Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang - Kota semarang merupakan ibu kota dari Provensi Jawa Tengah dan merupakan kota yang paling sibuk dibandingkan dengan kota-kota lain di Jawa tengah. Karena sebagai ibu kota, kota Semarang menjadi pusat kegiatan administrasi daerah Jawa Tengah, sekaligus sebagai pusat industri dan perbelanjaan di Jawa Tengah. Tak heran jika di beberapa jam tertentu kota Semarang sangat macet sekali.

Kota Semarang yang juga dijuluki sebagai kota Lumpia ini selain sebagai pusat administrasi daerah, kota semarang juga memiliki banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan jika kita berkunjung ke kota Semarang. Salah satu tempat wisata yang menarik dan sayng untuk dilewatkan dikota Semarang adalah pantai Maron. 
Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Pantai Maron memang belum sepopuler pantai lainnya yang ada dikota Semarang seperti pantai Marina. Namun, pantai Maron yang tertelak di sudut kota Semarang ini menyajikan pemandangan indah yang tak kalah dengan pantai Marina atau pantai-pantai lainnya di Indonesia. Pantai Maron sangat cocok sekali sebagai tempat menghilangkan stress akibat kesibukan atau aktifitas harian. Seperti yang kita ketahui, warga kota Semarang sangat sibuk dengan berbagai aktivitas dan nyaris tak pernah ada waktu untuk berlibur. Nah, dengan adanya wisata pantai Maron yang dekat dengan kota Semarang menjadi obat stres bagi para warga Semarang.

Sejarah pantai Maron

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Sebelum menjadi tempat wisata, pantai Maron dulunya hanya pantai biasa yang kemudian inisiatif warga sekitar untuk menanam pohon mangrove dengan bertujuan untuk pantai dari bencana abrasi serta untuk menjaga ekosistem pantai itu sendiri. Namun dengan berjalanya waktu dan berkembangnya pohon mangroven menjadi hutan mangrove akhirnya menarik perhatan para wisatawan untuk berdatangan baik lokal maupun manca negara. Memang tak dipungkiri, keberadaan hutan mangrove di pantai Maron menjadikan pantai terlihat sangat indah dan alami.

Sedangkan untuk nama Maron sendiri dulunya konon karena pantai ini masih milik penerbangan TNI angkatan darat (Penerbad) , karena merah maron merupakan warna khas baret penerbad, maka pantai ini kemudian dinamakan pantai Maron. Hingga sangat ini belum jelas siapa yang mengola pantai Maron, pantai maron hanya dikelola oleh masyarakat sekitar. Semoga pemerintah kota Semarang mau mengelola dan mengembangkan pantai Maron dengan membangun berbagai fasilitas pendukung agar pantai Maron semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Keindahan pantai Maron

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Kota Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang sangat sibuk. Hal ini yang kemudian membuat para warga kota semarang sering dilanda stres. Nah untuk menghilangkan stres tersebut, tentu masyarakat perlu pergi ke tempat yang indah dan menarik. Tak perlu jauh-jauh dan tak perlu biaya mahal, karena di kota Semarang sendiri terdapat tempat wisata yang terkenal akan keindahannya yaitu pantai Maron. Sudah tak perlu diragukan lagi akan keindahan pantai Maron. Karena indahannya tersebut, pantai Maron mampu menarik perhatian wisawatan baik lokal maupun mancanegara.

Baca juga : Pantai Cipta, Mutiara yang tersembunyi di Semarang

Keindahan pantai Maron sendiri tak lepas dari keberadaan hutan mangrove yang dulunya ditanam untuk bertujuan mencegah abrasi. Namun, setelah hutan mangrove tersebut berkembang, menjadikan tempat ini terlihat sangat indah dan menari perhatian wisatawan. Hutan Mangrove sendiri terbilang masih sangat baru. Namun, pemandangan yang dimiliki hutan mangrove ini sangat indah, ada banyak spots foto menarik yang tentunya sangat menyenangkan bagi anda yang suka selfie atau berfoto bersama para sahabat.

Hal menarik di pantai Maron

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Pantai Maron meskipun tergolong pantai yang baru dan belum begitu populer, namun pantai Maron selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini tak lain dikarenakan banyak hal menarik yang ada di pantai Maron. Bebebarap hal menarik dipantai Maron adalah sebagai berikut:

Hutan mangrove yang menawan

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Hal uatam yang menjadi daya tarik dari pantai Maron tak lain karena adanya hutan mangrove yang sangat indah dan menarik. Hutan mangrove yang awalnya bertujuan sebagai pengaman agar tidak terjadi abrasi ternyata bisa menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung kepantai Maron. Hal ini tentu menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar untuk ikut serta meramaikan pantai Maron dengan berjualan disekitar pantai Maron.

Baca juga : Spot foto keren di pantai Baruna Semarang

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Hutan mangrove selain menyuguhkan pemandangan yang indah, hutan mangrove ini juga memberikan udara yang sangat sejuk, hal ini yang membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama di pantai Maron. Ada banyak pemandangan menarik dipantai Maron yang bisa anda abadikan dengan menggunakan kamera.
Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Selain menikmati keindahan hutan mangrove, pengunjung juga bisa belajar tentang tanaman mangrove. Sebab akan ada edukasi tentang pengenalan tanaman, cara menanam dan juga cara merawat tanaman mangrove. Anda juga bisa menukarkan tiket masuk dengan bibt tanaman mangrove. Tanaman mangrove ini selain sebagai pelindung pantai agar tidak terjadi abrasi juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Sebagai contoh adalah tanaman mangrove Bluguiera dan Avicennia yang diolah warga setempat sebagai bahan makanan.

Baca juga : Spot foto keren di pantai Tirang Semarang

Banyak spot foto yang menarik

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Pantai Maron memiliki pemandangan yang sandah terutama karena adanya hutan mangrove didalamnya. Tentu hal ini akan menjadi surga bagi anda yang suka berselfie. Ada banyak sekali spot foto yang menarik di pantai maron atau di hutan mangrove pantai Maron. Namun anda harus jeli melihat spot foto dipantai Maron, sebab jika anda tidak jeli anda akan menunggu lama akibat orang lain yang terlalu lama berfoto-foto ditempat tersebut.

Jembatan batu

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya

Selain hutan mangrove yang menjadi tempat favorit para pemburu selfie, ada tempat lain di pantai Maron yang tak kalah indahnya dari hutan mangrove. Tempat favorit tersebut adalah jembatan batu. Dijembatan batu tersebut menyuguhkan keindahan yang luar biasa sehingga ditempat tersebut sering dijadikan sebagai foto pre wedding. Keindahan panorama juga angle yang digunakan sangat mendukung hasil dari acara pemotretan tersebut.

Budi daya tambak laut

Dipantai Maron ada banyak nelayan yang membudidayakan udang tambak yang kemudian dijual ke para pengepul, yang kemudian udang-udang tersebut dijadikan sebagai aneka bahan makanan. Nah, dipantai Maron para mengunjung bisa melihat langsung bagaimana cara para petani atau nelayan bekerja dalam mengolah tambak. Jika kita beruntung kita bisa melihat para petani petani memanen udang-udang dari tambak. Selain udang ada juga beberapa jenis ikan yang ada ditambak kawasan pantai Maron.

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Maron

Pantai maron memiliki lokasi yang cukup luas sehingga ada banyak sekali hal menyenangkan yang bisa kita lakukan selama dipantai Maron. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan dipantai Maron.

Berenang dan bermain pasir

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Pantai maron yang terletak di utara pulau Jawa tentunya memiliki ombak yang bersahabat. Hal ini sangat cocok bagi anda yang suka berenang dipantai. Ombak yang tidak besar akan aman untuk berennang selama tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Selain berenang, para mengunjung juga bisa bermain pasir pantai. Pantai Maron memiliki pasir berwarna coklat kehitaman. Meskipun demikian, tak menurunkan keindahan pantai Maron itu sendiri. Selama dipantai Maron pengunjung bisa membuat istana pasir dan lain sebagainya.

Bermain bola

Pantai Maron cukup luas yaitu berjarak sekitar 30 meter dari bibir pantai. Hal ini yang kemudian dijadikan para anak muda sekitar untuk bermian bola. Anda bisa bermain bola sepak atau voli pantai. Namun saat ini luas pantai semakin sempit karena banyaknya para pedagang yang membuka warong di sekitar pantai.

Berselfie sepuasnya

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Pantai Maron memiliki keindahan alam yang luar biasa, terutama di hutan mangrove. Nah ditempat inilah anda bisa melakukan selfie sepuasnya yang kemudian di uplod ke media sosial untuk dipamerkan pada teman-teman anda.

Melihat sunset

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Selain hutan mangrove, daya tarik lainnya di pantai Maron adalah keindahan sunsetnya. Pemandangan senset atau matahari terbenam dipantai Maron terlihat sangat indah terutama ketika masuk bulan Juli sampai September. Tak heran jika pantai Maron sangat ramai di sore hari.

Fasilitas dipantai Maron

Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Pantai Maron masih tergolong pantai baru, namun sudah banyak fasilitas yang tersedia dipantai Maron seperti toiled, kamar bilas, warong makan dan lain sebagainya. 

Lokasi dan Rute menuju pantai Maron

Pantai Maron terletak di barat kota semarang, lebih tepatnya disekitar muara sungai silandak. Tempat ini bisa ditempuh dari dua tempat yaitu dari Bandara Ahmad Yani atau dari Perumahan Graha Padma, Krapyak. Jarak dari jalan raya sekitar 3 Km saja.

Sebelum sampai di pantai Maron pengunjung akan menikmati perjalan yang sangat mengesankan. Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang hijau. Namun, ketika ketika musim kemarau jalanan sedikit berdebu. Sejauh mata memandang, kita akan melihat kali banger yang airnya mengalir dipinggiran kota menuju pantai Maron. 
Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang

Akses untuk menuju pantai Maron sebenarnya sangat mudah. Namun kondisi jalan yang masih tanah dan bergelombang cukup menyulitkan, terlebih saat musim hujan datang, sebab jalan menjadi becek dan licin, untuk itu haris ekstra hati-hati. Adapun rute yang bisa anda lewati adalah sebagai berikut:
  • Rute dari bandara Ahmad yani : Ikuti jalan arah barat laut - lurus - belok kiri - belok kiri - lokasi.
  • Rute dari terminal Teboyo : Jalan terminal Terboyo - jalan kudus semarang -  Jalan kali gawe - Jalan Pantura - Ambil arah Gisikgrono - Tugurejo -  Lokasi.
  • Dari Stasiun Tawang : Jalan Komdor Laut Yos Sudarso -  Jalan Pantura - Jalan Bandara Ahmad Yani - Tugurejo -  Lokasi.
  • Dari Stasion Poncol : Jalan Pemuda - Jalan Mgr Soegiyopronoto - Jalan Jendral Sudirman - Jalan Bandara Ahmad Yani - Tugurejo - Lokasi
  • Untuk anda yang dari luar kota semarang, Anda menuju ke jalan Bandara Ahmad Yani kemudian ikuti rute yan telah disebutkan diatas.

Harga tiket masuk ke pantai Maron

Biaya tiket masuk ke pantai Maron tergolong sangat murah sekali yaitu hanya 5000 rupiah saja, dan untuk biaya parkir antara 2000 sampai 5000 rupiah saja. Anda bisa berkunjung kepantai Maron menggunakan motor maupun mobil. Dihari libur pantai Maron sangat ramai, jika anda tak suka kemarain bisa datang dihari biasa.

Tips dan saran untuk berkunjung ke pantai Maron

Sebelum berkunjung ke pantai Maron baiknya anda persiapkan kondisi kendaraan yang fit, berhubung jalan menuju pantai Maron masih tanah. Selain itu jangan lupa bawa perbekalan, terutama obat pribadi jika anda memiliki penyakit pribadi. Selain itu hal yang sangat penting adalah jangan lupa membawa kamera untuk berlselfie dihutan mangrove pantai Maron. Selama di pantai Maron selalu jaga kebersihan dengan membuang sampah ditempat sampah.

Demikianlah informasi tentang pantai Maron, semoga informasi diatas bisa memberikan inspirasi untuk liburan anda dan sahabat. Jika anda merasa lelah atau mengantuk baiknya istirahat dan jangan dipaksakan. Selalu utamakan kesemalamatan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Pantai Maron Dengan Hutan Mangrovenya Di Semarang : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas"

Post a Comment