Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja : Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Sejarah, Fasilitas

Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja - Yogyakarta merupakan daerah yang menjadi surganya para wisatawan. Hal ini dikarenakan di Yogyakarta ada banyak sekali tempat wisata yang indah dan menarik, bahkan sangking banyaknya kita tak mampu untuk menyebut semua tempat wisata yang ada di yogyakarta. Wisata yang paling popuer di Yogyakarta adalah wisata pantai, di Yogyakarta ada banyak sekali wisata pantai yang sangat indah. Hal ini dikarenakan pantai-pantai yang ada di yogyakarta selain memiliki pasir putih juga tertelah di dekitar tebing-tibing tinggi yang membuat pemandangan di pantai Yogyakarta sangat eksotis.

Wisata pantai di Yogyakarta senidiri ada banyak sekali. Sepantai garis pantai di daerah Yogyakarta merupakan tempat wisata, dan wisata pantai yang paling populer dan paling ramai dikunjungi oleh wisatawan salah satunya adalah pantai Indrayanti. Berbicara tentang pantai Indrayanti, tentu sahabat sudah pernah berwisata dipantai Indrayanti bukan. Keindahan alam di pantai Indrayanti memang tak bisa di ungkapkan dengan kata-kata, meskipun sudah berkali-kali datang ke pantai Indrayanti, tapi tak pernah bosan dan masih ingin datang ke pantai Indrayanti lagi.
Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Berbicara tentang pantai Indrayanti, pantai yang sangat di rekomendasikan di Yogyakarta ini ternyata nama aslinya bukanlah pantai Indrayanti, melainkan pantai Pulang Sawal. Namun, karena sudah populer dengan nama pantai Indrayanti membuat pantai ini lebih dikenal sebagai pantai Indrayanti ketimbang nama aslinya yaitu pantai Pulang Sawal.


Pantai Indrayanti merupakan pantai yang tersohor dan terkenal hingga ke mancanegara. Pantai ini selalu ramai pengunjung baik di hari biasa, maupun di hari libur. Lokasinya yang cukup strategis dengan di apit beberapa pantai cantik lainnya dan juga dibatasi dengan perbukitan karang membuat pantai Indrayanti memiliki panorama yang luar biasa. Hal ini ditambah lagi dengan hamparan pasir putih yang luas dan juga air lautnya yang jernih membuat pantai Indrayanti semakin cantik dan mempesona.  Sangat disayangkan jika anda berkunjung ke Yogyakarta tanpa mampir ke pantai Indrayanti. 

Sejarah atau asal usul pantai Indrayanti

Kalau kita membaca sejarah tentang pantai Indrayanti. Pantai dengan keindahan alamnya yang sangat eksotis ini sebenarnya bukan bernama pantai Indrayanti. Nama resmi yang diberikan pemerintah untk destinasi wisata ini adalah pantai Pulang Sawal atau Pulang Syawal. Nama Indrayanti sendiri sebenarnya merupakan nama restoran yang didirikan sekitar tahun 2009 yang ada disekitar pantai Pulang Sawal. 
Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Restoran Indrayanti yang dimiliki oleh pasangan suami istri Indra dan Yanti ini memasang banyak sekali plang dijalan menuju pantai Pulang Sawal. Karena banyaknya Plang-plang tersebut membuat masyarakat dan pengunjung lebih akrab dengan sebutan pantai Indrayanti ketimbang nama aslinya yaitu pantai Pulang Sawal. Meskipun pemerintah setempat sudah mengkampanyekan nama pantai Pulang Sawal, sejauh ini tetap saja, nama yang lebih melekat di kalangan pengunjung adalah nama pantai Indrayanti. Hal ini dipengaruhi oleh pengguna media sosial yang lebih kenal pantai ini dengan nama pantai Indrayanti ketimbang nama pantai Pulang Sawal.

Pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal memiliki beberapa versi sejarah atau mitos. Versi pertama yaitu mitos yang menceritakan tentang sepasang kekasih yang berasal dari dua desa berbeda yaitu desa Gunung Kidul dan desa Wates. Pada jaman dulu masyarakat mempercayai mitos bahwa penduduk dari kedua desa tersebut tidak boleh dijodohkan satu sama lainnya. Karena hal tersebut kedua orang tua dari pasangan tersebut dan juga penduduk setempat tidak merestua hubungan mereka. Namun karena sudah saling mencintai, akhirnya mereka sepakat untuk kawin lari dan meninggalkan desa mereka. Menurut cereta yang beredar, pasangan tersebut berencana meninggalkan desa dengan melalui jalur air atau laut. Merekapun akhirnya membuat janji untuk bertemu di tepi pantai.

Pada hari pertemuan sang wanita datang terlebih dulu dari pada sang pria. Si wanita menunggu sang pria di tepi pantai, karena susasana pantai yang nyaman dengan angin sepoe-sepoe ditambah lagi kondisi wanita yang lelah akibat perjalanan jauh, akhirnya sang wanita tertidur ditepi pantai. Namun tiba-tiba ada gelombang besar yang menyeret tubuh sang wanita tersebut sehingga sang wanita mati terseret ombak.
Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Tak lama kemudian sang pria datang, namun sang pria hanya menemukan selendang sang wanita yang tercecer di tepian pantai. Sang pria terus menunggu dan mencari sang wanita di tepian pantai hingga berminggu-minggu tanpa makan dan minum, higga sang priapun ikut mati. Jasad sang pria ditemukan oleh penduduk yang mengetahui akan kisah cintanya yang tidak direstui. Karena kisah cinta tersebut, pantai ini dinamakan dengan nama pasangan tersebut yaitu pantai Indra dan yanti. Namun, kebenaran kisah tersebut belum bisa di pastikan. Entah hanyalah mitos atau apa, karena banyak pengunjung atau masyarakat mengenal pantai Indrayanti karena adanya Restoran didekat pantai yang bernama Indrayanti.

Baca juga : 15 spot foto keren pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta

Sedangkan menurut versi lainnya tentang sejarah pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal adalah usaha pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Dulunya pantai ini bernama pantai Pulang Sawal, namun keadaan pantai yang sepi dan tak terawat membuat pantai Pulang Sawal banyak ditumbuhi semak belukar dan tanaman pandan laut yang kemudian dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai makanan ternak.

Pada tahun 2009 ada pihak swasta yang ingin mendirikan sebuah restoran yang kemudian diberi nama sesuai nama pemiliknya yaitu Indra dan Yanti yang kemudian menjadi Indrayanti. Tak disangka setelah adanya restoran tersebut, banyak sekali wisatawan yang berdatangan di pantai Pulang Sawal sehingga masyarakatpun ikut tergerak untuk memperdayakan pantai dengan menambah dan membangun berbagai macam fasilitas pendudung untuk membuat pengunjung menjadi lebih nyaman. 
Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Karena semakin hari semakin ramai, dalam waktu singkat nama Indrayanti melambung hingga mengalahkan nama asli dari pantai itu sendiri yaitu pantai Pulang Sawal. Masyarakat yang dulunya hanya berprofesi sebagai petani kini mereka berali profesi menjadi pedagang disekitar pantai. Hal ini yang kemudian perekonomian warga setempat menjadi meningkat derastis.

Setelah pantai Indrayanti ini populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pengelolaan pantai ini ternyata menuai kontroversi. Hal ini dikarenakan pengelolaan pantai tidak memenuhi kaidah-kaidah perundang-undangan yang berlalu di Pemerintah Yogyakarta. Pengelolaan pantai yang dikelola oleh swasta ini telah menyalahi atura yang berlaku, karena wilayah pantai ternyata masih merupakan kawasan kesultanan Yogyakarta. Diduga pengelola pantai telah membeli hak pakai yang sebelumnya dimiliki oleh masyarakat setempat. Sementara pemanfaatan pantai sebagai obyek wisata juga tidak meniliki ijin dari pemerintah Yogyakarta dan tidak memberikan kontribusi terhadap pemdaYogyakarya. Karena hal tersebut akhirnya pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal ditutup. Setelah melakukan konumikasi dan koordinasi antara pihak swasta, masyarakat setempat dan juga pemerintah daerah Yogyakarta, pada tahun 2014 pantai Indrayanti atau pantau Pulang Sawal kembali dibuka sebagai obyek wisata. Bahkan dilakukan promosi besar-besaran hingga ke mancanegara. Hal ini yang kemudian membuat pantai Indrayanti sangat populer hingga kemancanegara. Keberadaan media sosial dengan menampilkan keindahan pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal juga membuat pantai Indrayanti semakin populer.

Baca juga : 10 Spot keren pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyakarta

Keindahan pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal

Pantai Indrayanti atau pantai Pulan Sawal memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan hamparan pasir putih yang luas membuat banyak wisatawan yang menjululi pantai Indrayanti sebagai pantai "Jogja rasa Bali". Tak heran jika pantai Indrayanti selalu ramia dan pengunjung terus berdatangn  ke pantai Indrayanti terutama saat akhir pekan. 
Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Pantai Indrayanti ini memang sangat cocok sekali sebagai refrensi hari libur anda bersama dengan keluarga, sahabat, kekasih atau rekan kerja atau lain sebgainya. Hamparan pasir putih berpadu dengan jernihnya air laut seakan menjadi pesona yang tiada duanya. Hal ini ditambah lagi adanya bukit yang bisa di daki menjadikan pemandangan pantai Indrayanti menjadi sempurna. Fasilitas yang lengkap di pantai Indrayanti juga menambah kenyaman pengunjung.

Pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal adalah pantai yang sangat bersih. Hal ini dikarenakan masyarakat setempat sadar akan pentingnya kebersihan. Hal ini juga ditambah adanya aturan  yang berlaku bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai Indrayanti untuk tidak membuang sampah ditempat sembarang. Jika ada wisatawan yang tertangkap membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda sebesar 10 ribu rupiah. Untuk menegakan aturan tersebut pemerintah dan masyarakat bekerja sama dengan menyediakan banyak tempat sampah serta melakukan pengawasan secara ketat. Jadi selama berada di pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal anda jangan coba-coba untuk membuang sampai disembarang tempat.

Baca juga : 15 Spot foto keren di pantai Baron

Daya tarik pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal

Pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal adalah salah satu pantai di Yogyakarta yang tak pernah sepi dari pengunjung. Hal ini dikarenakan pantai Indrayanti memiliki daya tarik yang menjadi agnet wisawatan untuk berkunjung ke pantai Indrayanti.
Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Pantai Indrayanti selain dipromosikan hingga ke 12 negara, daya tarik utama dari pantai Indrayanti adalah kondisi alamnya yang memang mendukung dan memiliki pemandangan yang indah. Letaknya yang berada di antara bukit karang membuat pemandangan di pantai Indrayanti sangat mempesona dan disana pengunjung akan menemukan banyak spot foto yang menarik. 
Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Untuk berlibur ke pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal baiknya anda pilih waktu yang tepat. Karena jika anda berkunjung ke pantai Indrayanti saat hari libur nasional, libur sekolah, akhir pekan, siap-siap saja , anda akan melihat kerumunan orang seperti di pasar karena sangking banyaknya wisawatan yang datang sehingga membuat liburan anda tidak nyaman. Maklum saja, pesona yang dimiliki pantai Indrayanti menjadi magnet bagi wisatawan untuk berbondong-bondong datang ke pantai Indrayanti. 

Fasilitas Pantai Indrayanti atau Pantai Pulang Sawal

Pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal selain terkenal akan keindahan alam serta kebersihannya, pantai Indrayanti juga terkenal akan fasilitasnya yang lengkap sehingga sangat menarik bagi wisawatan untuk berkunjung ke pantai Indrayanti. Beberapa fasilitas dipantai Indrayanti adalah sebagai berikut

Gazebo di pantai Indrayanti


Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja
Wisata pantai kurang lengkap jika tidak ada Gazebo atau gubuk-gubuk kecil disekitar pantai sebagai tempat istirahat pengunjung. Nah, begitu juga dengan pantai Indrayanti, dipantai Indrayanti pengunjung dapat menemukan banyak gazebo di tepi pantai. Gazebo yang ada di pantai Indrayanti cukup besar sehingga cukup untuk berkumpul bersama keluarga, kerabat, sahabat atau rekan kerja. Dengan menyewa gazebo dengan harga 30 ribu rupiah, anda bisa memanfaatkan gazebo untuk beristirahat.

Payung pantai


Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja
Selain gazebo, di pantai Indrayanti pengunjung juga akan menemukan banyak payung-payung pantai yang bisa anda gunakan untuk beristirahat atau bersantai sambil menikmati angin laut yang sepoe-sepoe dan juga deburan ombak. Untuk bisa menikmati payung pantai pengunjung hanya dikenakan biaya sewa sebesar 20 ribu saja.

Jet Sky


Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja
Bagi anda yang suka dengan olah raga air yang menguji adrenalin, di pantai Indrayanti sudah tersedia Jet sky. Untuk bisa menggunakan jet sky pengunjung bisa menyewa pada penelola pantai seharga 250 ribu selama 15 menit. Tentu akan menjadi kepuasan tersendiri bagi anda yang hoby main jet sky.

Toiled dan kamar mandi atau kamar bilas

Sebagai tempat wisata pantai, tentunya pantai Indrayanti juga di lengkapi dengan fasilitas yang sangat penting bagi pengunjung yaitu fasilitas toiled dan juga kamar mandi atau kamar ganti pakean. Ada banyak tempat kamar ganti atau kamar mandi di pantai Indrayanti, jadi pengunjung tak perlu bingung setelah bermian dan berenang di pantai. Biaya toiled, kamar mandi, atau kamar bilas antara 2000 hingga 5000 rupiah.

Musola

Untuk kenyamanan pengunjung selama berwisata di pantai Indrayanti, pengelola pantai juga menyediakan musola bagi pengunjung musilm. Jadi pengunjung muslim tak perlu bingung ketika masuk waktu sholat.

Wahana permainan anak-anak

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, di pantai Indrayanti juga disediakan wahana permainan untuk anak-anak. Wahana anak-anak ini membuat anak-anak merasa betah di pantai Indrayanti sehingga orang tak perlu resah. Untuk menikmati wahana anak-anak ini pengunjung tak dipungut biaya alias geratis.

Penginapan dipantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal


Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja
Bagi anda yang datang dari luar kota tak perlu bingung, karena di sekita pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal ada banyak penginapan dengan harga yang tentunya sangat terjangkau. Tarif penginapan disekitar pantai Indrayanti yaitu sekitar 100 ribu hingga jutaan rupiah per malamnya. Tentu hal tersebut tergantung dengan fasilitas yang ditawarkannya. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan anda. Beberapa penginapan yang ada di pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal adalah Penginapan Joglowatukelir, Penginapan Cemara Udang, penginapan Grya Pasir, Penginapan Bamboo Lengkong Cottage, Penginapan Rck Garden Homestay, dan penginapan lainnya.

Namun, bagi anda yang merasakan suasan malam dengan angin malam khas pantai pantai Indrayanti, anda bisa mendirikan tenda-tenda di kawasan pantai Indrayanti. Dijamin puas berwisata di pantai Indrayanti.

Kuliner


Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja
Bagi pengunjung yang merasa lapar setelah bermain di pantai Indrayanti tak perlu khawatir. Di kawasan pantai Indrayanti ada banyak sekali penjual jajanan dan juga makanan dengan berbagai menu masakan. Harga yang ditawarkan juga sangat murah yaitu sekitar 10 ribu hingga 100 ribu rupiah per menu. Anda bisa memilih menu favorid anda, bukan hanya menu sea food saja, namun juga tersedia berbagai menu lainnya seperti nasi goreng, soto, ayam goreng, bakso, mie ayam, penyetan dan lain sebagainya.

Restoran atau cafe yang paling tekenal di pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal tak lain adalah restoran Indrayanti itu sendiri. Nama restoran inilah yang kemudian lebih dikenal oleh wisatawan ketimbang nama asli pantai itu sendiri yaitu pantai Pulang Sawal.
Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja

Pantai Indrayanti memiliki label pantai dengan sejuta fasilitas. Semakin bertambahnya tahun, pantai Indrayanti terus mengalami perubahan dengan terus menambah fasilitas yang semakin memanjakan pengunjung. Terobosan terbaru yang dilakukan pengelola pantai Indrayanti adalah dengan membangun homstay yang ada didepan area pantai. Homestay yang telah dibangun berjumlah sekitar 6-7  yang terbuat dari bambu dan sangat cocok sekali bagi anda yang ingin menginap namun tetap dekat dengan pantai.

Oleh-oleh khas pantai Indrayanti

Selain tersedianya berbabai jalanan dan juga menu makan di pantai Indrayanti juga tersedia pusat oleh-oleh khas pantai Indrayanti yang menyediakan pernak-pernik khas pantai Indrayanti seperti baju atau kaos bertuliskan pantai Indrayanti, aneka macam kerajinan khas pantai Indrayanti, dan berbagai macam oleh-oleh lainnya. Harga yang ditawarkan pun sangat murah, terlebih jika anda pandai menawar, pasti akan mendapatkan harga yang sangat murah.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan dipantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal

Pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal memiliki keindahan alam yang eksotis dengan airnya yang biru jernis dan pantainya yang bersih. Dengan demikian ada banyak hal yang bisa anda lakukan di pantai Indrayanti seperti bermain pasir, mandi dipantai, berjalan-jalan mengitari pantai, bersantai di gazebo atau di payung pantai, berfoto-foto dipantai, melihat keindahan sunset dipantai dan masih banyak lagi aktivitas menyenangkan selama berada dipantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal.

Lokasi pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal

Pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal terletak di desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Indrayanti juga berdekatan dengan pantai selatan lainnya seperti pantai Pok Tunggal, Pantai Sundak, Pantai Ngandong, Pantai Sadranan dan pantai lainnya. Jarak antara pusat kota Yogyakarya dengan pantai Indrayanti yaitu sekitar 70 Km.

Rute menuju pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal

Ada banyak sekali rute untuk menuju pantai Indrayanti. Namu dari sekian banyak rute hanya ada 2 rute yang direkomendasikan bagi pengunjung terutama bagi pengunjung yang datang dari jauh gara nantinya tidak kebingunan. Rute tersebut adalah sebagai berikut.
  • Dari jogja anda menuju ke jalan Wonosari (ring road timur) -kemudian menuju ke arah pyiungan - patuk - wonosari - karangrejek - hargosari - Tepus, setelah sampai tepus anda sudah dekat dengan pantai Indrayanti, anda tinggal ikuti petunjuk arah yang ada banyak dijalan-jalan. Jika masih bingung anda bisa menggunakan bantuan google map.
  • Rute alternatif yaitu jalan imogiri - siluk - panggang - saptosari - Trowono - Baron. Dari Baron lanjut ke timur sekitar 10 Km, anda ikuti jalan saja nanti akan sampai di tepus dan ikuti petunjuk arah menuju pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal. 

Harga tiket masuk ke pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal

Harga tiket masuk ke pentai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal sangat murah sekali dengan pemandangan indah yang dimiliki oleh pantai Indrayanti yaitu cuma 10 ribu rupiah saja. Tiket tersebut sudah termasuk baiaya tiket masuk pantai-pantai disekitar pantai Indrayanti seperti pantai pantai sundak, pantai drini, pantai sepanjang, pantai krakal dan pantai pok tunggal.

Selain biaya tiket masuk, pengunjung juga akan dikenakan biaya parkis yaitu 4 ribu rupiah untuk kendaraan roda 2 dan 15 ribu rupiah untuk kendaraan roda 4. Tentu harga tiket masuk dan parkir dapat berubah-ubah setiap saat.

Tips dan saran untuk berkunjung ke pantai Indrayanti

Tips dan saran berkunjung ke pantai Indrayanti adalah dengan mempersiapkan kendaraan dalam kondisi fit, serta tubuh dalam kondisi sehat dan fit. Bawalah perbekalan yang cukup dan jika ingin menginap bawa kebutuhan-kebuhan yang memang diperlukan seperti baju ganti, obat pribadi dan lain sebagainya.  Jangan lupa bawa kamera karena di pantai Indrayanti akan ada banyak spot foto menarik yang sayang jika dilewatkan. Selama perjalan tak usah mengebut, beristirahatkan jika lelah ata mengantuk. Setelah sampai dipantai Indrayanti, ingat harus menjaga kebersihan, disana buang sampah sembarang akan dikenakan denda sebesar 10 ribu rupiah.

Demikianlah informasi tentang Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja. Semoga dapat menjadi inspirasi hari libur anda bersama keluarga tercinta. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Pantai Indrayanti Gunung Kidul Jogja : Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Sejarah, Fasilitas "

Post a Comment