20 Spot Foto Keren Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul - Berwisata merupakan cara terbaik untuk menghilangakn rasa stres atau jenuh akibat kesibukan sehari-hari. Dengan berwisata, pikiran akan menjadi segar kembali sehingga kita akan menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas. Wisata yang paling tepat untuk menyegarkan kembali adalah wisata alam. Dengan melihat pemandangan alam yan indah dan segar, akan membuat pikiran menjadi tenang dan segar kembali.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Ada banyak sekali tempat wisata indah di Indonesia, dan salah satu daerah yang paling terkenal akan wisata alamnya adalah Yogyakarta. Yogyakarta tidak hanya kaya akan wisata alam, namun juga kaya akan wisata budaya, seni, wisata edukasi, dan wisata kuliner. Jadi tak heran jika Yogyakarta merupakan daerah yang sangat di rekomendasikan untuk tujuan liburan anda dan sekeluarga.
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Wisata alam yang terkenal di Yogyakarta adalah wisata pantainya. Yogyakarta merupakan gudangnya wisata pantai. Hal ini dikarenakan Yogyakarta memiliki banyak sekali wisata pantai. Bukan hanya sekedar wisata pantai biasa, namun wisata pantai yang ada di Yogyakarta memiliki ciri khas yaitu pasir pantainya yang putih dan bersih serta air lautnya yang jernih. Tidak hanya itu saja, lokasi pesisir Yogyakarta yang di dominasi oleh pegunungan karts dan juga bukit karang membuat pemandangan di pantai-pantai Yogyakarta semakin eksotis. Dengan keadaan dan keindahan alam di pantai-pantai Yogyakarta inilah yang mengundang para wisatawan untuk berbondong-bondong berlibur di pantai-pantai Yogyakarta.

Tidak hanya satu dua pantai saja, namun ada puluhan pantai yang ada di Yogyakarta atau lebih tepatnya di Gunung Kidul, salah satu pantai tersebut adalah pantai Pok Tunggal. Pantai Pok Tunggal merupakan pantai yang masih satu lokasi dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya seperti pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal, pantai Krakal, pantai Kukup dan pantai lainnya.
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal meskipun tergolong pantai yang baru yaitu baru di buka pada tahun 2012, namun pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantai yang cukup populer di Gunung Kidul Yogyakarta. Hal ini bisa dilihat dari jumlah wisatawan yang selalu ramai setiap harinya dan juga fasilitas yang sudah tersedia di pantai tersebut. Pengelolaan pantai yang sangat baik oleh masyakarat sekitar yang membuat pantai Pok Tunggal terus mengalami peningkatan pengunjung, pemandangan alam yang sangat indah di pantai Pok Tunggal juga menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berlibur di pantai Pok Tungga Gunung Kidul.

Pantai Pok Tunggal selain menyajikan hamparan pasir pantai yang putih, bersih dan luas, di bagian barat dan timur pantai juga terdapat tebing tinggi yang hijau yang membuat pemandangan di pantai Pok Tunggal semakin mempesona. Wisatawan bisa naik ke atas tebing untuk bisa melihat pemandangan pantai Pok Tunggal dari ketinggian, dari atas tebing kita juga akan mendapatkan banyak spot foto keren yang tentunya sangat sayang jika di lewatkan begitu saja.

Asal usul nama pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Nama pantai Pok Tunggal diambil dari sebuah pohon yang hidup di pinggir pantai tersebut. Naman pohon tersebut di kenal dengan nama pohon Duras. Pohon dalam bahasa Jawa "Pokok" Duras yang tumduh di pantai ini hanya terdapat satu pohon saja atau tunggal. Oleh sebab itu pantai ini dinamakan pantai Pok Tunggal.
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pohon Duras tersebut sangat di jaga oleh masyarakat setempat dan juga pengelola pantai. Oleh sebab itu, saat kita berlibur di pantai Pok Tunggal, kita dilarang melakukan pengrusakan pada pohon Duras tersebut. Pohon Duras tersebut cukup rindang, dan menurut masyarakat sekitar pohon Duras sangat sulit sekali bisa di tumbuh di daerah tersebut. Kesuburan pohon Duras ini merupakan lambang kemakmuran bagi masyarakat sekitar.

Keunikan pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Setiap pantai di Gunung Kidul Yogyakarta memiliki keunikan sendiri-sendiri, begitu juga dengan pantai Pok Tunggal yang juga memiliki keunikan. Keunikan pantai Pok Tunggal adalah adanya aliran sungai bawah tanah yang merupakan mata air tawar dan merupakan sumber mata air bagi warga yang ada disekitar pantai Pok Tunggal. Keunikan lain yang ada di pantai Pok Tunggal adalah adanya kawasan monyet-monyet kecil yang berlompatan di pohon-pohon sekitar pantai. Wisatawan tak perlu khawatir dengan keberadaan monyet-monyet tersebut karena monyet-monyte tersebut sudah jinak, anda juga bisa memberi makanan pada monyet-monyet tersebut.

Keindahan pantai Pok Tunggal Gunung Kidul


Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul
Pantai Pok Tunggal berlokasi diantara pantai Indrayanti dan juga pantai Siung yang tak perlu diragukan lagi akan keindahan pemandangannya. Di pantai Pok Tunggal terdapat hamparan pasir putih yang cukup luas dan sangat terjaga akan kebersihannya. Hal ini dikarenakan masyarakat sekitar yang juga sekaligus pengelola pantai sangat menjaga kebersihan pantai Pok Tunggal, bahkan mereka tak segan untuk memberikan denda 10 ribu rupiah bagi wisatawan yang membuang sampah disembarang tempat.
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal yang lokasinya diapit oleh 2 tebing tinggi yaitu disebelah barat dan timur pantai juga semakin mempercantik pemandangan yang ada di pantai Pok Tunggal. Wisatawan bisa naik ke atas tebing yang tingginya kurang lebih sekitar 50 meter. Akses untuk memanjat tebing atau bukit tersebut sudah bagus, namun harus tetap berhati-hati, terlebih saat musim hujan. Dari atas bukit, kita akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat berfoto atau berselfie dari atas tebing. 
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Lelah dan lapas setelah berjuang memanjat bukit di pantai Pok Tunggal, anda tak perlu khawatir diatas bukit sudah ada beberapa warung makan dengan gubuk-gubuk yang keren sehingga semakin membuat anda betah berlama-lama berada di pantai Pok Tunggal.
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Hal menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal selain memiliki hamparan pasir yang cukup luas juga berlokasi diantara bukit-bukit atau gunung karts yang bisa dinaiki oleh wisatawan. Untuk itu di pantai Pok Tunggal tentunya akan ada banyak hal menyenangkan yang bisa kita lakukan.

Bermain pasir pantai di Pantai pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal memiliki hamparan pasir yang cukup luas dengan warna pasir putih dan bersih serta lembut. Tentu keadaan tersebut sangat menyenangkan sekali untuk anda yang suka bermain pasir pantai. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa berjalan-jalan di atas pasir pantai sambil menikmati keindahan pantai dengan sesekali berselfie.

Bermain air dan berenang di pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Di pantai Pok Tunggal memang memiliki ombak yang cukup besar, namun pengunjung tetap di perbolehkan bermain dan berenang di pantai asalkan tidak melebihi batas aman. Hanya wakty-waktu tertentu saja pengunjung dilarang berenang, yaitu ketika ombak sangat besar. Jadi jangan lupa membawa pakaian ganti saat berlibur di pantai Pok Tunggal.

Bersantai di bawah payung pantai atau gazebo di pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Di pantai Pok Tunggal terdapat banyak gazebo dan juga payung pantai yang memang disiapkan untuk para pengunjung. Setelah berjalan-jalan menyusuri pantai, kita bisa beristirahat di gazebo atau payung pantai sambil menikmati makanan atau bekal yang telah kita bawa.

Diving dan snorkeling di pantai Pok Tunggal

Di pantai Pok Tunggal kita juga bisa melakukan Diving atau Snorkeling layaknya di pantai Nglambor dan pantai Sadranan. Kondisi air laut yang masih sangat alami, bening dan jernih tentu sangat mendukung sekali. Namun bagi anda yang melakukan aktivitas Diving atau Snorkeling, baiknya anda membawa perlengkapan sendiri.

Wisata Ekstrim rock climbing

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Selain hamparan pasir putih yang bersih, pantai Pok Tunggal juga terdiri dari tebing-tebing karst yang saling berjejeran dan berhimpitan. Tebing yang menjulang tinggi bagaikan benteng ini sangat mengundang daya tarik para pecinta rock climbing. Anda bisa menguji adrenalin dengan menaiki dan menuruni tebing karst yang cadas tersebut.

Baca juga : 10 spot keren pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyakarta

Aliran sungai bawah tanah di pantai Pok Tunggal

Salah satu keunikan pantai Pok Tunggal adalah adanya sungai bawah tanah. Sungai bawah tanah inilah yang kerap membuat wisatawan penasaran hingga akhirnya berbondong-bondong untuk berkunjung ke pantai Pok Tunggal. Dan yang lebih uniknya lagi, sungai bawah tanah tersebut memiliki air tawar dan tidak tercampur dengan asinnya air laut. Keberadaan sungai bawah ini menjadi sumber mata air utama bagi masyarakat yang hidup disekitar pantai Pok Tunggal.

Spot foto yang menarik di pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pok Tunggal memiliki pemandangan alam yang luar biasa, untuk itu di pantai Pok Tunggal kita akan menemukan banyak sekali spot foto yang keren di pantai Pok Tunggal. Tren kekinian yaitu menguplod foto traveling ke media sosial seperti instagram atau facebook, juga menjadi asalan utama orang-orang berbur spot foto di pantai Pok Tuggal. Spot foto terbaik di pantai Pok Tunggal adalah di pantai dengan berlatarkan bukit karst, di tangga naik ke bukit, diatas bukit dan masih banyak lagi spot foto menarik lainnya.

Menikmati indahnya sunset di pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal juga merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan sunset yang keren. Anda bisa mengabadikan pemandangan sunset yang indah tersebut dengan kamera anda. Untuk masalah penginapan, anda tak perlu khawatir, disekitar pantai Pok Tunggal terdapat beberapa penginapan, atau anda juga bisa camping di pantai Pok Tunggal.

Camping di pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Di pantai Pok Tunggal meskipun sudah di lengkapi dengan fasilitas penginapan dan hotel, namun banyak wisatawan yang berkemah atau camping di pantai Pok Tunggal. Alasannya tak lain adalah dengan mendirikan tenda di kawasan pantai lebih menyenangkan dari pada di dalam kamar penginapan. Biasanya di akhir pekan banyak sekali para pemuda yang mendirikan tenda atau camping di pantai Pok Tunggal

Fasilitas di pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal meskipun tergolong pantai yang masih baru, namun dengan pengelolaan yang sangat baik, dan terus berbenah dengan terus menambah fasilitas membuat pantai ini terus mengalami peningkatan pengunjung. Fasilitas di pantai Pok Tunggal semakin hari semakin bertambah. Beberapa fasilitas yang ada di pantai Pok Tunggal adalah area parkir yang cukup luas, toiled umum, kamar mandi, musola, gazebo, warung makan, payung pantai, area camping, penginapan dan lain sebagainya. Dan baru-baru ini dengar di pantai Pok Tunggal akan dilengkapi fasilitas panjat tebing selayaknya yang ada di pantai Siung. Kita doakan saja semoga bisa cepat terwujud sehingga pantai Pok Tunggal semakin ramai di kunjungi oleh wisatawan.

Baca juga : Pesona pantai Marina Semarang : Alamat, harga tiket dan fasilitas

Biasaya fasilitas di pantai Pok Tunggal adalah toiled umum 2000-3000, parkir kendaraan 2000-25.000, payung pantai 30.000, tenda home 60.000, area camping 5.000-10.000, menu makanan 7.000-20.000.

Lokasi pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal berlokasi didesa Tepus, kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak antara pantai Pok Tunggal dengan pusat Kota Yogyakarta yaitu sekitar 70 Km atau sekitar 2-3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Pantai Pok Tunggal masih satu kawasan dengan pantai Gunung kidul lainnya seperti pantai Indrayanti pantai Siung, pantai Kukup, Pantai Krakal, dan pantai lainnya. Bahkan jarak tempuh pantai Pok Tunggal dengan pantai Indrayanti hanya sekitar 10 menit saja.

Harga tiket masuk pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul buka setiap hari 24 jam dengan tiket 10 ribu rupiah. Tiket tersebut sudah termasuk tiket masuk di pantai-pantai sekitarnya seperti pantai Siung, pantai Indrayanti, pantai Krakal, pantai Kukup, pantai Drini, dan pantai Sundak. Untuk biasa pakir 2 ribu untuk kendaraan, 5 ribu untuk mobil, 15 ribu untuk elef dan 25 ribu untuk bus. 

Rute menuju ke pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal masih satu kawasan dengan pantai Indrayanti atau pantai Pulang Sawal, jadi rute lokasinya sama dengan pantai Indrayanti. Rute bisa anda mulai dari pusat kota Yogyakarta kemudian piyungan - patuk sambipitu - arah hutan bunder - gading - logandeng - siyono - bunderan tugu BPD - jl kiyai legi - jl lingkar selatan - jl krt. djojodiningrat - jl girisubo - wonosari - jl saptosari - Tepus arah pantai Baron - dipertigaan sebelum pantai Baron ambil kiri dan menuju ke pantai Indrayanti - Sampai dipertgaan sebelum pantai Indrayanti, ambil kiri, ikuti jalan aspas hingga sampai di pos retribusi -  pantai Pok Tunggal, jika masih bingung anda bisa menggunakan google map atau bertanya pada warga yang anda temui di jalan.
Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Untuk menuju ke pantai Pok Tunggal baiknya anda menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang bisa sampai di pantai Pok Tunggal. Angkutan umum hanya bisa sampai di Wonosari saja. Namun jika anda terpaksa menggunakan angkutan umum, anda bisa naik bus dari terminal Giwangan Yogyakarta menuju ke terminal Wonosari, kemudian anda lanjutkan perjalanan dengan menaiki ojek. Anda bisa menemukan banyak ojek di kawasan tersebut. Ojek yang ada di kawasan tersebut sudah hafal dengan rute menuju ke pantai Pok Tunggal ataupun pantai Indrayanti, jadi anda tinggal duduk manis saja.

Tips berlibur di pantai Pok Tunggal Gunung Kidul

Sebelum anda berangkat berlibur di pantai Pok tunggal pastikan kendaraan anda dalam keadaan fit serta bahan bakar full. Persiapkan semua perbekalan dan perlekangkapan seperti makanan, minuman obat pribadi, hp, camera dalam keadaan batrai full. Siapkan juga uang tunaik karena disana tidak ada ATM. Selama dalam perjalanan istirahatlah jika merasa lelah atau mengantuk. Sesampai di pantai Pok Tunggal anda harus menaati peraturan disana seperti jangan membuang sampah disembarang tempat.

Demikianlah informasi tentang pantai Pok Tunggal Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi hari libur anda. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Spot Foto Keren Pantai Pok Tunggal Gunung Kidul : Rute Menuju Lokasi, Harga Tiket Masuk, Fasilitas"

Post a Comment