Pantai Kartika Jaya Kendal Yang Nyaris Tak Tersentuh Fasilitas, Lokasi, Harga Tiket

Pantai Kartika Jaya Kendal - Pantai Kartika merupakan salah satu pantai yang ada dikabupaten Kendal atau lebih tepatnya yaitu di desa Kartika Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal Jawa Tengah. Pantai Kartika sendiri memang belum begitu sepopuler pantai-pantai lainnya di Kendal seperti pantai Ngebom, pantai Cahaya, atau pantai Sendang Sekucing. Namun beberapa waktu yang lalui, obyek wisata ini sempat booming di media sosial, apalagi kalau bukan obyek wisata pulau Tiban.
Pantai Kartika Jaya Kendal

Memang tak banyak orang tahu tentang pantai Kartika, namun hampir semua warga Kendal pasti tahu akan wisata pulau Tiban. Wisata pulau Tiban dan pantai Kartika sebenarnya sama dan dalam satu wilayah. Namun, karena banyaknya anak-anak SMP dan SMA yang memosting foto keindahan alam dengan bertuliskan pulau Tiban, sehingga pulau Tiban lebih dikenal oleh masyakat ketimbang pantai Kartika itu sendiri.

Pulau Tiban sendiri sebenarnya bukanlah pulau seperti pulau-pulau pada umumnya. Pulau Tiban merupakan sebuah dataran yang terbentu ditengah laut dan semakin lama dataran tersebut semakin besar dan memanjang. Oleh warga sekitar, dataran tersebut kemudian ditanami pohon cemara yang semakin hari semakin besar.  hingga akhirnya warga menyebut dataran tersebut dengan sebutan pulau Tiban. Karena keunikan dataran tersebut, warga sekitar ingin mengembangkan potensi wisata pulau Tiban tersebut.
Pantai Kartika Jaya Kendal

Karena dalam artikel kita kali ini akan membahas tentang keindahan alam pantai Kartika Jaya, kita kembali ke topik tentang pantai Kartika Jaya. Pantai Kartika Jaya sebenarnya memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata yang ramai, namun karena kurangnya pengolaan serta akses jalan yang kurang baik membuat pantai Kartika Jaya yang indah dan menarik ini sepi dari pengunjung.

Hal menarik di pantai Kartika Jaya

Keindahan pantai yang masih alami

Meskipun akses menuju pantai Kartika Jaya cukup jauh dan juga cukup sulit, namun tak menghalangi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Kartika Jaya. Hal ini tak lain dikarenakan pemandangan yang menarik dan masih sangat alami alias belum banyak tersenutuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Suasana di pantai Kartika Jaya juga sangat tenang, dengan udara yang sejuk serta angin khas pantai yang sepoe-sepoe tentu sangat cocok sekali untuk tempat berlibur anda bersama dengan teman-teman terdekat. 

Adanya pulau Tiban

Pantai Kartika Jaya Kendal

Daya tarik utama dari pantai Kartika tak lain adalah karena adanya pulau Tiban. Keberadaan pulau Tiban ini memang sempat booming dimedia sosial. Banyak anak muda yang berlomba-lomba uploud foto selfie di pulau Tiban, sehingga pulau Tiban atau pantai Kartika mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama anak muda. Untuk bisa sampai ke pulua Tiban, pengunjung harus menyabrangi lautan dengan menggunakan perahu atau kapal yang sudah disediakan. Harga onkos naik perahu ke Pulau Tiban juga sangat murah yaitu 15 ribu untuk perahu dan 20 ribu untuk kapal. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.
Pantai Kartika Jaya Kendal

Garis pantai yang lumayan luas

Pantai Kartika Jaya Kendal

Pantai Kartika Jaya memang tak jauh beda dengan pantai-pantai lainnya yang ada diutara pulau Jawa. Keadaan pasir yang hitam pekat dan banyak di tumbuhi oleh tanaman barak kuda. Namun dengan bibir pantai yang cukup luas, tentu membuat pengunjung bisa melakukan banyak hal seperti main bola voly pantai, sepak bola dan lain sebagainya, keadaan pantai yang lumayan sepi juga akan membuat anda menjadi lebih leluasa dan lebih nyaman.

Ombak yang tenang

Pantai Kartika Jaya ada;ah pantai yang berlokasi diutara pulau Jawa, seperti pantai-pantai lainnya yang ada diutara pulau Jawa, pantai Kartika Jaya juga memiliki ombak yang tenang sehingga sangat cocok bagi anda yang suka berenang atau sekedar mandi dipantai. Namun, tetap selalu berhati-hati dan jangan terlalu jauh dari bibir pantai.

Adanya hutan Mangrove di Kartika Jaya

Pantai Kartika Jaya Kendal

Menurut data dari kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal pada tahun 2008, sepanjang pantai di Kabupaten Kendal mengalami abrasi yang cukup parah, sehingga untuk menyelamatkan pantai daru abrasi ditanamlah tanaman mangrove di beberapa pesisir pantai di kabupaten Kendal, salah satunya yaitu di pantai Kartika Jaya. Jadi selain anda bisa bermain dipantai, anda juga bisa melihat dan menikmati pemandangan hutan mangrove, disana anda juga bisa berselsie atau berfoto bersama sahabat.

Spot foto yang menarik di pantai Kartika Jaya

Pantai Kartka Jaya merupakan pantai yang masih sangat alami dan belum banyak tersentuh, untuk itu pemandangan di pantai Kartika Juga masih sangat alami. Ada banyak spot foto menarik di panti Karika Jaya. Untuk itu jangan lupa untuk membawa kamera jika ingin berkunjung ke pantai Kartika Jaya.

Spot memancing

Bagi anda yang hoby memancing, anda juga bisa memancing dikawasan pantai Kartika Jaya. ketika anda berkunjung ke pantai Kartika Jaya, anda akan menemukan banyak pemancing disana.

Fasilitas pantai Kartika Jaya

Pantai Kartika Jaya Kendal

Pantai Kartika Jaya meskipun belum seramai pantai-pantai lainnya di kabupaten Kendal, namun pantai Kartika Jaya sudah memiliki banyak fasilitas. Hal ini dikarenakan lokasi pantai Kartika Jaya yang dekat dengan perkampungan warga. Beberapa fasilitas di pantai Kartika Jaya diantaranya adalah area parkit, toiled, tempat istirahat, warung makan dan lain sebagainya.

Harga tiket masuk ke pantai Kartika Jaya

Jika anda ingin pergi ke pantai Kartika Jaya, anda bisa menitipkan kendaraan anda di rumah warga sekitar secara geratis, namun jika anda ingin pergi ke pulau Tiban ada tempat parkir khusus dengan biaya 2 ribu rupiah untuk sepeda motor dan 5 ribu untuk mobil. Untuk biaya tiket masuk sendiri setahu saya masih geratis, karena memang belum ada penjaga loket. Namun tidak tahu jika kemudian hari pantai Kartika Jaya di kelola dan diterapkan biaya tiket masuk.

Rute menuju pantai Kartika Jaya

Rute menuju ke pantai Kartika Jaya cukup membingungkan terlebih bagi pengunjung yang berasal dari luar kendal. Namun anda bisa menggunakan google map pada smartphone anda sebagai petunjuk jalan. Bagi anda yang ingin berkunjung ke pantai Kartika Jaya lebih baik gunakan kendaraan pribadi, Karena kendaraan umum hanya berhenti di jalan pantura dan jarak ke pantai Kartika masih lumayan jauh.

Rute menuju pantai Kartika sama dengan rute menuju pulau Tiban. Namun, begitu mau sampai di parkiran pulau Tiban, anda beluk kiri dan blabas sampai ujung jalan. Anda bisa titipkan kendaraan anda dirumah warga kemudian jalan kaki sekitar 500 m sampai 1 km diarea pertambakan Untuk berkunjung ke pantai Kartika baiknya anda mengajak warga sekitar atau mengajak orang yang pernah berkunjung ke pantai Kartika. Hal ini untuk mencegah anda kesasar di area pertambakan.

Saran dan Tips berkunjung di pantai Kartika Jaya

Untuk berkunjung ke pantai Kartika Jaya baiknya anda persiapkan segala kebutuhan seperti perbekalan. Siapkan juga kendaraan dalam kondisi fit, karena anda bakal melewati area persawahan dengan kondisi jalan yang cukup buruk. Janga lupa juga bawa obat khusus jika anda memiliki penyakit pribadi. Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan keindahan alam di pantai Kartika.

Demikianlah informasi tentang pantai Kartika Jaya. Semoga informasi diatas memberikan inspirasi berlibur anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai Kartika Jaya Kendal Yang Nyaris Tak Tersentuh Fasilitas, Lokasi, Harga Tiket"

Post a Comment