15 Spot Foto Keren Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Kuliner, Penginapan

Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta -  Berbicara tentang wisata pantai di Gunung Kidul memang tak pernah ada habisnya. Belum habis mengunjungi pantai-pantai lama, pantai-pantai baru sudah bermunculan lagi di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Memang Gunung Kidul Yogyakarta merupaka gudangnya wisata pantai. Ada puluhan wisata pantai di Gunung Kidul Yogyakarta yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan eksotis. 

Tak heran jika Gunung Kidul Yogyakarta selalu menjadi incaran para wisatawan, terutama turis muda dan bacpacker yang mengincar sesuatu yang baru. Hal ini karena di Gunung Kidul memiliki pantai yang berbeda dengan pantai-pantai yang ada di daerah lainnya. Selain terkenal akan pasirnya yang putih dan bersih, Pantai Gunung Kidul juga dikenal akan keindahan alamnya karena banyaknya bukit-bukit karang yang mempercantik pemandangan di kawasan pantai Gunung Kidul. Hal ini yang memberikan kepuasan tersendiri bagi para wisatawan.
Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Salah satu pantai Gunung Kidul yang memiliki pemandangan alam yang eksotis adalah pantai Seruni. Bagi sebagian wisatawan, mungkin pantai Seruni terdengar agak asing, karena memang pantai Seruni tak sepopuler pantai-pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Baron, pantai Kukup, Pantai Indrayanti, Pantai Nglambor dan pantai Gunung Kidul lainnya. Namun pantai Seruni sangat di rekomendasikan untuk anda kunjungi saat berada di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta. Hal ini tak lain adalah karena keindahan alamnya yang luar biasa.

Pantai Seruni merupakan pantai yang dikembangkan oleh masyarakat sekitar setelah pantai Pok Tunggal. Lokasi pantai yang masih bersebelahan dengan pantai Pok Tunggal atau ada disebelah timurnya pantai Pok Tunggal, hanya saja pantai Seruni tak seramai pantai Pok Tunggal yang memang sudah dikenal oleh wisatawan luas bahkan hingga ke mancanegara. Namun, keindahan pemandangan alam di pantai Seruni sama dengan yang ada di pantai Pok Tunggal. Dengan demikian pantai Seruni bisa menjadi alternatif bagi anda yang tak suka dengan keramaian.
Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Seruni memiliki karakteristik pantai yang sama dengan pantai Pok Tunggal yaitu dengan pasir pantainya yang putih dan bersih dan juga adanya perbukitan yang menjulang tinggi yang khas dengan thiwulnya. Pantai Seruni belum banyak dijamah oleh orang, sehingga suasana alam di pantai Seruni masih sangat alami dan asri walaupun sudah ada beberapa bangunan seperti warung makan dan lain sebagainya.

Asal-usul pantai Serunii Gunung Kidul Yogyakarta

Nama pantai Seruni berasal dari nama bunga dari bahasa latin yaitu Chrysanthemun atau lebih dikenal sebagai Chrysous yaitu bunga Seruni yang memiliki arti emas. Emas disini diartikan sebagai keindahan yang menghasilkan bagi para penduduk sekitar pantai Seruni. Memang benar, pantai Seruni bagaikan tambang emas bagi penduduk sekitar. Dengan adanya pantai Seruni, penduduk sekitar menjadi kebanjiran rejeki dengan mengais rejeki di kawasan pantai seperti berjualan, menyewekan peralatan dan lain sebagainya.
Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Seruni pada waktu musim tertentu, ombak laut di pantai Seruni sangat besar hingga sebagian masuk ke area pantai. Batu-batu karang yang biasanya terlihat saat pantai surut akan tenggelam saat gelombang air laut naik. Disaat tersebut pengunjung dilarang berenang karena sangat berbahaya.

Keunikan dan daya tarik pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Sama halnya dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya, pantai Seruni juga memiliki keunikan sendiri yang menjadi pembeda atau ciri khas dari pantai Seruni itu sendiri. Selain pemandangan alam serta panoramanya yang sangat indah dan menawan, daya tarik pantai Seruni adalah adanya air pancuran buatan yang sekilas mirip air terjun. Air pancuran tersebut berasal dari mata air tawar yang sudah dilengkapi dengan pipa penampungan dan pipa pancuran. Air mancur ini sering kali di manfaatkan oleh para wisawatan sebagai tempat untuk membilas yang asik. Namun, air pancuran di pantai Seruni ini hanya bisa anda nikmati saat air laut sedang surut, karena ketika air laut sedang pasang, air mancur tersebut akan tenggelam oleh air laut sehingga sangat berbahaya jika anda tetap nekat pergi ke air mancur tersebut.
Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Selain keindahan alam serta adanya air mancur daya tarik lain di pantai Seruni adalah suara desuran ombak yang terdengar hingga kejauhan. Tidak hanya itu saja, suasana pantai yang memberikan nuansa romantis dan eksotis bagi setiap pengunjung yang datang ke pantai Seruni juga merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisawatan. Kondisi pantai yang tenang tak begitu ramai juga akan memberikan kenyaman bagi wisatawan.

Baca juga : 10 Spot foto keren pantai Wohkudu Gunung Kidul Yogyakarta

Keindahan pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Seruni Gunung Kidul ini menyajikan keindahan dan ekosisteme pemandangan dan panorama pantai yang sangat memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke pantai Seruni. Saat menginjakan kaki pantai Seruni, semua kelelahan dan keletihan akan langsung sirna karena semua langsung terbayar dengan pesona keindahan alam di pantai Seruni.
Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai di area bibir pantai serta menikmati lembutnya pasir pantai yang ada di pasir pantai. Keadaan pantai Seruni yang masih alami memberikan nuanasa udara yang sangat segar, tidak heran jika wisatawan yang betah berlama-lama berada di pantai Seruni.

Baca juga : 10 Spot keren pantai Sanglen Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Seruni seperti pantai-pantai Gunung Kidul lainnya yaitu dikelilingi oleh bukit-bukit karang yang tinggi dan juga sangat indah. Bukan hanya sekedar bukit atau tebing saja, namun di tebing yang ada di pantai Seruni terdapat celah-celah batu yang membentuk air terjun . Beberapa celah batu dipasang pipa pralon untuk kebutuha air bersih bagi masyarakat warga sekitar di pantai Seruni. Namun saat musim kemarau, air akan mengering dan hanya nampak tetesan air saja.

Hal menyenangkan di pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Seruni meskipun memiliki pemandangan yang indah, namun pantai Seruni masih sepi dari pengunjung jika di bandingkan dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai yang ada disebelahnya yaitu pantai Pok Tunggal. Dengan kondisinya yang tak begitu ramai serta suasana pantai yang masih sangat alami tentu akan ada banyak hal menyenangkan yang bisa kita lakukan di pantai Seruni.

Berolah raga di pantai Seruni Gunung Kidul

Pantai Seruni memiliki suasana yang asri dan alami namun sepi pengunjung, tentu keadaan ini sangat cocok sekali untuk berolah raga seperti bermain volly pantai sepak bola pantai dan lain sebagainya. Anda bisa mengajak teman-teman anda untuk berlibur di pantai Seruni dan melakukan aktivitas olah raga di pantai Seruni, tentu akan sangat menyenangkan sekali.

Baca juga : Spot foto keren pantai Nguyahan Gunung Kidul Yogyakarta

Bermain pasir di pantai Seruni Gunung Kidul

Pantai Seruni memiliki pasir pantai yang putih dan bersih serta teksturnya yang lembut, tentu hal tersebut akan sangat menyenangkan sekali bagi anda yang suka bermain pasir pantai, terlebih suasana pantai Seruni yang tak begitu ramai akan menjadi lebih menyenangkan.

Spot foto terbaik di pantai Seruni Gunung Kidul 

Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Seruni memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan eksotis, jadi tak perlu diragukan lagi jika pantai Seruni merupakan surganya bagi para pecinta Selfie. Di pantai Seruni ada banyak sekali spot foto yang keren, bahkan hampir semua sudut di pantai Seruni merupakan spot foto yang keren. Spot foto terbaik di panta Seruni adalah di atas bukit di bawah air pancuran dan masih banyak lagi. Namun, untuk mendapatkan spot foto terbaik, sebaiknya anda datang ke pantai Seruni jangan di hari libur, karena saat hari libur banyak pengunjung yang berdatangan di pantai Seruni sehingga foto tak bisa maksimal.

Terdapat air mancur buatan di pantai Seruni Gunung Kidul

Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Yang menjadi pembeda pantai Seruni dengan pantai Gunung Kidul lainnya adalah adanya air pancuran buatan yang ada di celah-telah bukit di pantai Seruni. Air pancuran ini yang juga menjadi daya tarik utama dari pantai Seruni. Wisatawan bisa berfoto atau bahkan mandi dan berbilas di air pancuran tersebut. Waktu terbaik untuk bisa menikmati air pancuran di pantai Seruni adalah saat musim penghujan, karena saat musim kemarau, debit air tak sebanyak seperti saat musim hujan.

Pemandangan tebing pantai yang indah dan eksotis di pantai Seruni Gunung Kidul

Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Tidak hanya pemandangan pasir pantainya yang putih dan bersih serta air lautnya yang jernih, di pantai Seruni kita juga akan disuguhkan oleh pemandangan tebing karang yang sangat indah yang tentunya bisa menjadi Biground foto yang keren.

Spot memancing di pantai Seruni Gunung Kidul

Nah bagi anda yang suka memancing, pantai Seruni memiliki spot menarik untuk memancing. Tebing bagian atas dan sebelah timur terdapat sumber air tawar yang menuju ke pantai Seruni yang juga merupakan sumber dari air terjun di pantai Seruni. Nah di sumber air tawar tersebutlah wisatawan bisa memancing sambil menikmati pemandangan yang indah di pantai Seruni.

Menikmati sunsire dan sunset di pantai Seruni

Selain keindahan alamnya yang luar bisa, keindahan matahari terbit dan juga matahari terbenam di pantai Seruni juga sangat indah sekali. Saat cuaca sedang cerah, pemandangan ini sangat terlihat jelas, anda mengabadikan moment keren ini dengan kamera anda. Untuk bisa menikmati keindahan sunsire dan juga sunset anda bisa menginap di pantai Seruni.

Camping di pantai Seruni Gunung Kidul

Pantai Seruni juga merupakan kawasan pantai yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat berkemah atau camping. Namun untuk camping di pantai Seruni, wisatawan harus ijin terlebih dulu pada pengelola pantai atau warga sekitar, selain itu anda juga wajib mematuhi aturan yang berlaku di pantai Seruni seperti harus menjaga kebersihan pantai dan tidak merusak pantai.

Fasilitas pantai Seruni Gunung Kidul

Meskipun tak seramai pantai sebelahnya yaitu pantai Pok Tunggal, namun fasilitas yang ada di pantai Seruni sudah lengkap, hanya saja, akses menuju ke pantai Seruni belum beraspal dan berupa batu bercampur tanah. Untuk fasilitas yang tersedia di pantai Seruni antara lain adalah area parkir, kamar mandi atau kamar bilas, toiled, warung makan dan lain sebagainya.

Lokasi pantai Seruni Gunung Kidul

Pantai Seruni terletak di desa Tepus, kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Seruni berlokasi disebelah timur pantai Pok Tunggal. Pantai Seruni bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta.

Rute menuju pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Rute menuju ke pantai Seruni satu arah dengan pantai Pok Tunggal, yaitu ada 2 jalur. Jalur pertama yaitu dimulai dari kota Yogyakarta, kemudian menuju ke arah Wonosari, ikuti arah menuju ke pantai Baron, masuk ke arah pantai Kukup, kemudian pantai Krakal, kemudian masuk ke pantai Indrayanti, pantai Pok Tunggal baru kemudian sampai di pantai Seruni.

Rute pantai Seruni searah dengan pantai Pok Tunggal hanya saja berbeda di persimpangan jalan setelah jalan cor habis. Untuk menuju ke pantai Pok Tunggal anda bisa belok ke kiri, sedangan pantai Seruni anda belok ke kanan. Setelah jalan cor habis, anda akan melalui jalan bebatuan yang cukup menantang, terlebih saat musim penghujan. Sepanjang 2 km anda harus ekstra hati-hati dalam berkendara.

Harga tiket masuk ke pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta

Harga tiket masuk ke pantai Seruni sebesar 10 ribu rupiah, untuk biaya parkir 3 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil. Harga tiket tersebut sudah termasuk pantai dikawasan tersebut yaitu pantai Indrayanti, pantai Baron, pantai Krakal, pantai Kukup dan pantai Pok Tunggal.

Tips berwisata di pantai Seruni Gunung Kidul

Untuk pergi berlibur di pantai Seruni, baiknya anda pastikan kendaraan dalam kondisi fit. Hal ini dikarenakan jalan menuju ke pantai Seruni cukup menantang dan sulit. Selain itu anda juga harus ini bahan bakar full, karena disana tidak ada pom bensi. Bawa perbekalan yang diperlukan. Istirahat jika merasa lelah atau mengantuk. Di pantai Seruni anda wajib menjaga kebersihkan pantai.

Demikianlah informasi tentang pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Spot Foto Keren Pantai Seruni Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Kuliner, Penginapan"

Post a Comment