Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara : Misteri, Sejarah, Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara - Kota Jepara merupakan kota dimana dilahirkannya Ibu R. A Kartini yang sangat terkenal akan perjuangannya dalam menyetarakan derajat wanita dengan pria. Selain terkenal karena sebagai kota kelahiran R.A. Kartini, Kota Jepara juga dikenal sebagai kota ukir atau kota kerajinan. Hal ini bisa kita lihat ketika kita masuk dikota Jepara, ada banyak sekali pengrajin atau pengukir yang bisa kita temukan disepanjang jalan atau hampir disemua daerah di Jepara.
Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Selain dua hal tersebut, kota Jepara juga sangat dikenal dengan potensi wisata alamnya yang sangat mengagumkan seperti pantai Bandengan, dan pantai Kartini. Namun jika anda ingin wisata pantai yang indah sekaligus memiliki nilai sejarah, anda bisa berkunjung ke pantai Benteng Portugis yang letaknya juga di Kabupaten Jepara.

Pantai Benteng Portugis mengingatkan kita akan sejarah dulu dimana bangsa kita bangsa Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Portugis. Banteng Portugis ini terletak di tepi pantai yang sekarang selain sebagai tempat wisata juga sebagai cagar budaya yang tentunya sangat dilindungi dan dirawat oleh pemerintah setempat.
Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Pantai Benteng Portugis ini menjadi salah satu wisata kebanggaan warga Jepara karena sekalin pemandangannya yang indah pantai Benteng Portugis juga memiliki nilai Sejarah dimana di pantai Benteng Portugis masih terdapat peninggalan-penginggalan Bangsa Protugis dijaman dulu.

Berkunjung di pantai Benteng Portugis pengunjung bisa langsung menikmati 3 destinasi wisata sekaligus yaitu wisata pantai utara Jawa, Wisata peninggalan bersejarah Bangsa Portugis dan wisata pulau Mandalika yang terkenal angker, misterius namun sangat mempesona.
Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Wisata Benteng Portugis sendiri terletak diatas bukit dan dekat dengan pantai. Karena telah ditetapkan sebagai Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, maka pengunjung harus ikut merawat dan tidak boleh mencuri, memindahkan  atau memisahkan barang-barang yang ada disana karena akan mendapatkan sanki hukum berdasarkan Undang-undah RI no 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Sejarah atau asal usul Benteng Portugis

Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Wisata pantai Benteng Portugis dimanakan Benteng Portugis karena memang tempat ini ada kaitannya dengan bangsa Portugis. Banteng ini dulunya memang dibangun oleh bangsa Portugis. Namun masih simpang siur kapan waktu pastinya banteng ini dibangun. Berdasarkan catatan sejarah, Benteng Portugis ini dibangun pada tahun 1600 masehi. Hal ini dikarenakan pada jaman tersebut sudah berdiri kerajaan Demak dan kota Batavia (Jayakarta). Benteng ini dibangun untuk melindungi kepentingan dagang mereka dengan Belanda dalam mengeruk rempah-rempah di pulau Jawa.
Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Jaman dulu Inggris juga mengincar tempat ini. Disebrang Benteng Portugis terdapat pulau Mandalika yang dulunya dijadikan sebagai tempat pengintaian lawan dengan dilengkapi meriam dipuncak bukit. Namun sayang sekali, meriam yang menjadi saksi sejarah tersebut kini hanya sisa 4 buah saja.

Baca juga : Pesona pantai Kartini jepara, lokasi, fasilitas dan harga tiket

Benteng Portugis ini dibangun dengan menggunakan bebatuan yang diambil dari pantai. Dipuncak bangunan terdapat rumah kecil sebagai tempat berteduh petugas penjaga Benteng. Namun keberadaan orang Portugis ditempat tersebut hanya sebentar, karena  banyak orang Portugis yang meninggal secara tidak wajar.
Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Menurut sejarah lain dulunya raja Mataram yaitu Sultan Agung berusaha mengusir Belanda, namun selalu gagal. Kemudian Sultan Agung memutar otak untuk melakukan pengusiran Belanda lewat dua jalur yaitu jalus darat dan jalur utara, Namun Sultan Agung hanya menguasi jalur darat sehingga meminta bantuan Portugis yang mahir perang dalam jalur laut dan dibangunlan Benteng Portugis ditempat tersebut. Keberadaan Orang Portugis ditempat tersebut tidaklah lama, setelah berhasil mengusir Belanda, orang Portugis pergi meninggalkan Jepara, namun ada versi lain yang mengatakan bahwa tentara Portugis menjadi korban dan menghilang secara mendadak.

Baca juga : Pesona wisata religi pulau panjang Jepara yang menawan, fasilitas, harga tiket

Mitos Benteng Portugis

Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Mitos Benteng Portugis juga tak lepas dari cerita sejarah dari keberadaan bangsa Portugis di Jepara. Mitos yang berkembang di Benteng Portugis adalah dulunya Pasukan Portugis datang ke Jepara dan membangun Benteng Portugis tidaklah lama. Hal ini dikarenakan banyak pasukan Portugis yang meninggal secara tidak wajar, bahkan banyak pasukan Portugis yang menghilang secara mendadak. Konon katanya antara Benteng Portugis dengan Pulau Mandalika terdapat pusaran air misterius yang dipercaya masyarakat sebagai pintu gerbang alam ghaib atau gerbang kraton siluman Luweng dengan raja siluman Buaya Putih. Siluman Buaya Putih inilah yang dulu pernah dikalahkan oleh Ki Leseh.

Baca juga :Pesona pantai Karimunjawa Surga tersembunyi di pantai Karimunjawa

Siluman Buaya Putih setelah kalah dari Ki Leseh bersumpah bahwa siapa saja yang berkulit putih seperti warna kulit Ki Leseh akan disedot oleh pusaran air laut hingga hilang entah kemana. Karena banyak korban hilang itulah yang membuat pasukan Portugis bergegas meninggalkan Jepara.

Keindahan alam pantai Benteng Portugis

Terlepas dari sejarah dan mitos yang berkembang mengenai Benteng Portugis, fakta sekarang yang ada di Benteng Portugis adalah pemandangan yang sangat indah. Dari Benteng Portugis terlihat hamparan laut yang luas dan bersih serta angin yang sepoe-sepoe yang membuat siapapun betah berlama-lama dikawasan wisata Pantai Benteng Portugis.
Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Wisata Pantai Benteng Portugis yang berlokasi di utara pulau Jawa tentunya tidak memiliki ombak yang ganas. Ombak dipantai Benteng Portugis cukup tenang sehingga aman bagi anda yang ingin berenang atau bemain air dipantai.

Baca juga : Spot Keren Pantai Empu Rancak Jepara : Rute Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Kuliner



Bagi anda yang hobi memancing, pantai Benteng Portugis juga sangat cocok untuk memancing, ada spot menarik di pantai Benteng Portugis yaitu di pantai bagian bebatuan, disana banyak ikan-ikan yang mudah untuk dipancing.
Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Dibenteng Portugis ini pengunjung juga bisa melihat tembok-tembok pengintai yang dibangun pada masa penjajahan Jepang. Memang dulu ketika Jepang datang ke Indonesia, Jepang membersihkan dan membangun kembali Benteng Portugis dengan melakukan sistem kerja Paksa atau yang dikenal dengan istilah Romusa. Namun ketika terjadi bom Atom di kota Hirosima dan Nagasakit, akhirnya pasukan Jepang meninggalkan Benteng Portugis ini.

Tidak hanya nilai sejarah serta pemandangan pantainya juga yang menjadi daya tarik dipantai Benteng Protugis, selain itu dipantai Portugis juga terdapat bukit dengan banyak pepohonan yang bisa menjadi spot foto yang menarik bagi para wisawatan.

Baca juga : Keindahan pantai Bandengan Jepara, Lokasi, fasilitas, harga tiket masuk pantai Bandengan

Benteng Portugis memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan ditambah beberapa benda peninggalan sejarah. Namun sayang karena ulah tangan-tangan jahil dan tidak bertanggung jawab, banyak benda bersejarah yang tidak dijaga dengan baik hingga akhirnya di coret-coret oleh tangan jahil. Ditambah lagi tempatnya yang terpencil dengan banyak pepohonan rimbum membuat tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat pacaran dengan meluapkan ekspresi cinta. Hal inilah yang sangat tidak dibolehkan, selain karena berbuatan asusila, tempat Benteng Portugis ini juga terkenal angker, banyak pemuda-pemudi yang tidak sopan mengalami kesurupan. Untuk itu baiknya anda jaga sikap selama berada di Benteng Porttugis.

Pulau Mandalika

Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Keberadaan pulau Mandalika yang dekat dengan pantai Benteng Portugis juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pulau Mandalika ini terlihat sangat jelas dari Benteng Portugis dan menjadi biground yang sangat cantik untuk berfoto atau berselfie. Untuk bisa mencapai Pulau Mandalika, pengunjung harus menyewa perahu atau kapal. Harga sewa perahu atau kapal yaitu 100 ribu bisa untuk 5 orang. Namun harga tersebut bisa berubah setiap waktu.

Pulau Mandalika terlihat masih sangat alami dengan pasirnya yang putih dan airnya yang biru jernih. Dipulau Mandalika tidak ada penduduk, hanya wisatawan saja yang datang dan pergi. Berada dipulau Mandalika yang terkenal angker ini bak seperti disyurga karena keindahan alamnya yang luar biasa.

Dipulau cantik ini ternyata juga terdapat makam yaitu makam mbah Sayid Utsman atau yang lebih dikenal sebagai Mbah Leseh yang pernah mengalahkan raja Siluman Buaya Putih. Dahulu Mbah Sayidd ini ditugaskan oleh Kanjeng Ratu Kalinyamat untuk bertapa tanpa busana. Ditempat dekat makam terdapat pemandian yang menurut warga sekitar jika mandi ditempat tersebut segala penyakit akan sembuh atas ijin Allah. Biasanya ritual mandi untuk menyembuhkan penyakit dilakukan pada hari sabtu pahing.

Fasilitas di pantai Benteng Portugis

Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Di pantai Benteng Portugis terdapat beberapa fasilitas seperti area parkir yang sangat luas, tempat istirahat, kamar mandi, taman bermain, tempat berkumpul keluarga, karoke, musola, warung makan, penginapan dan masih banyak lagi lainnya.

Lokasi pantai Benteng Portugis

Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara

Wisata pantai Benteng Portugis terletak di Kabupaten Jepara atau lebih tepatnya di desa Banyumanis, kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jika anda masih bingung anda bisa menggunakan google map untuk mencari lokasi pantai Benteng Portugis. Lokasi pantai Benteng Portugis memang lumayan jauh dari pusat kota Jepara. Diperlukan kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan. Namun, jalan menuju pantai Benteng Jepara sudah sangat bagus, dan bisa dilalui kendaraan besar seperti bus.

Rute menuju pantai Benteng Portugis

Bagi masyarakat yang tinggal di Jepara mungkin tak ada masalah dengan rute menuju pantai Benteng Portugis, namun bagi wisawatan yang dari luar Jepara mungkin agak kebingungan karena memang lokasinya cukup jauh dan terpencil.

Untuk menuju pantai Benteng Portugis anda bisa melewati kota Jepara, dari pusat kota Jepara lakukan perjalanan menuju Pati-Tayu sampai didesa Sambungoyot, kemudian belok kiri untuk menuju desa Banyu manis, ikuti petunjuk jalan dan lurus saja hingga sampai dikawasan pantai Benteng Portugis.

Harga tiket masuk pantai Benteng Portugis

Tiket masuk ke pantai Banteng Portugis dihari senin hingga jumat 2 ribu rupiah untuk anak-anak dan 3 ribu untuk orang dewasa, sedangkan dihari sabtu dan minggu tiket masuk 3 ribu untuk anak-anak dan 5 ribu untuk orang dewasa. Untuk tiket masuk kendaraan yaitu 1000 hingga 5000 tergantung jenis kendaraannya.

Tips dan saran untuk pergi ke pantai Benteng Portugis

Tips berkunjung ke pantai Benteng Portugis adalah siapkan kendaraan yang fit karena memang lokasi pantai Benteng Portugis lumayan jauh, selain itu isi full bensin karena waktu saya kesana tidak ada pom bensin, bawa bekal yang cukup serta bawa obat-obatan pribadi. Siapkan juga kondisi tubuh yang fit dan jangan lupa membawa kamera, ada banyak spot foto menarik di pantai Benteng Portugis.

Tips dan saran yang paling penting selama berada di pantai Benteng Portugis adalah dengan berperikalu sopan dan hindari perbuatan asusila karena pantai Benteng Portugis terkenal angker dan banyak cerita mistis. Ikut serta menjaga barag-barang bersejarah dipantai Benteng Portugis dengan jangan merusak atau mencoret-coretnya. Buanglah sampah pada tempatnya dan jangan lupa istirahat jika merasa lelah atau mengantuk.

Demikianlah informasi tentang pantai Benteng Portugis dengan segala kisah sejarah dan mitosnya. Semoga informasi diatas memberikan inspirasi hari libur anda sekeluarga. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisata Pantai Benteng Portugis Jepara : Misteri, Sejarah, Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas"

Post a Comment