15 Foto Keren Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah : Sejarah, Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Kuliner

Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah - Jepara merupakan salah satu kota atau kabupaten yang ada di Jawa Tengah dengan pesona yang sangat memanjakan para wisatawan. Salah satu pesona wisata yang ada di Jepara adalah wisata pantai. Berbeda dengan wisata pantai lainnya yang ada di pesisir Jawa yang pada umumnya memiliki pasir hitam, wisata pantai yang ada di Jepara kebanyakan memiliki pasir putih meskipun ada sebagian pantai yang juga memiliki pasir hitam. Salah satu wisata pantai Jepara yan memiliki pesona alam dengan pasir putihnya yang bersih adalah pantai Teluk Awur.
Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Bagi wisatawan yang berasal dari luar Jepara mungkin agak asing dengan wisata pantai Teluk Awur, Hal ini memang wisata pantai Teluk Awur belum begitu terkenal layaknya pantai Bandengan maupun pantai Kartini. Namun, jika anda berkunjung ke Jepara, anda sangat di rekomendasikan untuk mampir ke pantai Teluk Awur, selain karena keindahan alamnya yang sayang untuk dilewatkan, jarak pantai Teluk Awur dengan Kota Jepara juga sangat dekat yaitu sekitar 4 Km saja atau sekitar 15 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. 
Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Pantai Teluk Awur ini masih sangat alami dengan jalan atau akses menuju ke pantai sangat mudah. Pantai Teluk Awur ini menawarkan pasir pantai yang putih bersih dengan air lautnya yang sangat Jernih. Di pantai Teluk Awur ini juga terdapat hutan Mangrove yang selain memberikan keindahan tersendiri juga sebagai penahan abrasi juga sebagai tempat peneduh. 
Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Keadaan pantai Teluk Awur yang masih sangat alami dengan tidak adanya kapal atau perahu nelayan membuat pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Untuk menarik perhatian para wisatawan, di pantai Teluk Awur ini kerap diadakan even tradisional dan juga berbagai macam perlombaan. Wisatawan biasanya akan memblukan ketika akhir pekan atau ketika hari libur nasional. Destinasi wisata pantai Teluk Awur ini sangat cocok sekali untuk mengisi kegiatan liburan anda bersama keluarga atau para sahabat.

Sejarah pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Seperti wisata pantai lainnya, wisata pantai Teluk Awur selain memiliki keindahan alam juga memiliki sejarah yang unik yang merupakan cikal bakal dari nama Teluk Awur itu sendiri. Sejarah tersebut berawal dari kisah sepasang suami istri yang bernama Syech Abdul Aziz yang merupakan penyebar agama islam di daerah tersebut dengan istrinya yang bernama Den Ayu Roro Kuning yang memiliki paras sangat cantik. 
Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Syech Abdul Aziz selain sebagai penyiar agama Islam beliau juga bekerja diladang setiap harinya. Namun beliau selalu pulang kerumah setiap harinya sebelum pekerjaannya selesai karena selalu rindu dengan istrinya. Lama-kelamaan istrinya yaitu Den Ayu Roro Kuning khawatir kalau pekerjaannya terbengkalai jika suaminya selalu pulang sebelum pekerjaannya selesai. Muncullah ide dimana Den Ayu Roro Kuning Menyusuh suaminya Syech Abdul Aziz untuk melukis dirinya dan membawa lukisannya ke ladang agar jika rindu bisa langsung melihat lukisan tersebut.

Baca juga : 15 spot keren pantai Empu Rancak Jepara

Ide tersebut disetujui dan dilaksakan sehingga Syech Abdul Aziz selalu membawa lukisan istrinya tersebut setiap bekerja di ladang. Namun suatu ketika ada angin besar yang membawa lukisan tersebut terbang dan tak terkejar hingga jatuh di halaman kerajaan Joko Wongso.

Melihat lukisan wanita cantik tersebut Raja Joko Wongso langsung terpesona dan tak sabar ingin bertemu dengan wanita tersebut. Akhirnya Raja Joko Wongso menyuruh prajuritnya untuk mencari wanita yang ada dalam lukisan tersebut. Tak butuh waktu lama hingga akhirnya prajurit menemukan Den Ayu Roro Kuning yang merupakan istri dari Syech Abdul Aziz, dibawahlah Den Ayu Roro Kuning ke Raja Joko Wongso yang kemudian diajak menikah dengan sang Raja. 
Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Di lain tempat Syech Abdul Aziz masih kebingungan mencari lukisan yang terbang, karena tidak ketemu, akhirnya Syech Abdul Aziz pulang kerumahnya dan semakin kebingungan karena sang Istri Den Ayu Roro Kuning tidak ada dirumah. Syech kemudian mencari istrinya hingga mendapatkan kabar kalau istrinya di bawa Raja Joko Wongso dan mau diajak untuk menikah.

Kemudian Syech mencari ide untuk membawa istrinya kembali. Akhirnya Syech datang ke kerajaan dengan menyamar sebagai pengemis. Beliau bernyanyi hingga suaranya terdengar oleh istrinya yaitu Den Ayu Roro Kuning. Akhirnya mereka berdua bertemu dan sangat bahagia. Untuk bisa pulang kerumah, Den Ayu memiliki rencana yang sangat cerdik, Dia memberikan sebuah syarat kepada raja untuk bisa menikahinya. Syaratnya yaitu sang Raja harus bisa mendapatkan kijing atau kerang yang bisa bergoyang. Namun saat mencari kijing atau kerang, sang raja harus mengenakan pakaian seperti nelayan. 

Syarat tersebut akhirnya di sanggupi oleh sang raja, sang rajapun pergi mencari kijing dengan mengenakan pakaian seperti nelayan. Di saat sang raja pergi, Syech kemudian mengenakan pakaian yang biasa dikenakan oleh sang Raja sehingga semua orang mengira bahwa syech adalah sang raja. Syech kemudian memerintahkan prajuritnya untuk menyisir pantai mencari mata-mata yang menyamar sebagai nelayan yang mencari kijing atau kerang. Kemudian perintah tersebut dilaksanakan para prajurit hingga bertemulah para prajurit tersebut dengan Raja Joko Wongso yang saat itu mengenakan pakaian nelayan. Seketika prajurit-prajurit tersebut menghajar Joko Wongso yang sebenarnya merupakan raja mereka. Di sela-sela pukuran, Raja Joko Wongso meneriakan "Teluk (takhluk) ..teluk...teluk" Namun teriakannya tidak di gubris oleh para prajurit yang terus menghajarnya sampai tewas.

Saat menjelang ajalnya, Raja Joko Wongso berkata " Aku iki rojomu, aku es ngomong teluk...teluk... tapi koe iki seh do ngawur" Nah kata-kata itulah yang kemudian dijadikan sebagai nama pantai tersebut yaitu pantai Teluk Awur yang artinya teluk adalah takhluk sedangkan Awur adalah Ngawur atau asal-asalan.

Menurut cerita warga sekitra, Makam Raja Joko Wongso bersebelahan dengan makam Den Ayu Roro Kuning, sedangkan Syech Abdul Aziz di makamkan di desa Jondang yang kemudian di kenal sebagai Syech Jondang.

Mitos di pantai Teluk Awur Jepara

Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Seperti pantai-pantai Jawa lainnya, pantai Teluk Awur juga memiliki mitos yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Menurut kabar dan cerita masyarakat sekitar pantai Teluk Awur ini memiliki air yang menyajikan daya spiritual yang tinggi. Kabarnya jika mandi di pantai Teluk Awur bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Hal ini memang sulit dipercaya, namun apasalah jika kita mandi di pantai Teluk Awur, karena memang tujuan kita berlibur di pantai adalah untuk mandi di pantai.

Daya tarik pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Destinasi wisata pantai Teluk Awur merupakan salah satu wisata pantai yang ada di Jepara yang wajib anda kunjungi saat berada di Jepara. Hal ini tak lain karena keindahan alamnya yang tiada duanya. Selain itu, masyarakat yang tinggal di kawasan pantai Teluk Awur juga dikenal sangat ramah pada wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing.

Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah
Pantai Teluk Awur sangat ramai dikunjungi ketika sore hari dimana waktu sore hari merupakan waktu bersantai setelah melakukan akvitas seharian. Di waktu sore hari juga akan terlihat pemandangan sunset yang sangat indah di pantai Teluk Awur. Namun sayang karena pantai Teluk Awur ini belum mendapatan perhatian lebih dari pemerintah sehingga keadaan disebagian pantai yang terlihat kotor karena banyaknya sampah. Hal ini yang kerap membuat pengunjung merasa kurang nyaman.

Baca juga : Pesona pantai Ombak Mati Jepara Jawa Tengah

Daya tarik berikutnya yang ada di pantai Teluk Awur adalah ombaknya yang tenang sehingga sangat aman untuk anda yang ingin bermain air atau berenang di laut. Lautnya juga cukup dangkal sehingga anda tak perlu takut tenggelam. Anda juga bisa menyewa ban untuk berenang yang tersedia di sekitar bibir pantai di pantai Teluk Awur.

Aktifitas di pantai Teluk Awur Jawa Tengah

Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Pantai Teluk Awur memiliki air laut yang bersih dan jernih serta dangkal sehingga para pengunjung bisa berenang dengan, selain itu ombaknya di pantai Teluk Awur cukup tenang. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati aneka wahana permainan penyenangkan yang sudah tersedia di pantai seperti Banana boat, Fliying fish boat, jet sky hingga snorkeling. Pantai Teluk Awur ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan keluarga atau orang terdekat lainnya seperti sahabata atau rekan kerja. Pantai ini sangat ramai ketika akhir pekan atau ketika hari libur.

Wisata pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Pesona pantai pasir putih dengan mangrove

Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Meskipun pantai Teluk Awur berlokasi di pesisir utara Jawa, namun pantai Teluk Awur memiliki pasir pantai yang putih. Pasir pantainya yang putih tentu sangat memanjakan mata sehingga sangat menyenangkan sekali jika kita menggelar tikar dan duduk santai bersama keluarga di pantai Teluk Awur tersebut. Sembari anda bersantai, anda juga akan dimanjakan pemandangan pohon magrove yang eksotis.

Fasilitas mandi dan berenang

Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Pantai Teluk Awur selain memiliki ombak yang tenang dan lautnya yang jernih, keadaan pantai Awur juga bebas dari kapal atau perahu nelayan. Hal ini tentu sangat menyenangkan sekali untuk bermain air ataupun berenang di laut. Hal ini semakin sempurna dengan adanya fasilitas berenang seperti Banana Boat, Flying fish boat, Jet Sky dan ban untuk berenang.

Baca juga : Wisata pantai Blebak Jepara Jawa Tengah : Lokasi, rute perjalanan, fasilitas, harga tiket

Tempat memancing di pantai Teluk Awur

Selain dapat bermain pasir, dan juga mandi di laut, pengunjung juga bisa memancing di kawasan pantai Teluk Awur. Di Pantai Teluk Awur terdapat spot menarik untuk memancing. Anda bisa mengajak teman-teman atau komunitas untuk memancing bersama di pantai Teluk Awur, selain spotnya menarik, keadaannya yang sejuk dengan anginnya yang spoe-spoe membuat suasana kian sempurna.

Cafe dan rumah makan di pinggi pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Pantai Teluk Awur meskipun merupakan wisata keluarga, namun banyak para pemuda pemudi yang berdatangan sambil membawa pasangan atau bersama komunitasnya yang datang ke pantai Teluk Awur ini. Nah tempat yang cocok untuk para muda-mudi ini adalah tempat nongkrong yaitu kafe yang berada di sekitar pantai Teluk Awur, selain cafe, di sekitar pantai Teluk Awur juga terdapat beberapa rumah makan.

Keindahan sunset di sore hari

Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Pantai Teluk Awur selain meliki memiliki keindahan pasir putih juga memiliki pemandangan sunset yang sangat mempesona. Efek fatamorgana akan membuat langit bagian barat terlihat jingga kekuningan yang tentunya menjadi pemandangan yang sangat indah. Hal ini yang membuat pantai ini kerap ramai ketika sore hari.

Penginapan dan hotel di pantai Teluk Awur


Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah
Pantai Teluk Awur meskipun belum begitu populer, namun di kawasan pantai Teluk Awur sudah terdapat beberapa penginapan dan juga hotel dengan kelas menengas ke atas seperti Jepara Beach Hotel, Jepara Marina, Ocean View Beach Resort dan Bayfront Villa. Tentunya dengan harga dan fasilitas yang sesuai.

Fasilitas pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Bagi anda yang ingin berlibur ke pantai Teluk Awur anda tak perlu khawatir, karena di pantai Teluk Awur sudah terdapat banyak fasilitas, bahkan bisa dikatakan fasilitas di pantai Teluk Awur sudah lengkap diantaranya adalah:
  • Parkir mobil dan motor yang luas
  • Toilet dan tempat bilas
  • Musola
  • Penyewaan tikar
  • Penyewaan pelampung seperti Ban
  • Penyewaan fasilitas berenang seperti banana boat, dan lain sebagainya
  • Penyewaan permainan anak-anak
  • Warung makan
  • Cafe dan rumah makan
  • Hotel, villa dan penginapan
  • Dan lain sebagainya

Lokasi pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Pantai Teluk Awur berlokasi di Jl. Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jarak dari pusat Kota Jepara yaitu sekitar 4 Km atau sekitar 15 jam perjalanan dengan menggunakan motor.

Harga tiket masuk pantai Teluk Awur

Harga tiket masuk di pantai Teluk Awur adalah geratis alias tak di pungut biaya apapun. Namun di hari jum'at, sabtu dan minggu akan dikenakan tiket masuk 2.000 rupiah, begitu juga di hari libur nasional. Namun di hari libur lebaran dan syawalan tiket masuk menjadi 10 ribu rupiah. Untuk parkir motor geratis, parkir mobil 5 ribu.

Rute menuju pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Jalan menuju pantai Teluk Awur ini sangat mudah dan lancar sekali. Ada banyak sekali petunjuk arah yang menuju ke pantai tersebut. Jarak pantai Teluk Awur dengan Semarang sekitar 76,5 Km atau sekitar 2,5 jam perjalanan, sedangkan dari Kudus berjarak 39,6 Km atau sekitar 1 jam perjalanan.
Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah

Dari kedua rute tersebut, kita akan mengarah ke jalan Kudus-Jepara yang kemudian akan melewati pasar Pecangaan, kemudian lurus hingga perempatan jalan belok ke kiri atau arah menuju jalan sunan Mantingan. Jika lurus anda akan menuju ke pantai Kartini, sedangkan jika belok kanan anda akan menuju ke pantai Bandengan. Setelah sampai dan melewati Sunan Mantingan, anda lurus saja hingga sampai di pantai Teluk Awur, jika masih bingung anda bisa menggunakan google map.

Saran dan tips berlibur di pantai Teluk Awur

Saran dan tips sebelum berlibur di pantai Teluk Awur adalah persiapkan segala perbekalan yang kiranya akan di bawa seperti baju ganti, bekal makan minuman dan cemilan. Sipkan kendaraan daalam kondisi fit agar tidak bermasalah saat perjalanan, jangan lupa untuk membawa kamera dengan batrai full.

Demikianlah informasi tentang pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah. Semoga informasi diatas dapat memberikan inspirasi liburan anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Foto Keren Pantai Teluk Awur Jepara Jawa Tengah : Sejarah, Rute Lokasi, Harga Tiket, Fasilitas, Kuliner"

Post a Comment