Keindahan Pulau Karimunjawa : Surga Tersembunyi Di Selat Jawa, Lokasi, Sejarah, Fasilitas, Tiket Masuk

Keindahan Pulau Karimunjawa - Pulau atau kepulauan Karimunjawa merupakan kepulauan yang ada ditengah laut Jawa yang masih termasuk dalam kabupaten Jepara Jawa Tengah. Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau kecil dengan hanya 5 saja yang berpenguhuni. Pulau Karimunjawa memiliki keindahan alami yang luar biasa sehingga dikembangkan oleh pemerintah menjadi pesona wisata laut yang saat ini sangat digemari oleh wisatawan baik lokal maupun mancaneraga.
Keindahan Pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa sangat populer dikalangan bagi para pelesir yang suka sekali dengan wisata laut. Tidak hanyat dikenal oleh masyarakat Indonesia saja, namun juga banyak wisatawan luar negeri yang berwisata di pulau Karimunjawa. Pulau Karimunjawa sendiri merupakan salah satu surga di Indonesia selain pulau Dewata Bali.

Pantai Karimunjawa memiliki gradasi warna air biru kehijaun yang masih sangat bening seperti kristal. Belum lagi alam bawah lautnya yang memiliki banyak ekosistem laut. Tidak hanya wisata pantai saja, di pulau Karimunjawa, pengunujung akan menemukan banyak wisata alam lainnya. 
Keindahan Pulau Karimunjawa

Seperti halnya tempat-tempat wisata lainnya, dipulau Karimunjawa juga memiliki daya tarik tersendiri yang menjadi magnet bagi para wisatawan. Daya tarik utama dari pulau Karimunjawa adalah pulau-pulaunya yang memiliki pemandangan indah dan suasana yang menyenangkan. Kawasan pulau karimujawa memiliki ombak yang cukup tenang dengan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Hal ini yang menjadikan pulau Karimunjawa menjadi spot terbaik di Jawa Tengah untuk Snorkling.
Keindahan Pulau Karimunjawa

Meskipun untuk menuju pulau Karimunjawa dibutuhkan jarak tempuh yang cukup jauh dengan biaya yang cukup besar, pulau karimunjawa tetap menjadi destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terlebih saat akhir pekan atau saat hari libur. Biasanya wisatawan akan berkunjung dipulau Karimunjawa selama 3 hari hingga satu minggu. Hal ini wajar karena Karimunjawa memiliki 27 pulau yang tentunya tak akan cukup jika di jelajahi hanya dalam waktu satu hari saja. 

Sejarah pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa dulunya ditemukan oleh salah satu wali yang tergolong dalam wali songo yang sangat populer sekali yaitu sunan Muria. Dahulu Sunan Muria sangat priahatin dengan kenakalan putranya yang bernama Amir Hasan atau Sunan Nylamplung. Dengan bermaksud untuk mendidik putranya, kemudian Sunan Muria meminta bantuan sunan kudus untuk mendidik anaknya. Dengan metode pengajaran Sunan Kudus, putra Sunan Muria menjadi sangat baik dan menguasi ilmu agama islam dengan baik. Kemudian sunan Muria menyuruh putranya untuk pergi kesebuah pulau yang nampak "krumun-krumun" yang dilihat dari puncak gunung Muria. Disana putra Sunan Gunung Muria akan berdakwah dan memperdalam ilmu agama, karena nampak kremun-kremun maka kemuadian, kepulauan tersebut dinamakan kepulauan Karimun. 
Keindahan Pulau Karimunjawa

Dalam perjalanan menuju pulau Karimunjawa, Amir Hasan didampingi oleh 2 pria yang membawa 2 lembar pohon nyamplung. Setelah melakukan perjalanan cukup panjang, akhirnya Amir Hasan sampai di pulau Karimunjawa, karena Amir Hasan membawa pohon nyamplung dan ditaman disana sehingga dipulau Karimunjawa tumbuh banyak pohon Nyamplung, maka karena hal inilah Amir Hasan dikenal sebagai Sunan Nyamplung.

Baca juga : Pesona pantai Benteng Portugis yang kaya akan nilai sejarah dan cerita ghaibnya

Karena memiliki potensi wisata alam yang menrarik, kemudian pulau Karimunjawa ditetapkan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah Jepara pada tanggal 15 Maret 2001. Kepulauan Karimunjawa merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, sertta sekitar 400 spesies ikan laut, 242 diantaranya merupakan ikan hias. Pulau Karimunjawa juga menjadi rumah bagi fauna langka seperti Elang laut dada putih, penyu sisik, penyu hijau dan lain sebagainya.

Pulau Kariumunjawa memiliki keunikan yang tidak ditemukan di tempat lainnya yaitu tumbuhan Dewandaru yang memang hanya tumbuh di pulau Karimunjawa. Namun, wisatawan harus berhati-hati dengan tamanan tersebut. Konon menurut warga setempat jika pengunjung memetik atau membawa pulang tumbuhan tersebut, maka kapal yang anda tumpangi saat pulang akan tenggelam.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pulau Karimunjawa

Keindahan Pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa selain memiliki pemandangan yang indah, dipulau Karimunjawa wisatawan juga dapat melakukan banyak hal yang menyenangkan yang mungkin tak akan bisa dilakukan ditempat wisata lainnya. Bebebarap hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Karimunjawa dianataranya adalah sebagai berikut.

Menelurusi pantai-pantai yang ada dipulau Karimunjawa

Keindahan Pulau Karimunjawa

Hal menyenangkan pertama yang bisa anda lakukan saat dipulau Karimunjawa adalah menelusuri pantai-pantai yang ada di pulau Karimunjawa. Dipantai Karimunjawa wisatawan akan merasakan suasana yang berbeda. Pantai Karimunjawa memiliki pemandangan indah dengan pasir putih dan juga air lautnya yang jernih membuat rasa lelah karena perjalan jauh menuju pantai pulau Karimunjawa hilang dalam sekejap.

Treking hutan mangrove dipulau Karimunjawa

Keindahan Pulau Karimunjawa

Tidak hanya pantainya saja yang indah, dipulau Karimunjawa, wisatawan juga akan menemukan hutan mangrove. Kita bisa melakukan treking menembus hutang mangrove yang memanjakan mata. Jangan lupa bawa kamera karena disini anda akan menemukan banyak spot foto menarik yang sayang jika dilewatkan. Namun sebelum melakukan traking di hutan mangrove, baiknya gunakan lotion anti nyamuk, karena dihutan mangrove akan ada banyak nyamuk. 

Menikmati keindahan alam bawah lautnya

Keindahan Pulau Karimunjawa

Tidak hanya pantainya saja yang indah, pemandangan alam bawah laut dipulau Karimunjawa juga sangat cantik. Selain ada banyak jenis terumbu karang, di laut pulau Karimunjawa juga ada banyak sekali spesies ikan hias yang akan memanjakan mata anda. Anda bisa berfoto sepuasnya dibawah laut bersama ikan-ikan hias yang ada disana. Tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi anda.

Berenang dengan ikan hiu dan penyu diKarimunjawa

Keindahan Pulau Karimunjawa

Hal berbeda yang ada di pulau Karimunjawa yang tidak akan ditemukan di tempat wisata lainnya adalah di pulau karimunjawa wisatawan bisa berenang dengan ikan hiu dan penyu. Dipulau karimunjawa atau lebih tepatnya dipulau Tengah dan pulau Memanjang Besar ada penangkaran ikan hiu dan penyu dimana pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan satwa tersebut.

Memancing di karimunjawa

Tidak hanya sebagai tempat wisata saja, namun di pulau Karimunjawa juga merupakan surganya bagi para memancing. Ada spot menarik untuk memancing di pulau Karimunjawa. Bahkan dipulau Karimunjawa sering diadakan event lomba memancing. Pengunjung juga bisa langsung mengkonsumsi ikan hasil pancingan di pulau Karimunjawa.

Nongkrong dan jalan-jalan dialun-alun Karimunjawa

Keindahan Pulau Karimunjawa

Dipulau Karimunjawa juga terdapat alun-alun yang sangat ramai. Disana wisatawan dapat menikmati berbagai macam kuliner lezat aneka masakan laut dengan harga yang pastinya sangat murah. Disana juga terdapat pasar souvenir khas pulau Karimunjawa yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh atau kenangan untuk sahabat yang tidak ikut berwisata dipulau Karimunjawa.

Baca juga : Keindahan pantai Bandengan Jepara, lokasi, fasilitas, harga tiket masuk

Sebagai info saja, selama dipulau Karimunjawa, anda pasti membutuhkan motor berkeliling atau berjalan-jalan di pulau Karimunjawa. di pulau Karimunjawa ada penyewaan motor dengan biaya 70rb/12 jam. Memang agak mahal, namun bagaimanapun anda pasti membutuhkannya selama di pulau Karimunjawa.

Menelusuri pulau-pulau kecil di kepualauan Karimunjawa

Keindahan Pulau Karimunjawa

Karimunjawa merupakan kepualauan yang terdiri dari 27 pulau kecil dengan setiap pulau menyimpan keindahan alam tersendiri. Untuk berwisata mengelilingi pulau-pulau kecil yang ada di Karimunjawa, anda bisa menyewal kapal motor dengan biaya sekitar 500 ribu hingga 600 ribu yang bisa menampung sekitar 20 orang. Hal ini sangat cocok sekali untuk liburan bersama rombongan.

Perayaan yang sering diadakan di pulau Karimunjawa

Dikarimunjawa juga sering diadakan perayaraan, ada dua perayaan besar yang diadakan dipulau Karimunjawa, diantaranya adalah 

Perayaan Festival barikan kubro


Keindahan Pulau Karimunjawa
Perayaan festival barikan kubro merupakan festival sakral dan penting untuk dilakukan dan sudah dilakukan secara turun-menurun. Festival barikan kubro merupakan festival sebagai rasa syukur atas hasil laut dan bumi yang telah diberikan kepada masyarakat tertinggal dikarimunjawa.

Baca juga : Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara : Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Kuliner

Tidak hanya dirayakan oleh masyarakat Karimunjawa saja, fesitival ini juga dirayakan oleh masyarakat Jepara  setiap tahunnya. Tidak hanya hasil bumi seperti sayuran dan buah-buahan saja, namun juga hasil laut yang langsung digantungkan dan diarak bersamaan dengan tumpeng. Selayaknya festival pada umumnya, Hal yang sering direbutkan adalah kacang hijau dan garam yang ada dipuncak tumpeng. Warga percaya bahwa kacang hijau dan garam yang ada pada puncak tumpeng dapat menolak balak atau hal yang tidak baik.

Karimunjawa Sail

Keindahan Pulau Karimunjawa

Festival perayaan besar kedua yang juga diadakan di pulau Karimunjawa adalah festival Karimunjawa sail yaitu acara tahunan kabupaten Jepara untuk meningkatkan hasil kerja sama baik dari kementrian kelautan dan masyarakat. Acara ini berupa menamilkan budaya dan kesenian khas karimunjawa. Dalam festival ini, hasil laut akan diarak dan ditampilkan yang kemudian akan dipilih oleh kementrian sebagai bahan yang bisa dijual dan menjadi tumpuan untuk kenaikan ekonomi dan potensi wisata dipulau Karimunjawa.

Baca juga : 10 Spot Foto Keren Pantai Bondo Jepara : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Kuliner

Spot foto menarik dan paling populer di pulau Karimunjawa

Karimunjawa terdiri dari pulau-pulau dengan total ada 27 pulau. Ada banyak spot foto menarik yang wajib anda kunjungi saat berada di Karimunjawa. Nah berikut beberapa spot foto menarik dan paing terkenal di Karimunjawa.

Pantai Ujung Gelam


Keindahan Pulau Karimunjawa
Pantai Ujung Gelam merupakan salah satu pantai yang terletak diKarimunjawa. Keistimewaan pantai Ujung Gelam adalah keindahan sunsetnya. Keindahan matahari terbenam dari pantai Ujung Gelam memang sangat menawan dengan ditambah hamparan pasir putih yang luas. Ditempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu sore hari bersama teman-teman untuk menikmati sunset sambil menikmati es kelapa muda yang banyak dijual diwarung-warung dipantai Ujung Gelam.

Pantai Barakuda


Keindahan Pulau Karimunjawa
Pantai Barakuda merupakan pantai yang berada di salah satu pulau yang ada di Karimunjawa yaitu pulau Kamujan. Pantai di pulau Kamujan sangat indah dengan air lautnya yang jernih serta banyak bebatuan yang menggoda siapapun untuk mandi di pantai ini. Jika anda ingin bermalam di pulau Kamujan ada penginapan berupa resort yang nampaknya cukup mahal.

Pantai Nirwana

Keindahan Pulau Karimunjawa
Pantai Nirwana adalah pantai terpanjang yang ada dikepulauan Karimunjawa. Pantai Nirwana terdapat di sebelah timurr pulau Karimunjawa. Suasana pantai Nirwana sebenarnya tidak jauh beda dengan pantai lainnya yang ada di Karimunjawa. Yang menjadikan pantai ini unik adalah banyaknya pohon kelapa yang tumbuh disekitar pantai yang membuat pemandangan semakin eksotis.

Pantai Batu Topeng

Keindahan Pulau Karimunjawa
Pantai Batu Topeng merupakan pantai yang terletak di sebelah utara pantai Tanjung Gelam dan masih satu garis pantai dengan Pantai Tanjung Gelam. Pantai ini dinamakan pantai Batu Topeng karena dipantai ini terdapat banyak batu besar seperti topeng.

Pantai Segon Lele


Keindahan Pulau Karimunjawa
Pantai Segon Lele sebenarnya tak jauh beda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Karimunjawa. Namun dipantai ini wisatawan akan  menemukan banyak gosong atau gundukan pasir ditengah laut yang menjadi primadona diKarimunjawa.

Hutan mangrove yang romantis di pulau Kemujan


Keindahan Pulau Karimunjawa
Bagi anda yang ingin menemukan tempat romantis sekaligus spot foto menarik, anda bisa berkunjung ke pulau Kemujan. Disana ada hutan mangrove yang terdapat track kayu sepanjang 2 Km yang digunakan pengunjung untuk berjalan-jalan sambil melihat indahnya pemandangan. Ditempat ini pengunjung akan menemukan banyak spot foto yang menarik.

Pulau Menjangan Kecil


Keindahan Pulau Karimunjawa
Pulau Menjagan kecil merupakan salah satu spot paling menarik di kepulauan Karimunjawa. Pemandangan bawah lautnya yang sangat memikat membuat pulau ini menjadi surga bagi pengboby snorkling. Keberadaan terumbu karang dan ikan-ikan kecil membuat pemandangan bawah laut menjadi sangat mempesona. Untuk bisa mencapai pulau ini, wisatawan bisa naik kapal motor dari pulau Karimunjawa selama kurang lebih 30 menit. Di pulau uni sudah ada penginapan, sehingga bisa bermalam dipulau ini.

Pulau Geleang


Keindahan Pulau Karimunjawa
Pulau Geleang juga merupakan spot foto menarik yang sayang untuk anda lewatkan. Pulau cantik tidak berpenghuni, namun siapapun yang datang ke pulau ini terasa tak ingin pulang. Hal ini dikarenakan keindahan pemandangan yang ada dipulau ini.

Pulau cilik

Keindahan Pulau Karimunjawa
Pulau cilik juga salah satu pulau di karimunjawa yang memiliki pemandangan indah yang sayang untuk dilewatkan. Pulau ini memiliki ombak yang sangat tenang dengan berbagai macam terumbu karang dan ikan didalam lautnya. Pulau ini juga sangat cocok bagi anda yang suka snorkling. Dipulau ini terdapat dermaga kayu yang merupakan spot foto terbaik di pulau ini. Banyak pengunjung yang berpose di dermaga kayu tersebut.

Pulau Cemara besar

Keindahan Pulau Karimunjawa
Pulau Cemara besar juga merupakan pulau yang tak berpenghuni dikawasan Karimunjawa. Lokasi pulau ini berada di sebelah timur pulau Karimunjawa dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dengan menggunakan kapal motor. Pantai di pulau ini sangat dangkal sehingga kapal tak bisa bersandar, kapal hanya bisa bersandar di bebatuan yang ada disekitar pantai. Disebelah pulau ini ada pulau cantik juga yang disebut pulau Cemara Kecil.

Bukit Love


Keindahan Pulau Karimunjawa
Bukit love juga merupakan spot foto paling menarik yang paling sering digunakan para wisatawan untuk berselfie. Tempat ini sangat cocok berfoto bagi anda yang berlibur berpasangan. Suasana tropis dengan pemandangan yang indah akan memberikan kesan romantis.

Fasilitas wisata pulau Karimunjawa

Wisata pulau Karimunjawa sangat populer hingga kemancagera, pulau Karimunjawa tak pernah sepi dari pengunjung, untuk itu fasilitas yang ada di pulau Karimunjawa sudah lengkap, semua sudah ada dipulau Karimunjawa. Dipulau Karimunjawa terdapat berbagai macam penginapan dengan tarif berbeda-beda sepert hotel, homestay, maupun villa.

Baca juga : Wisata religi di pantai pulau Panjang Jepara

Untuk sekedar info saja, letak karimun terpisah dengan kota, maka pasokan listrik masih sangat terbatas. Listrik disana hanya menyala dari jam 6 sore hingga jam 6 pagi, untuk itu selam disana anda harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Untuk masalah kuliner anda tidak perlu khawatir, di Karimunjawa ada banyak sekali warung makan dengan berbagai menu makanan yang pasti harganya sangat murah.

Lokasi pulau Karimunjawa

Pulau Karimunjawa terletak di laut Jawa yang masih dalam kabupaten Jepara. Untuk bisa menuju ke pulau Karimunjawa, wisatawan bisa melalui pelabuhan yang ada di Jepara, atau pengunjung bisa melewati tempat wisata pantai Kartini, disana tersedia banyak kapal atau perahu yang biasa mengantar pengunjung yang ingin pergi ke pulau Karimunjawa. Jarak pulau Karimunjawa dengan Jepara sekitar 83 Km, wisatawan bisa menggunakan kapal feri siginjai yang setiap hari senin, rabu dan sabtu jam 8 pagi. Harga tiket kelas ekonomi yaitu 45 ribu dengan memerlukan waktu sekitar 4 jam perjalanan.

Untuk perjalanan dari Karimunjawa ke Jepara jadwal kapalnya yaitu hari Selasa, kamis, Jum'at dan Minggu. Selain kapal Siginjai masih ada beberapa kapal lainnya yaitu KMC Bahari 9C yang berangkat setiap hari senin, selasa, jum'at pada jam 9 pagi dan hari sabtu pada jam 10 pagi. Lama perjalanan sekitar 2 jam dengan biaya 150 ribu untuk kelas binis, 175 ribu untuk kelas Executif Ac dan 200 ribu untuk kelas VIP AC. Namun karena kondisi cuaca, terkadang perjalanan terhambat, untuk itu lebih baik untuk pergi ke pulau Karimunjawa pada musim kemarau jangan musim hujan.

Namun jika anda memiliki uang saku lebih, anda bisa menggunakan pesawat dari bandara Semarang. Dengan naik pesawat, perjalanan akan lebih cepat.

Saran dan tips berkunjung ke pulau Karimunjawa

Untuk berkunjung ke pulau Karimunjawa sebainknya anda pergi secara rombongan, dan jangan lupa untuk membawa uang saku yang banyak, karena disana biayanya cukup mahal. Selain itu anda juga perlu membawa perbekalan yang penting seperti obat pribadi dan lain sebagainya. Persiapkan kondisi fisik yang fit karena disana anda akan melakukan banyak hal menyenangkan. Jangan lupa membawa karema dengan kondisi batre yang full. Buanglah sampah pada tempat sampah.

Demikianlah informasi tentang Keindahan Pulau Karimunjawa. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi untuk liburan anda bersama keluarga atau sahabat tercinta. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keindahan Pulau Karimunjawa : Surga Tersembunyi Di Selat Jawa, Lokasi, Sejarah, Fasilitas, Tiket Masuk"

Post a Comment