10 Spot Keren Pantai Ngluen Saptosari Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

Pantai Ngluen Saptosari Gunung Kidul Yogyakarta - Rutinitas dan kesibukan sehari-hari entah itu karena pekerjaan, tugas kuliah, mengurus rumah dan lain sebagainya, tentu sebagai manusia kita semua butuh penyegaran untuk menghilangkan rasa penat dan stres akibat kesibukan tersebut. Salah satu hal yang paling ampuh untuk menyegarkan pikiran dari stres akibat rutinitas adalah dengan mengunjungi tempat wisata, dan tempat wisata yang cocok adalah wisata alam.

Berbicara tentang wisata alam, tentunya kita sangat merekomendasikan anda untuk berlibur di Yogyakarta atau lebih tepatnya di kawasan Gunung Kidul. Kenapa harus ke Gunung Kidul? Karena Gunung Kidul memiliki panorama alam yang sangat indah. Di Gunung Kidul terdapat banyak sekali wisata alam terutama wisata pantai dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan yang pastinya dapat melupakan semua masalah dan rasa stres anda karena berbagai macam kesibukan.
Pantai Ngluen Saptosari Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata pantai di Gunung Kidul berbeda dengan wisata pantai yang ada di daerah lainnya. Pantai-pantai di Gunung Kidul selain memiliki ciri khas yaitu pasir pantai yang berwarna putih dan juga air lautnya yang sangat jernis, di pantai-pantai Gunung Kidul juga terdapat banyak tebing-tebing atau bukit-bukit karang yang membuat pemandangan di pantai Gunung Kidul semakin eksotis.

Ada banyak wisata pantai di Gunung Kidul, setiap wisata pantai di Gunung Kidul memiliki keunikan masing-masing, anda bisa memilih wisata pantai yang sesuai dengan apa yang anda harapkan. Tak puas dengan satu lokasi wisata pantai, anda bisa berpindah di lokasi wisata pantai lainnya, lokasinya yang sangat berdekatan tentunya akan lebih mudah anda untuk mengunjungi beberapa wisata pantai sekaligus dalam sehari.
Pantai Ngluen Saptosari Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata pantai yang paling Poluler di Gunung Kidul diantaranya adalah pantai Baron, pantai Indrayanti, pantai Kukup, pantai Nglambor, pantai Krakal. Namun jika ingin merasakan suasa pantai yang sepi seakan seperti pantai pribadi, anda bisa berlibur di pantai Ngluen. Pantai Ngluen tak banyak diketahui oleh wisatawan karena selain memang belum terkenal, pantai Ngluen juga masih sangat sepi pengunjung. Meskipun demikian, keindahan pemandangan di pantai Ngluen tak kalah dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, bahkan dengan pemandangannya yang indah, pantai Ngluen mendapatkan julukan surga yang tersembunyi.

Sama halnya dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, pantai Ngluen juga memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. Selain itu di pantai Ngluen juga terdapat bukit-bukit karang atau pegunungan karts khas Gunung Kidul. Dengan kondisi alamnya tersebut membuat pantai Ngluen terlihat sangat mempesona dan tentunya tak akan membuat anda kecewa berlibur di pantai Ngluen.

Hal menyenangkan di pantai Ngluen Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngluen meskipun tak setenar pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, namun di pantai Ngluen ada banyak hal menyenangkan yang bisa kita lakukan bareng teman-teman. Nah berikut beberapa hal menyenangkan yang bisa kita lakukan di pantai Ngluen.

Berpetualangan di pantai Ngluen Gunung Kidul


Pantai Ngluen Saptosari Gunung Kidul Yogyakarta
Hal menyenangkan pertama yang pasti akan dirasakan pengunjung adalah sensasi berpetualang di alam pantai Ngluen. Hal ini dikarenakan rute menuju ke pantai Ngluen merupakan jalan setapak yang harus dilalui dengan cara berjalan kaki. Dirute tersebut kita akan melewati semak belukar, naik turun bukit, persawahan dan sebainya. Meskipun perjalanan cukup melelahkan, namun disepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, sesekali kita bisa berhenti beristirahat sambil berfoto.

Sensasi berwisata di pantai Pribadi

Pantai Ngluen Saptosari Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngluen merupakan satu diantara beberapa pantai Gunung Kidul yang masih sangat alami bahkan bisa dikatakan pantai yang masih liar. Hal ini dikarenakan kondisi pantai yang sangat sepi ditambah akses menuju pantai yang sulit. Berlibur di pantai Ngluen tentu akan merasakan sensasi berlibur di pantai Pribadi karena tak ada orang lain selain dari rombongan anda sendiri.

Bermain dan berolah raga di pantai Ngluen

Meskipun pantai Ngluen tak begitu luas, namun kondisi pantai yang sepi membuat kita lebih leluasa dalam menjelahai atau bermain di pantai. Di pantai Ngluen kita bisa bermain pasir, atau berolah raga dipantai seperti main Bola voli, sepak bola dan lain sebagainya.

Menikmati pemandangan alam yang indah sambil berselfie di pantai Ngluen

Pantai Ngluen mendapatkan julukan surga yang tersembunyi dari beberapa orang yang pernah berkunjung ke pantai Ngluen. Hal tersebut tak lain karena keindaha alam di pantai Ngluen yang luar biasa, pasir pantainya yang putih bersih berpadu dengan air laut yang jernih serta di tambah bukit-bukit karang yang hijau semakin menambah kecantikan di pantai Ngluen. Di pantai Ngluen kita dapat menemukan banyak spot foto yang menarik dan keren. Bagi anda yang suka berselfie, tentu pantai Ngluen akan menjadi surga bagi anda.

Camping di pantai Ngluen Gunung Kidul

Pantai Ngluen Saptosari Gunung Kidul Yogyakarta

Kondisi pantai Ngluen yang sepi dan tenang, memang pas untuk melepaskan segala keresahan dan rasa stres akibat tekanan pekerjaan dan lain sebagainya. Kondisi seperti inilah yang sering kali di manfaatkan para pemuda untuk mendirikan tenda atau berkemah di pantai Ngluen. Namun jika anda ingin berkemah di pantai Ngluen pastikan membawa perbekalan yang lengkap serta lihat kondisi cuaca.

Fasilitas di pantai Ngluen Gunung Kidul 

Pantai Ngluen merupakan pantai yang masih tergolong pantai liar dan sangat alami. Hal ini bisa dilihat dari akses jalan menuju ke pantainya. Karena kondisinya yang masih liar dan belum banyak terjamah oleh wisatawan, tentunya di pantai Ngluen belum ada fasilitas sama sekali. Di pantai Ngluen hanya ada hamparan pasir, deburan ombak, serta bukit-bukit hijau yang menyegarkan mata.
Pantai Ngluen Saptosari Gunung Kidul Yogyakarta

Mengingat pantai Ngluen masih sangat sepi dan belum ada fasilitas apapun, anda dan juga teman-teman jika berencana berlibur ke pantai Ngluen disarankan untuk membawa perbekalan seperti makanan dan minuman, terlebih jika anda ingin bercamping di pantai Ngluen. Namun anda juga harus tetap menjaga kebersihan pantai dengan membawa kembali sampah bekas bungkus makanan yang anda bawa. Jangan sampai anda mengotori pantai yang masih sangat alami tersebut.

Untuk masalah fasilitas penginapan, di kawasan pantai Ngluen maupun pantai Butuh belum ada penginapan maupun hotel apapun. Namun, anda tetap di perbolehkan menginap di pantai Ngluen dengan mendirikan tenda atau bercamping. Namun sebelum anda memutuskan untuk becamping, pastikan semua perlengkapan dan perbekalan sudah anda bawa. Hal ini dikarenakan selain akses menuju ke pantai Ngluen sangat sulit, di pantai Ngluen juga belum ada fasilitas sama sekali.

Lokasi pantai Ngluen Gunung Kidul

Pantai Ngluen berlokasi di desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak tempuh dari pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Pantai Ngluen secara geografis masih satu wilayah dengan pantai Mbirit dan pantai Butuh. Dengan demikian, untuk bisa sampai di pantai Ngluen, kita harus menuju ke pantai Butuh terlebih dulu. Sesampai di pantai Butuh kita bisa memarkirkan kendaraan yang kemudian perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki. Hal ini dikarenakan akses menuju ke pantai Ngluen belum bisa dilalui oleh kendaraan, jalan menuju ke pantai Butuh juga memerlukan sedikit perjuangan karena jalannya cukup menantang dan sulit. Meskipun demikian, segala kelelahan anda akan terbayarkan ketika anda sampai di pantai Ngluen, keindahan alam bak surga akan tersaji di depan mata anda.

Rute menuju ke pantai Ngluen Gunung Kidul Yogyakarta

Untuk menuju ke pantai Ngluen Gunung Kidul, kita bisa menggunakan rute menuju pantai Butuh karena memang lokasi pantai Ngluen dan pantai Butuh masih satu wilayah. Rute yang bisa anda lalui yaitu dari pusat kota Yogyakarta menuju ringroad jl wonosari - perempatan sampaan - pertigaan piyungan lurus saja - patuk atau bukit bintang - pasar buah sambipitu - sambipitu -  hutan bunder - lapanga gading - pertigaan belok ke kanan menuju playen - tumpak - pasar playen - pasar playen ke arah selatan menuju ke paliyan - pasar paliyan ke timur kemudian ke selatan - pus lapur TNI AD  masih lurus - polsek Saptosari masih ke barat - jl panggang wonosari - desa jetis - balai desa Krambil sawit - pantai Butuh - Pantai Ngluen.

Setelah sampai di pantai Butuh, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan rute yang cukup menarik dimana jalan kita akan melewati jalan setapak kecil yang tentunya membutuhkan perjuangan karena kita akan melewati jalan yang harus naik turun bukit. Selain itu kita juga akan melewati semak-semak dimana kita harus selalu waspada jika ada hewan melata menghadang. 

Rute menuju ke pantai Ngluen memang sedikit membingungkan, namun anda tak perlu khawatir, ada beberapa petani yang biasa berseliweran di kawasan tersebut sehingga kita bisa bertanya jalan menuju ke pantai Ngluen. Ketika kita sampai di pertigaan, anda ambil jalan lurus, karena jalan yang belok ke kanan adalah jalan menuju ke pantai Mbirit. Jalan yang lurus ini jalannya berbukit dan anda dituntut untuk berhati-hati. 

Meskipun rute menuju ke pantai Ngluen cukup sulit dan membutuhkan perjuangan, namun anda tak akan di buat kecewa dengan keindahan pemandangan yang ada di pantai Ngluen, namun sebelumnya anda harus sudah membawa perbekalan seperti makanan dan minuman sebelum melakukan perjalanan. Hal ini dikarenakan di pantai Ngluen tak ada fasilitas dan tidak ada penjual makanan atau minuman.

Tiket masuk ke pantai Ngluen Gunung Kidul

Untuk masuk ke pantai Ngluen sebenarnya belum dikenakan biaya tiket. Hal ini dikarenakan pantai Ngluen yang masih tergolong pantai liar dan belum memiliki fasilitas apapun. Namun, untuk memasuki kawasan pantai ini kita dikarenakan biaya tiket sebenar 10 ribu rupiah. Tiket tersebut dibayarkan ketika kita masuk ke wilayah pantai Butuh. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk pantai-pantai dikawasan tersebut.

Tips berwisata di pantai Ngluen Gunung Kidul

Mengingat pantai Ngluen adalah pantai yang masih liar dengan akses yang cukup sulit, tentu saran dan tips sebelum anda memutuskan berlibur ke pantai Ngluen adalah cuaca. Jangan pergi ke pantai Ngluen saat musim hujan karena akses akan semakin sulit. Untuk menjaga keamanan serta menghilangkan suasana hening, anda jangan pergi ke pantai Ngluen sendirian, ajaklah teman-teman anda secara berombongan dan rasakan sensasi berpetualang di pantai Ngluen. Sebelum berangkat ke pantai Ngluen, pastikan semua perlengkapan dan perbekalan terbawa, karena di pantai Ngluen tak ada fasilitas sama sekali. Isi bahan bakar kendaraan penuh dan istirahat jika anda merasa lelah atau mengantuk. Di pantai Ngluen anda wajib menjaga kebersihan pantai, bawa kembali sampah yang anda bawa dan buanglah di tempat sampah yang bisa anda temui di jalan pulang. Jangan lupa bawa kamera dan hp dalam kondisi batrai full, karena banyak pemandangan menakjubkan yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

Demikianlah informasi tentang pantai Ngluen Gunung Kidul. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi liburan anda. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Spot Keren Pantai Ngluen Saptosari Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas"

Post a Comment