15 Spot Keren Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas

Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta  - Yogyakarta memang merupakan pusatnya tempat wisata, di Yogyakarta ada banyak sekali tempat wisata seperti wisata kuliner, wisata budaya dan seni, wisata sejarah, wisata edukasi dan wisata alam. Khusus untuk wisata alam Yogyakarta memang daerah yang istimewa, karena Yogyakarta memiliki pemandangan alam yang luar biasa sehingga banyak daerah di Yogyakarta yang memiliki potensi wisata, baik di pegunungan maupun di pesisir pantai.

Sudah tak asing lagi, jika tempat wisata di Yogyakarta menyuguhkan pemandangan luar biasa, terutama wisata pantainya. Ya, Yogyakarta atau lebih tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul terdapat banyak sekali wisata pantai yang lokasinya berjejeran, bahkan sepanjang garis pantai di Gunung Kidul merupakan tempat wisata. Sangking banyaknya, bahkan sering kali membuat wisatawan bingung akan mengunjungi wisata pantai yang mana.
Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta


Meskipun di Gunung Kidul Yogyakarta terdapat banyak wisata pantai, namun setiap wisata pantai di Gunung Kidul memiliki keunikan dan daya tarik sendiri-sendiri. Daya tarik utama dari pantai Gunung Kidul tak lain adalah pasir pantainya yang putih serta pemandangan alamnya yang cantik. Banyaknya bukit karang di kawasan pantai Gunung Kidul yang membuat pemandangan semakin eksotis. Salah satu pantai yang memiliki pemandangan eksotis dalah pantai Jogan.

Begitu banyaknya wisata pantai di Gunung Kidul memang hanya memberikan keindahan alam dengan pasir pantainya yang putih. Namun, pantai Joga memberikan nuansa kealamian yang berbeda dan membuat siapaun berdecak kagum banyak wisatawan. Iya, berkunjung ke pantai Jogan, kita akan melihat pemandangan yang sangat elok dari sebuah air terjun yang meluncur deras. Tentu sangat jarang sekali, wisata pantai yang memiliki pemandangan eksotis seperti air terjun.
Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jogan memang tak sepopuler pantai Indrayanti, pantai Baron, atau pantai Kukup, namun adanya air terjun di pantai Jogan menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke pantai Jogan. Air terjun memberikan pemandangan yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul Yogyakarta.

Di balik keunikan pantai Jogan ini, sayangnya belum banyak wisatawan yang tahu. Kurangnya promosi serta masih sedikit terekspos oleh media menjadikan pantai Jogan masih sepi dari pengunjung. Di hari biasa, pengunjung bisa di hitung dengan jari, namun ketika hari libur pantai Jogan lebih ramai dari pada hari-hari biasa. Mengetahui akan keindahan pantai Jogan sangat disayangkan jika anda tidak mampir di pantai Jogan saat berkunjung ke Gunung Kidul Yogyakarta.

Asal usul nama pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai dengan pemandangan air terjun yang eksotis ini dinaman pantai Jogan yang dalam bahasa Jawa berarti lantai. Entah bagaimana filosofi yang sebenarnya dari pantai ini, yang pasti nama pantai Jogan ini sesuai dengan keindahan dari destinasi wisatanya. Pantai Jogan juga dilewati oleh air sungai yang mengalir deras bak air terjun. Mungkin dari sini juga pantai tersebut dinamakan pantai Jogan karena airnya yang mengalir dari atas hingga ke bawah.

Misteri di pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Selain menyuguhkan pemandangan alamnya yang sangat indah yang berbeda dengan pantai-pantai lainnya pada umumnya, ada hal lain yang juga menjadi pembeda antara pantai Jogan dengan pantai-pantai lainnya yaitu di pantai Jogan tidak memiliki cerita mistis atau misteri yang sangat kental dengan pantai selatan layaknya pantai Parangtritis, pantai Jungwok, pantai Karang Bolong, pantai Sadranan dan pantai-pantai lainnya. Untuk itu, di pantai Jogan kita tak pernah akan menemukan acara adat atau ritual sesajen seperti di pantai-pantai lainnya.

Pesona pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jogan memiliki karakteristik yang berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya. Jika di wisata pantai anda bisa menemukan dan bermain pasir di pantai, tidak di pantai Jogan. Di pantai Jogan anda tidak akan menemukan hamparan pasir pantai karena batasan antara lautan dan daratan adalah tebing-tebing yang cukup tinggi.
Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Pesona utama dari pantai Jogan tak lain adalah adanya air terjun yang langsung meluncur deras ke lautan. Saat air laut sedang pasang, lokasinya jatuhnya air terjun akan langsung terendam oleh air laur. Namun saat air sedang surut, wisatawan dapat melihat jatuhnya air dari tebing menuju ke bawah menimpa bebatuan yang ada di bawah. 

Air terjun dengan tinggi sekitar 10 meter ini memang menyajikan pemandangan yang luar biasa. Pemandangan cantik ini yang biasanya dijadikan latar belakang untuk berfoto atau berselfie. Gambar yang anda ambil dengan beground air terjun ini tentu akan menjadi foto yang sangat keren, dan jika di ungggah di media sosial pasti akan ada banyak teman-teman anda yang like dan koment.
Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Untuk melihat pemandangan yang lebih keren lagi, anda disarankan untuk turun kebawah. Ada dua cara untuk bisa turun kebawah. Cara pertama yaitu dengan tehnik canyoning atau alias reppeling di air terjun. Namun tehnik pertama tersebut sangat tidak disarankan karena selain membutuhkan peralatan lengkap juga pasti membutuhkan keahlian. Sedangkan cara kedua yaitu dengan turun melewati jalan setapak yang licin dan basah karena air terjun. Jalan setapak tersebut sudah tersedia kayu-kayu pegangan sebagai penobang tubuh. Meskipun demikian, kita harus tetap berhati-hati karena medannya yang sangat curam.

Baca juga : 10 spot foto keren panta Slili Gunung Kidul Yogyakarta

Setelah berhasil turun ke bagian bawah air terjun, bukan berarti tantangan sudah berakhir. Ada tantangan selanjutnya yaitu anda harus melewati karang yang dihuni oleh ribuan anak kepiting berwarna transparan dengan ukuran kurang lebih 5 mm. Meskipun masih anakan, namun bukan perkara mudah untuk bisa melewatinya, terlebih dengan kaki telanjang. Kepiting-kepiting tersebut biasanya oleh warga setempat dijadikan sebagai olahan sayur atau lauk pelengkap nasi. Saran untuk anda, baiknya menggunakan alas kaki ketika akan melewati kawanan anak kepiting tersebut.
Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Setelah anda berhasil melewati kawanan anak kepiting, anda bisa lanjut turun dan menikmati segarnya air jogan waterfall, tentunya bagi anda yang memiliki nyali lebih. Selain bisa menikmati indahnya pemandangan dari bawah, anda juga bisa sambil berselfie untuk mengabadikan moment-mment langka selama di pantai Jogan.
Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Air terjun di pantai Jogan sendiri dihasilkan dari sumber air di perbukitan karst yang terletak dibagian utara pantai Jogan. Selain air terjun, di kawasan pantai Jogan juga banyak ditumbuhi oleh tanaman palma yang membuat pantai Jogan semakin sejuk dan menyenangkan.

Fasilitas di pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jogan merupakan pantai yang masih sepi dari pengunjung. Untuk itu, fasilitas di pantai Jogan juga belum selengkap di pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Beberapa fasilitas yang ada di pantai Jogan diantaranya adalah area parkir yang tidak begitu luas, beberapa gubuk yang terbuat dari kayu dan bambu yang dibuat sekedarnya untuk beristirahat, satu buah toiled dan satu buah toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Untuk masalah makanan, di pantai Jogan terdapat beberapa warung kecil yang menjual minuman dan jajanan.

Baca juga : 10 Spot foto keren pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta
Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Dengan fasilitas yang sangat terbatas tersebut, anda tidak akan menemukan hotel maupun penginapan yang mewah di pantai Jogan, bahkan penginapan sederhana pun tak tersedia. Untuk itu, bagi anda yang ingin menginap di pantai Jogan, anda bisa mendirikan tenda untuk camping, namun anda harus ijin terlebih dulu kepada pengelola atau masyarakat setempat. Dan yang pastinya anda harus membawa perbekalan sendiri.

Wisata yang dekat dengan pantai Jogan

Selain berwisata di pantai Jogan anda juga bisa berwisata di tempat wisata disekitar pantai Jogan seperti pantai Nglambor dan pantai Siung masih dalam satu kawasan. Selain itu, anda juga bisa berwisata di tempat wisata lainnya yang jaraknya masih dekat dengan pantai Jogan yaitu pantai Indrayanti, pantai Kukup, dan Goa Pindul. Di antara 3 wisata tersebut anda juga bisa menemukan banyak penginapan atau hotel juga anda ingin bermalam dikawasan pantai Gunung Kidul.

Lokasi pantai Jogan

Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Jogan berlokasi di Jl. Pantai Siung, Dusun Wates Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak dari Pusat kota Yogyakarta yaitu sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi pantai Jogan masih satu lokasi dengan pantai Siung dan pantai Nglambor.

Tiket masuk ke pantai Jogan

Tiket masuk ke pantai Jogan yaitu hanya 10 ribu saja. Tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk ke pantai Siung dan pantai Nglambor. Untuk biaya parkir yaitu 3 ribu untuk sepeda motor, 5 ribu untuk mobil dan 20 ribu untuk bus.

Rute perjalanan menuju ke pantai Jogan

Rute menuju pantai Jogan sangat mudah sekali karena masih satu jalur dengan pantai Siung dan panta Nglambor, jalan yang dilalui juga sangat bagus, hanya saja setelah parkiran kita harus berjalan kaki untuk bisa sampai di pantai Jogan. Adapun rute menuju ke pantai Jogan adalah jalan Wonosari menuju ke kota Wonosari, sebelum kantor polres, ikuti petunjuk jalan mengarah ke pantai Siung, kemudian ambil rute mengarah ke pantai Jogan.

Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta
Setelah anda sampai di loket pembayaran tiket di pantai Siung, itu berarti anda sudah dekat dengan pantai Jogan, karena jarak antara loket pembayaran dengan pantai Jogan sekitar 400 meter saja. Namun, jalannya akan berubah menjadi jalan setapak tanpa aspal. Meskipun cukup sulit, namun perjalanan terasa menyenangkan, di samping jalan ada dua sungai kecil nyang nantinya akan menyatu dan menjelma menjadi air terjun di pantai Jogan. Ketika musim penghujan, debit airnya akan besar, dan jika musum kemarau, terkadang tidak air dan sesampai di pantai Jogan tak ada air terjun sama sekali.
Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta

Tips berlibur ke pantai Jogan

Tips berlibur ke pantai Jogan adalah dengan mempersiapkan kondisi tubuh dan kendaraan agar lancar selama dalam perjalanan. Siapkan juga perbekalan karena di pantai Jogan sangat minim fasilitas. Istirahatlah jika merasa ngantuk atau lelah. Selama di pantai Jogan anda harus menjaga kebersihan pantai. Jika ingin menginap, anda harus ijin kepada pengola atau warga setempat.

Demikianlah informasi tentang pantai Jogan. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi untuk hari libur anda bersama dengan keluarga. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Spot Keren Air Terjun Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta : Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas"

Post a Comment