Pesona Pantai Pulau Panjang Jepara Yang Menawan : Lokasi, Harga Tiket Fasilitas

Pesona Pantai Pulau Panjang Jepara Yang Menawan - Berbicara tentang wisata di Jeparang, kebanyakan orang akan tertuju pada pulau Karimunjawa. Memang pulau Karimunjawa memiliki keindahan alam yang luar biasa dan sudah sangat terkenal sekali bahkan hingga kemancanegara. Namun ternyata tidak hanya Karimunjawa saja wisata pulau yang ada di Jepara, masih ada lagi wisata pulau yang tentunya tak kalah indahnya dengan Karimunjawa, yaitu pulau Panjang.

Pulau Panjang yang terletak di kelurahan Ujung Batu, kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara Jawa Tengah ini masih sangat alami karena belum banyak dikunjungi wisatawan. Hal ini menjadikan pulau Panjang sangat cocok bagi wisawatan yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang dan damai disekitar Jepara. 

Wisata pantai Pulau Panjang berbeda dengan wisata pantai pada umumnya. Hal ini dikeranakan untuk menuju ke pantai pulau Panjang, pengunjung harus melakukan perjalanan laut dengangan menggunakan kapal atau perahu. Dengan menggunakan kapal atau perahu wisata selama kurang lebih 15 hingg 20 menit wisawatan bisa sampai di pulau Panjang. Perjalanan perahu atau kapal bisa diakses dari pantai Bandengan atau pantai Kartini, kedua pantai tersebut sudah tersedia kapal wisata yang memang disediakan untuk wisatawan yang akan pergi ke pulau Panjang.

Pulau Panjang selain memiliki pemandangan yang indah dan alami, pantai pulau Panjang juga memberikan kenyaman tersendiri bagi para wisatawan. Hal ini dikarenakan dipulau Panjang sangat jauh dari hiruk pikuk dan lalu lalang kendaraan, karena memang di pulau Panjang tidak ada kendaraan. Dipulau panjang juga masih sedikit jumlah pengunjung yang datang. Udara diipulau Panjang masih sangat segar karena keadaan pulau Panjang yang masih sangat alami.

Pulau Panjang memiliki luas sekitar 20 hektar. Dengan luas yang tak begitu besar, wisatawan dapat menikmati pulau Panjang dengan berkeliling pulau Panjang  naik sepada atau berjalan kaki. Saya sendiri waktu berwisata di pulau Panjang bersama teman-teman berkeliling pulau Panjang dengan berjalan kali. Suasa pulau Panjang memang sangat tenang dan nyaman sekali. Pemandangan yang sangat indah karena keadaan pulau yang masih sangat alami, ditambah lagi pasir pantia pulau Panjang yang putih dan bersih dengan air yang sangat jernih membuat siapapun yang berkunjung ke pulau Panjang akan betah berlama-lama dipulau Panjang.

Baca juga : Keindahan pulau Karimun jawa, lokasi, sejarah dan fasilitas di karimun jawa

Pulau Panjang juga sering kali disebut dengan pulau yang tak berpenghuni. Hal ini dikarenakan hanya ada 8 orang saja yang tinggal dan menetap di pulau Panjang. 5 diantaranya adalah penjaga mercusuar yang terdapat dibagian barat pulau Panjang.  Sedangkan sisanya yang 3 adalah penjaga makam. Semua yang tinggal di pulau Panjang adalah Pria kecuali 1 wanita yang memang sudah dari dulu tinggal dipulau Panjang. Meskipun dikenal sebagai pulau tak berpenghuni, anda tak perlu takut untuk berkunjung ke pulau Panjang. Jika disiang hari ada banyak pedagang di pulau panjang. Dipulau panjang sudah banyak warung makan yang membuat pulau ini ramai ketika siang hari.


Pengunjung yang datang ke pulau Panjang lansung akan disambut dengan pasir putih serta gapuro bertuliskan Pulau Panjang yang biasa dijadikan sebagai salah satu spot foto para wisatawan. Pulau panjang yang didominasi oleh pepohonan ini sudah terdapat jalan setapak yang tersusun rapi sebagai akses wisatawan yang ingin berjalan mengelilingi pulau Panjang.

Baca juga : Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara : Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Kuliner

Sejarah Pantai Pulau Panjang


Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata pantai Pulau Panjang alangkah baiknya kita untuk mengetahui akan sejarah dari pantai Pulau panjang. Pulau Panjang dulunya pertama kali ditemukan oleh Ulama penyebar agama Islam di Jepara dan sekitarnya yaitu Ulama yang bernama Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawy yang kemudian dimakamkan di pulau Panjang. Keberadaan makam  Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawy inilah yang juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pulau Panjang. Maka tak heran jika wistawan yang berkunjung ke pulau Panjang kebanyakan mereka yang ingin berziarah Ke makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawy. Dengan banyaknya pengunjung yang ingin berziarah ke makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawy, maka pemerintah terus meningkatkan fasilitas di pantai pulau Panjang. 

Keindahan Pulau Panjang


Keindahan pulau Panjang memang tak ada duanya. Ketika pengunjung sampai dipulau Panjang, pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir putih dengan air laut yang sangat jernih. Saking jernihnya semua ikan dan terumbu karang yang ada dilaut terlihat sangat jelas.

Baca juga : Wisata Benteng Portugi Jepara dengan mitos dan sejarahnya

Jika anda tak puas hanya melihat ikan-ikan dilaut serta terumbu karang, anda juga bisa berenang atau melakukan snorkling dipantai Pulau Panjang. Pantai Pulau Panjang Yang tidak begitu dalam serta keadaan ombak yang tenang tentu aman buat anda yang ingin melakukan snorkling atau mandi di pantai pulau Panjang. Namun, harus tetap berhati-hati karena banyak terumbu karang yang bisa saja melukai anda.

Berada dipulau Panjang wisawatan akan merasakan sensasi yang berbeda. Pulau Panjang yang merupakan hutan tropis yang tidak begitu besar ini selain memberikan pemandangan yang indah juga memberikan udara yang sangat segar. Dipulau Panjang ini banyak ditumbuhi pepohonan seperti pohon randu, asam jawa, dadap, pinus dan lain sebagainya yang usianya sudah ratusa tahun. Dengan banyaknya pepohonan dipulau Panjang, wisatawan tak perlu khawatir kulit akan terbakar oleh sinar matahari selama dipulau Panjang. 

Hal yang menjadi daya tarik pulau Panjang

Pulau Panjang Semakin hari semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini tak lain karena memang pulau Panjang memiliki banyak daya tarik yang berbeda dengan wisata ditempat lainnya. Lalu apa saja daya tarik pulau Panjang sehingga banyak wisatawan yang berdatangan ke pulau Panjang.

Adanya makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawy


Daya tarik utama dari pulau Panjang tak lain karena adanya makam salah satu wali atau ulama penyebar agama Islam di Jepara yaitu  Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawy. Kebanyakan pengunjung yang datang ke pulau Panjang adalah mereka yang ingin berwisata religi dengan berziaran ke makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawy. Sambil berziaran, para wisatan juga dapat menikmatis suasan pantai serta suasa hutan tropis dipantai Pulau Panjang.

Keidahan alam yang masih sangat alami


Pantai Pulau Panjang memiliki pesona alam yang masih sangat alami dan belum banyak dirusak oleh tangan-tangan jahil manusia yang tidak bertanggung jawab. Dengan keindahan alamnya yang masih alami tentu menjadi salah satu daya tarik wisawatan untuk berkunjung ke pantai Pulau Panjang.

Keadaan pasir yang putih dan bersih


Selain keindahan alam yang masih alami, pantai Pulau Panjang juga memiliki hamparan pasir yang putih dan bersih. Di pantai Pulau panjang ini wisatawa bisa bermain pasir putih sepuasnya, Tentu sangat menyenangkan sekali bukan. Terlebih keadaan pulau Panjang yang tak begitu ramai sehingga pengunjung lebih bebas.

Keadaan air laut yang sangat jernih

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Jawa Tengah. Pantai di Pulau panjang memiliki air laut yang sangat jenir sekali, Sangking jernihnya semua ikan dan terumbu karang di pantai pulau Panjang terlihat sangat jelas. Hal ini yang juga menjadi daya tarisk tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke pantai Pulau Panjang.

Baca juga : 10 Spot Foto Keren Pantai Bondo Jepara : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Kuliner

Adanya hutan tropis yang sejuk


Pulau Panjang pada dasarnya adalah hutan tropis, hanya saja luasnya yang tidak begitu besar. Keadaan pulau Panjang yang sejuk, dan tenang membuat semua wisatawan yang datang ke pulau Panjang akan betah. Terlebih dipalau panjang tidak ada kendaraan bermotor menjadikan pulau panjang semakin alami dan tenang, sangat cocok bagi anda yang selalu disebukan dengan berbagai hiruk pikuk dan aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Banyak spot foto yang menarik


Keadaan pulau yang masih alami serta pantainya dengan pasir putih dan air yang sangat jernih, membuat pulau Panjang memiliki banyak sekali spot foto yang menarik. Bagi anda yang suka berfoto atau berselfie pulau Panjang merupakan surganya. Selain berziarah di pulau panjang, wisatawan juga bisa berfoto sepuasnya. Namun jangan sampai ke asikan berfoto hingga lupa waktu, ingat pulau panjang hanya buka sampai jam 4 sore, setelah jam 4 sore semua perahu atau kapal wisata akan pulang sehingga anda tak bisa pulang jika ketinggalan perahu.

Aktivitas yang bisa dilakukan dipulau Panjang


Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan dipulau panjang. Selain berwisata religi yaitu berziarah ke makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawy, wisatawan juga bisa melakukan banyak hal lainnya seperti berenang, bersnolkling, tracking, berkeliling pulau dan lain sebagainya. Meskipun pulau panjang dikenal sebagai pulau tak berpenghuni, anda tak perlu takut, dipulau panjang sudah banyak fasilitas pendukung serta selalu ramai ketika siang hari. Hanya saja dipulau Panjang belum ada hotel atau penginapan, sehingga wisatawan belum bisa menginap dipulau Panjang.

Fasilitas dipulau Panjang

Pulau Panjang meskipun dikenal sebagai pulau yang tak berpenghuni, namun fasilitas dipulau Panjang sudah sangat lengkap. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya pengunjung yang berdatangan di pulau Panjang. Beberapa fasilitas di pulau Panjang diantaranya adalah Musola, Toilet, Kamar mandi, warung makan, gazebo, kapal wisata dan lain sebagainya. Namun dipulau Panjang belum ada hotem atau penginapan, jadi bagi wisawatan yang ingin bermalam dipulau Panjang bisa mendirikan tenda untuk camping.

Misteri dipulau Panjang

Dipulau Panjang selain memiliki keindahan alamnya yang menarik juga menyimpan misteri. Misteri yang ada dipulau Panjang tak lain adalah keberadaan sumur di dekat makam yang memiliki air dengan rasa agak payau. Sumur tersebut dinamakan air barokah dan banyak masyarakat yang percaya jika minum air tersebut dapat membawa keselamatan dan kesehatan. Allahu'alam ya...

Mitos Pulau Panjang

Dipulau Panjang terdapat makam wali yang masih keturunan Rasulullah yaitu wali Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawy. Kompleks makam terdapat ditengah pulau Panjang dengan dibangun dalam bentuk bangunan musola. Semenjak tahun 1950, makam tersebut dijaga dan dirawat oleh juru kunci bernama Mbah Kromo, saat Mbah Kromo meninggal maka digantikan oleh anak dan cucunya.

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat Jepara. Dulunya Mbah Kromo ditunjuk langsung oleh Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba'alawy lewat semacam wangsit. Iapun konon harus belajar ilmu agama terlebih dulu kepada Sunan Kalijaga, tentunya dalam alam supranatural. Namun sebagai wisatawan, anda boleh percaya boleh tidak, karena semua itu hanya Allah SWT yang tahu.

Lokasi dan rute menuju pantai Pulau Panjang

Wisata pantai Pulau Panjang terletak di kelurahan Ujung Batu, kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Karena lokasinya yang ada ditengah lautan, maka untuk berkunjung ke pantai Pulau Panjang, wisawatan harus menaiki perahu atau kapal yang memang sudah disediakan. Wisatawan bisa dari pantai Jepara lainnya seperti pantai Bandengan atau pantai Kartini, jadi rute menuju pantai Pulau Panjang yaitu sama dengan panjai Bandengan jika anda melalui pantai Bandengan dan sama dengan pantai Kartini jika anda melalui pantai Kartini. 

Harga tiket masuk pantai Pulau Panjang

Setahu saya, tidak ada tiket masuk ke Pulau Panjang. Hanya saja kita akan dikenai tiket masuk ketika kita masuk di pantai Bandengan jika kita melalui pantai Bandengan atau tiket masuk pantai Kartini jika kita melalui pantai Kartini. Besar tiket masuk pantai Bandengan dan Kartini cukup murah yaitu 5 ribu rupiah per orang dan biaya naik perahu atau kapal sekitar 20 ribu rupiah. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Tips dan saran untuk berkunjung ke pantai pulau Panjang

Pulau Panjang yang letaknya ditengah laut serta harus naik perahu atau kapal untuk bisa sampai dipantai Pulau Panjang, sangat tidak disarankan bagi anda yang suka mabuk laut atau takut dengan naik perahu. Tips lainnya yaitu jangan bawa perbekalan yang diperlukan serta jangan lupa bawa kamera karena banyak spot foto menarik di pantai Pulau Panjang. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat sampah.

Demikianlah informasi tentang pesona pantai Pulau Panjang. Semoga dapat menginspirasi waktu liburan anda. Jangan lupa istirahat jika lelah atau mengantuk. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pesona Pantai Pulau Panjang Jepara Yang Menawan : Lokasi, Harga Tiket Fasilitas"

Post a Comment