mercusuar. Memang dari atas mercusuar terlihat pemandangan yang luar biasa. 


Mercusuar tersebut merupakan menara milik menteri perhubungan laut yang bernama menara suar tg. celong. Menara dengan tinggi 40 meter tersebut sudah tidak digunakan, hingga akhirnya banyak digunakan untuk bermain anak-anak muda yang tinggal disekitar pantai. Dengan adanya media sosial, maka keberadaan pantai ini langsung viral dan membuat pantai ini ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Baca juga : Pesona dan lokasi pantai Ngebum Kaliwungu Kendal

Pemandangan yang terlihat dari atas mercusuar memang sangat indah sekali, namun perlu anda perhatikan. Tidak mudah untuk bisa menaiki mercusuar setinggi 40 meter tersebut. Keadaan menara yang sudah usang dan tak terpakai ditambah lagi tak adanya pengamanan serta tangga yang tak sampai bawah akan membuat siapapun kesulitas untuk bisa naik ke atas, karena halus meloncat, selain itu anda juga harus melompati pagar terlebih dulu. Kecuali mereka yang memang memiliki nyali dan adrenalin diatas rata-rata. Nah untuk itu, bagi anda yang takut ketinggian dan tak pandai memanjat baiknya jangan naik ke atas mercusuar karena memang sangat berbahaya. Saya sendiri yang terbiasa naik tangga agak merinding ketika naik ke mercuseuar tersebut.

Hal menarik yang bisa dilakukan dipantai Moro


Hal menarik pertama yang bisa kita lakukan pantai Moro tak lain adalah memanjat menara mercusuar dan berselfie diatas menara. Namun ini tidak untuk direkomendasikan. Meskipun menara mercusuar menjadi ikon pantai Moro, bukan berarti pengunjung wajib naik ke atas menara tersebut. Bagi yang berani saja yang ingin naik diatas menara mercusuar, itupun harus ekstra hati-hati karena sangat berbahaya dan tanpa adanya pengamanan sama sekali.
pantai Moro

Hal menarik lainnya selain naik keatas menara mercusuar, pengunjung juga bisa bermain pasir. Pantai muara memiliki hamparan pasir yang cukup luas sehingga cocok untu bermain pasir ataupun bermain voli pantai. Keadaan yang tidak begitu ramai membuat pengunjung sangat leluasa.

Hal yang paling diinginkan ketika berwisata di pantai adalah berenang. Pantai Moro yang berada diutara pantai Jawa tentunya memiliki ombak yang tidak besar sehingga aman untuk bermain air serta berenang. Namun tetap hati-hati dan jangan terlalu mentengah berhubung keadaan pantai yang sepi jika anda tenggelam kemungkinan tidak ada yang akan menolong.

Baca juga : Pesona pantai Muara kencan yang cocok untuk berkencan

Memancing juga menjadi kegiatan menarik dipantai Moro. Pantai Moro merupakan pertemuan antara sungai Koto dengan lautan yang membuat banyak warga memancing dipertemuan air tawar dan air laut tersebut. Ada beberapa ikan besar yang biasa ditangkap oleh para pemancing, saya sendiri pernah memancing pantai Moro.

Fasilitas dipantai Moro

pantai Moro

Pantai Moro sebenarnya bukanlah tempat wisata. Namun karena banyaknya foto pengunjung diatas menara mercusuar yang viral menjadikan pantai Moro ramai dikunjungi oleh wisatawan. Nah, berhubungan pantai Moro sebenarnya bukan tempat wisata, jadi dipantai Moro tidak ada fasilitas sama sekali. Dipantai Moro hanya ada warung makan, itupun hanya satu saja untuk melayani para nelayan dan para memancing.

Tiket masuk ke pantai Moro

Seperti yang telah dijelaskan diatas, pantai Moro sebenarnya bukanlah tempat wisata, jadi tidak ada biaya tiket masuk. Hanya saja kita dikenakan biaya parkir motor yaitu 2 ribu rupiah. Namun entahlah jika sekarang sudah diterapkan biaya parkir masuk ke pantai Moro.

Lokasi dan rute menuju pantai Moro

Pantai Moro berlokasi didesa Gubuksari Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Untuk menuju ke pantai Moro, cukup mudah karena rutenya sama persis dengan pantai Cahaya dan pantai Sendang Sekucing. Bagi anda yang berada di wilayah Weleri, Kendal, Batang pasti sudah hafal dengan rute menuju pantai Moro. Namun bagi anda yang datang dari jauh mungkin agak sedikit kebingungan. Untuk menuju pantai Moro, pertama anda lewat jalan pantura dan menuju ke Taman kota Weleri. Setelah itu ambil arah ke utara atau arah ke pantai Cahaya. Ikuti saja jalan tersebut atau rute ke pantai Cahaya. Setelah sampai digerbang pasar tawang ada pertigaan kecil anda ambil arah kebarat atau arah menuju ke TPI (tempat pelelangan ikan) Jika anda ambil arah ketimur anda akan menuju ke pantai Cahaya dan Pantai Sendang Sekucing. Setelah sampai di TPI (tempat pelelangan ikan, anda ambil jalan ke kanan atau kelaut, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai ke pantai Moro.

Akses menuju pantai Moro awalnya sangat bagus, namun setelah anda melewati TPI atau tempat pelelangan ikan, anda akan melewati persawahan dan tambak-tambak ikan dengan jalan yang aduhai seperti naik perahui, jadi sebelum anda datang ke pantai Moro baiknya persiapkan kendaraan anda dalam kondisi fit karena memang jalanya sangat susah. Dan bagi anda yang ingin kepantai Moro jangan bawa mobil, karena selain jalannya yang parah, mobil juga tak bisa masuk. Baiknya gunakan motor atau sepeda untuk menuju ke pantai Moro.

Tips dan saran untuk berwisata dipantai Moro

Tips untuk berwisata ke pantai Moro adalah anda harus persiapkan motor dan fisik yang prima, berhubung jalan menuju pantai Moro sangatlah sulit. Anda juga diharuskan membawa bekal snediri, karena disana hanya terdapat satu warung itupun kadang buka kadang tidak. Untuk menuju ke pantai Moro baiknya anda jangan datang sendiri, baiknya datang bergerombol minimal 4 orang. Hal ini dikarenakan kondisi jalan yang rusak serta sepi dan juga keadaan pantai yang sangat sepi. Dengan datang beramai-ramai akan mencegah terjadinya sesuatu yang tak diinginkan. Hal yang tak boleh lupa juga  adalah persiapkan karmera, jangan sampai anda datang ke pantai Moro tanpa membawa kamera, karena sangat disayangkan jika datang kepantai Moro tanpa mengabadikan moment disana.

Demikianlah informasi tentang wisata pantai Moro dengan mercusuarnya. Semoga menjadi inspirasi untuk liburan anda bersama sahabat tercinta. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indahnya Pantai Moro Dari Atas Mercusuar Rowosari Kendal "

Post a Comment